Macam-Macam Finishing Kayu Dan Aplikasinya

Banyak pilihan dari macam macam finishing kayu berdasarkan aplikasi dan hasil yang diharapkan atau warnanya.

Macam Macam Finishing Kayu

Melakukan pembuatan furniture tidak terlepas dari proses finishing. Pentingnya proses finshing dalam menentukan hasil akhir yang menarik atau tidak membuat Anda harus mengerti berbagai macam cara finishing itu sendiri. Pertama adalah mengerti cara apa saja yang bisa dilakukan untuk memenuhi proses finishing itu sendiri. Anda bisa memilih cara aplikasi berikut ini:

  1. Alat Semprot, salah satu cara finishing yang paling sering digunakan dalam industri woodworking adalah menggunakan alat semprot atau spet (Spray gun). Kecepatan dan ketapatan waktu dalam memnuhhi kebutuhan konsumen adalah prioritas, sehingga dengan menggunakan alat spray gun akan menghemat waktu dalam melakukan finishing.
  2. Kuas, menggunakan aplikasi kuas merupakan finishing secara manual dan paling sering digunakan sejak zaman dahulu. Akan tetai penggunaan kuas saat ini lebih sering untuk penggunaan sendiri (DIY). Karena penggunaan kuas membutuhkan waktu yang lama tetapi mampu menjangkau daerah yang sulit seperti siku.
  3. Wipping, cara ini adalah menggunakan kain katun bersih kemudian dioleskan secara merata ke seluruh permukaan. Cara ini akan menghasilkan permukaan yang rata dan warna cat terlihat tajam.

Macam-macam finishing kayu berdasarkan cara aplikasinya tersebut dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda apakah untuk finishing sendiri di rumah atau untuk industri furniture.

Macam-Macam Finishing Kayu Menurut Warna

Tidak hanya cara aplikasi yang diperhatikan tetapi pemilihan warna yang tepat. Tentu akan sayang sekali jika Anda memiliki bahan baku kayu dengan serat alami yang menarik tetapi Anda malah menggunakan cat kayu yang menutup bentuk dari serat tersebut. Atau mungkin terdapat banyak cacat warna pada kayu tetapi Anda menggunakan warna yang transparan. Kebutuhan warna juga harus disesuaikan dengan kondisi ruangan, apakah akan menimbulkan suasana yang harmoni atau tidak. Atau malah sebaliknya menimbulkan kesan kontras yang menarik.

Terdapat macam-macam finishing kayu tergantung dengan warna yang dihasilkan. Berikut ini penjelasannya :

  1. Warna natural. Kebutuhan warna natural biasanya masuk dalam katagori unfinishing furniture. Tetapi unfinshing furniture sendiri bukanlah hal yang sulit karena tidak membutuhkan pengecatan hanya perlindungan saja dan diamplas halus. Tetapi terdapat juga finshing warna natural dengan ketajaman warna dari cat kayu warna natural. Cat yang dibutuhkan tentunya memiliki pilihan warna natural seperti warna jati, warna mahoni, warna walnut brwn, atau warna salak brown.
  2. Warna Opaque, warna yang sering disebut dengan opaque color ini berfungsi untuk menutup warna asli dari kayu. Digunakan untuk menyelaraskan keadaan ruangan maupun menutup warna kayu yang asli. Bisa juga digunakan sebagai kebutuhan yang lain seperti kebutuhan pembuatan piring kayu dan dicat sehingga terlihat seperti berbahan keramik.Warna opaque ini tentunya lebih menarik karena akan memberikan nuansa full colour.
Macam Macam Finishing Kayu

Pemilahan warna harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Macam-macam finishing kayu berdasarkan jenis warna sendiri sebenarnya bsia diaplikasikan pada semua jenis kayu. Demi mewujudkan hasil finishing yang tepat, Anda harus lebih detail dalam memilih jenis warna yang sesuai.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.