Mengenal Macam-Macam Finishing yang Dilakukan Secara Pabrikan

Apa yang memuat finishing di pabrik dan juga DIY atau custom berbeda? Tentu saja kuantitas, alat sangat berbeda. Walaupun menggunakan jenis cat yang sama, tetapi proses pengecatan bisa sangat berbeda. Proses ini akan mempengaruhi hasil finishingnya. Cobalah untuk memperhatikan dari alat saja.

Ketika seorang DIY melakukan finishing maka spray gun, kuas dan roll akan digunakan. Mereka hanya akan mengecat satu atau dua furniture saja. Alat-alat tersebut juga memiliki harga yang murah dan juga bisa dibeli di toko bahan bangunan terdekat. Proses pengecatan pun bisa berlangsung dalam satu hari.

Apabila pabrikan furniture menggunakan cara yang sama dengan DIY maka furniture yang dipesan dalam satu minggu akan dikerjakan selama berbulan-bulan. Belum lagi ditambah dengan karyawan yang dipekerjakan bekerja dengan lambat. Maka, furniture yang di finishing secara pabrikan akan memanfaatkan berbagai macam mesin yang cara aplikasinya berbeda-beda.

Sebut saja mesin seperti vakum coating, dipping coating, curtain coating, robot spraying, dll. Menggunakan alat tersebut maka ratusan furniture akan selesai dalam waktu satu minggu. Belum lagi ditambah dengan proses pengeringannya. Jadi jangan samakan metode pengecatan ala DIY dan juga pabrikan

Macam-Macam Proses Finishing sesuai Jenis Industri

Pintu dari bahan kayu adalah salah satu objek yang paling mudah untuk dicat. Proses pengecatan pintu dorong yang memiliki permukaan datar biasanya menggunakan mesin roller coating dimana bersamaan dengan mesin UV drying. Mesin ini berfungsi untuk mengecat objek dengan permukaan datar, namun pada bagian sisi samping pintu harus dicat dengan ruangan berbeda.

Masing-masing bentuk furniture, biasanya memiliki cara finishing dengan mesin yang berbeda. Bahkan lapisan cat yang digunakan juga berbeda. Tidak semua cat memiliki hasil terbaik untuk digunakan bersama mesin. Hal ini dipengaruhi oleh formula yang dirancang.

Yuk simak bagaimana para industri furniture menaklukan berbagai macam jenis olehan kayu dalam jumlah besar dapat dicat dengan cepat dan sempurna.

Industri Pembuatan Jendela

Pada industri pembuatan jendela kayu, biasanya akan dicat secara terpisah sesuai setiap bagian. Karena masing-masing frame dapat dirangkai nantinya oleh para pembeli jendela. Keuntungan dari finishing secara terpisah ini adalah masing-masing akan mendapatkan lapisan yang cukup.

Khusus untuk jendela, sistem yang digunakan adalah tiga lapisan. Pertama adalah wood stain dan dua lapisan lainnya adalah top coat. Wood stain akan diaplikasikan dengan teknik dipping, dan setelah itu akan dikeringkan dengan ruangan bertemperatur hangat.

Proses pengeringan berlanjut pada pengecatan top coat dengan flow coating. Disini masing-masing bagian akan digantung dan masuk ke ruangan pengecatan. Masing-masing bagian dicat dari dua sisi kemudian diputar hingga seluruh bagian dilapisi dengan cat.

Industri Pengecatan Pintu

Pengecatan pintu secara pabrikan mulai dilakukan ketika kayu sudah disiapkan sebelumnya. Yaitu dengan ditata rapi dalam mesin secara vertikal atau horizontal. Kebanyakan pintu akan menggunakan mesin spray otomatis yang akan menyemprotkan pada dua sisi secara bersamaan. Tergantung dengan kualitas cat yang digunakan, maka lapisan yang dibuat akan menyesuaikan bagaimanakan pintu tersebut akan digunakan nantinya.

Misalnya saja pintu yang digunakan untuk outdoor maka membutuhkan lebih dari dua lapisan coating. Sedangkan pintu yang menghadap ke dalam ruangan hanya membutuhkan dua lapisan saja. Mesin spray dapat diatur untuk menciptakan cat pada lapisan pintu yang berbeda.

Selesai dicat dengan mesin spray maka proses pengeringan akan masuk ke dalam ruangan berbeda. Pada ruangan ini terdapat suhu yang cukup tinggi yaitu 80 derajat Celcius. Pintu yang terbuat dari kayu pinus biasanya tahan terhadap suhu yang lebih tinggi lagi. Proses pengeringan lain yang juga biasa digunakan adalah dengan lampu UV.

Menggunakan lampu UV 100% akan membuat produk pintu kering dengan lebih cepat dan proses pengamplasan harus dilakukan di antara kedua lapisan cat. Proses ini juga tidak membutuhkan energi banyak seperti proses pengeringan dengan panas tinggi.

Industri Pengecatan Lantai Parket

Proses pengecatan untuk lantai kayu atau parket sepenuhnya membutuhkan sistem pengeringan dengan UV. Beberapa kasus pengecatan juga bisa menggunakan wax atau oil, walaupun ketahanan yang diberikan cukup rendah. Parket membutuhkan dempul kayu yang berfungsi untuk menutup mata kayu yang muncul.

Dempul ini biasanya telah diberikan warna sesuai dengan hasil finishing yang diinginkan. Proses kalibrasi pengamplasan dempul harus menggunakan mesin, fungsinya adalah dempul tidak menghasilkan ketebalan yang terlalu tinggi.

Proses pengecatan dapat dilakukan ketika dempul selesai diamplas, prosesnya berlangsung menggunakan roller coater. Lapisan pertama dari roller coater adalah untuk menciptakan lapisan perekat dengan cat diatasnya. Lacquer adalah jenis cat yang paling sering digunakan daripada cat water based.

Ketika cat water based digunakan untuk parket maka sebelum masuk ke proses pengeringan dengan UV air perlu menguap terlebih dahulu. Jenis kayu tropis seperti Iroko memiliki karakteristik khusus, sehingga sebelum pengecatan perlu lapisan sealer lacquer terlebih dahulu.

Industri Furniture Dapur

Saat ini berbagai macam industri furniture dapur akan mengecat dengan cara khusus pada bagian pintu dan juga bagian atas kabinet. Sedangkan kerangka furniture biasanya dicat dengan bahan melamin yang lebih murah.

MDF adalah material utama yang diunggulkan oleh para industri furniture dapur ini. Semua bagian akan dicat secara terpisah kemudian dijual untuk bisa dirakit sendiri di rumah. Proses pengecatan ini menggunakan cara yang sama seperti pengecatan pintu.

Pertama setiap bagian pintu dan worktop akan digantung baik itu vertikal atau horizontal. Kemudian menggunakan mesin spray otomatis akan dicat, hanya saja lapisan yang digunakan sama yaitu dua atau tiga tergantung dengan warna yang diinginkan. Jika ingin warna yang lebih gelap maka tiga lapisan cat dibutuhkan.

Industrial Furniture

Semua pabrik yang menghasilkan kursi secara eksklusif akan meninvenatsikan banyak dana untuk pembelian mesin cat. Jenis mesin cat seperti electrostatic line dengan conveyor akan memberikan hasil yang sangat komprehensif pada furniture interior. Proses pengecatan kursi akan diselesaikan dengan mesin semprot yang menggunakan electrostatic.

Mesin ini akan membuat proses pengecatan efisien sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam jenis model kursi. Khususnya jika kursi tersebut nantinya akan dapat dibongkar pasang. Beberapa pabrik bahkan telah menggunakan robot untuk menghemat proses pengecatan secara manual.

Robotik Spray Di Jepang

Jika produk cat water based yang digunakan maka akan lebih menghemat biaya untuk pengecatan. Alasannya adalah mesin akan mengambil cat yang tersisa, menyaringnya kemudian menggunakannya kembali. Tentu saja langkah ini akan menghemat budget finishing hingga 90%.

Sedangkan untuk permukaan yang datar pada kursi biasanya menggunakan roller coater dengan bahan cat anti sinar UV. Sedangkan pada siku furniture yang tidak terkena cat harus di cat secara manual menggunakan ruangan khusus. Namun apabila bagian siku yang tidak terkena cat terlalu banyak maka akan memanfaatkan mesin otomatis pengecatan siku.

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.