Apakah Kayu Sungkai Cocok Digunakan untuk Box Bayi?

Apakah Anda sudah menemukan box bayi yang diingginkan? Ada banyak box bayi yang bisa di beli bahkan di pesan. Jika Anda ingin mendapatkan box bayi yang tepat akan lebih baik memilih mulai dari material hingga bahan finishingnya. Ada beragam desain dan meterial yang digunakan salah satunya adalah kayu.

Kayu sebagai material box bayi dipercaya kuat, tahan lama dan juga aman. Kayu adalah material yang tidak akan membahayakan bayi di dalamnya. Kayu mudah dibentuk sehingga mengurangi bentuk tajam yang akan membahayakan bayi. Kayu juga merupakan material yang bisa difinishing dengan berbagai macam warna.

Apa yang terpenting dalam memilih box bayi yang terbuat dari kayu? Pertama adalah kenyamanan, bayi Anda bisa tidur dengan nyaman serta aman dari kayu yang dikonstruksi dengan baik. Dengan kata lain desain yang kokoh tidak hanya desain yang menarik saja namun kuat untuk digunakan bayi apalagi jenis box bayi yang bisa digoyangkan.

Kedua adalah jenis kayu yang digunakan harus kuat dan lentur. Kayu akan mudah memuai dan menyusut karena perubahan cuaca dan udara. Kayu yang memiliki daya susut rendah akan baik digunakan selain itu kayu juga yang dipilih adalah kayu keras atau kayu solid.

Baca juga : jenis kayu yang kuat dan lentur dari kalimantan

Kayu keras yang digunakan dan direkomendasikan adalah kayu sungkai. Kayu sungkai adalah kayu yang banyak ditemui di Indonesia. Pohon sungkai dapat dipanen dalam waktu singkat namun kualitas kayunya tetap terbaik dan tidak akan mengecewakan para penggunanya.

Kayu sungkai kalimantan adalah kayu yang paling banyak digunakan. Kayu ini akan memiliki kekuatan dan daya lentur yang tinggi. Bobotnya yang ringan tentu akan memudahkan siapa saja untuk membawa kayu dan mengolahnya menjadi box bayi dengan mudah.

Selain box bayi manfaat kayu sungkai sangat beragam mulai dari furniture ruang tamu, furniture kamar, furniture dapur dan lain sebagainya. Hanya saja kayu sungkai tidak dapat digunakan pada furniture luar ruanga, sehingga sebaiknya Anda tidak menggunakannya sebagai material garden furniture.

Keuntungan Box Bayi yang Terbuat dari Kayu Sungkai

Box bayi adalah tempat di mana bayi Anda menikmati tidurnya sehari-hari. Bahkan ada pula box bayi yang bergoyang untuk membuat mereka tertidur lebih cepat. Apabila Anda ingin mendapatkan kekuatan yang terbaik dari kayu maka kayu sungkai adalah pilihan yang tepat.

Ingatlah bahwa kayu adalah material yang tidak berbahaya sehingga menggunakannya akan membawa banyak keuntungan. Apa saja keuntungan box bayi yang menggunakan kayu sungkai? Berikut ini macam-macam keuntungannya:

  1. Kekuatan dan kekokohan
Apakah Kayu Sungkai Cocok Digunakan Untuk Box Bayi?

Box bayi yang dipilih dan dilihat dalam hal utamanya adalah bagaimana bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. Box bayi yang tahan lama tergantung dengan material yang digunakan. Kayu sungkai yang berkualitas akan tahan lama jika digunakan di dalam ruangan.

Kayu sungkai memiliki kelas awet III dan kelas kuat II-III, dengan kualitas kekuatan itulah kayu sungkai dapat bertahan lebih lama.  Ditambah dengan desain dan konstruksi yang baik, kayu sungkai akan lebih tahan lam. Ketika Anda memutuskan untuk menggunakannya bahkan bisa tahan lama hingga dua generasi atau lebih. Anda tidak perlu membeli box bayi baru untuk anak kedua bahkan anak ketiga Anda.

  1. Ukuran yang besar mempermudah proses pengolahan

Box bayi yang digunakan dengan berbagai macam model membutuhkan material yang berukuran besar dari awal. Material yang besar dan juga tebal bisa lebh mudah untuk dibentuk dan dirancang menjadi berbagai macam  model. Apabila Anda ingin mendapatkan berbagai macam desain box bayi maka kayu sungkai adalah jawabannya.

Pohon sungkai bisa tumbuh hingga mencapai 10 hingga 30 meter dengan batang yang tidak memiliki banyak cabang. Sedangkan diameternya bisa mencapai 50 cm lebih. Ukuran tinggi dan juga lebar kayu yang cukup besar mempermudah banyak pengrajin untuk membentuknya. Sedangkan untuk mata kayu yang tidak terlalu banyak juga mempermudah pengolahan tidak ada kayu yang muda retak.

  1. Mudah diberikan berbagai macam warna

Jika Anda mencermati warna kayu sungkai maka ada perbedaan antara warna kayu gubal dan kayu terasnya. Kayu gubal sungkai memiliki warna kuning muda sedangkan warna kayu terasnya lebih ke warna krem. Perbedaan antara kedua warna tersebut cukup tipis sehingga cukup sulit membedakannya jika tidak melakukan pengamatan dengan seksama.

Namun warna yang diperoleh tersebut adalah warna yang paling mudah diberikan lapisan warna apapun. Karena sifatnyayang kuning muda Anda bisa memberikan warna apapun baik natural atau solid tanpa menggunakan bleaching atau pemutih kayu.

Jadi apapun tampilan yang diinginkan Anda bisa memilih berbagai warna cat kayu yang tersedia. Hanya saja pastikan produk cat kayu yang digunakan adalah cat yang aman.

Bahan Finishing yang Cocok untuk Box Bayi yang Aman

Pernahkah Anda mempertimbangkan jenis bahan finishing yang akan digunakan? Jika Anda belum pernah sebaiknya Anda benar-benar mempertimbangkannya karena ada banyak bahan finishing furniture yang mengandung gas beracun.

Apakah Kayu Sungkai Cocok Digunakan Untuk Box Bayi?

Gas yang dikeluarkan oleh bahan cat adalah proses pengeringan, bahan pelarut yang digunakan akan menguap sehingga bahan cat dapat kering dan mengeras di atas permukaan kayu. Apabila Anda ingin menggunakannya sebaiknya pilih cat kayu yang aman dan bebas toxic.

Selama ini cat kayu yang digunakan mengandalkan thinner sebagai bahan pelarut cat. Thinner adalah pelarut solvent yang mengandung banyak formalin dan timbal. Ketika menguap akan mencemari udara menjadi senyawa formaldehyde. Ini sangat berbahaya bagi bayi Anda yang sedang tidur di dalam box bayi.

Efeknya sangat panjang, awalnya bayi akan merasakan pusing, sesak nafas dan batuk. Anda akan bisa melihat bahwas bayi akan menurun metabolisme tubuhnya. Nah di saat sakit yang berkepanjangaan ini kemampuan berfikir dan saraf  otak mulai menurun karena terlalu banyak menghirup formaldehyde.

Nah tidak ingin bayi Anda terpengaruh kesehatanya sebaiknya lakukan tindakan pencegahan dengan menggunakan bahan finishing yang lebih aman. Kini semua bahan finishing yang aman bisa menggunakan cat kayu water based.

Di Indonesa cat kayu water based mulai banyak diproduksi dengan standar masing-masing. Anda bisa memilih berbagai warna yang tersedia mulai dari warna natural hingga warna solid. Apabila Anda ingin memastikan bahwa cat benar-benar rendah kandungan toxicnya sebaiknya lakukan proses penciuman.

Coba untuk mencium aroma yang sangat berbau menyengat keluar dari larutan cat. Apabila itu cat water based dan masih mengeluarkan aroma menyengat artinya cat masih mengandung bahan solvent yang cukup tinggi.

Namun tidak dengan bahan cat water based yang berkandungan toxic rendah. Bahan cat ini biasanya adalah bahan cat kayu yang tidak menimbulkan aroma bahkan aroma yang menyengat. Anda tidak perlu takut dan bingung akan masalah formaldehyde yang akan mencemari udara.

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.