3 Cara Menakjubkan Membuat Furniture Kayu Mahoni Menjadi Lebih Indah

Ada puluhan bahkan bisa juga hingga ratusan cara untuk bisa mengecat kayu mahoni untuk proyek kayu di rumah. Proses finishing adalah langkah awal untuk memunculkan keindahan dari kayu. Anda bisa mengaplikasikan berbagai macam bahan finishing dan kayu akan tampak berbeda.

Jadi tidak mungkin untuk mendapatkan hanya satu jenis tampilan dari kayu mahoni. Sedangkan di pasaran tersedia berbagai macam jenis bahan finishing dalam banyak merk. Kayu mahoni adalah kayu yang paling banyak ditemukan di Indonesia.

Kayu ini memiliki sifat warna yang kemerahan baik kayu gubal dan terasnya. Kayu mahoni banyak digunakan karena ditemukan dimana-mana dan juga harganya yang terjangkau. Persediaan kayu ini pun masih banyak jadi jangan khawatir akan kehabisan.

Pengolahan kayu mahoni bisa beragam mulai dari furniture, dekorasi atau kerajinan. Kualitas kayu yang kurang baik terhadap panas dan juga hujan membuatnya tidak dapat digunakan sebagai furniture outdoor.

Jika Anda berniat untuk melakukan finishing furniture kayu mahoni maka pastikan cat yang digunakan menganduk lapisan film yang kuat. Walaupun furniture diletakan di dalam ruangan namun kelembaban tetap saja dapat merusak struktur kayu.

Kelembaban akan mengendap ke dalam substrat kayu melalui pori. Dari sinilah jamur dan juga rayap mulai muncul dan berdatangan. Cat akan membuat agar kayu mahoni awet, perlindungan lapisan film yang kuat serta lentru sangat dibutuhkan.

Tanpa lapisan cat, pori kayu dari mahoni yang cukup berukuran besar akan lebih cepat menyerap kelembaban. Cat akan menutup pori sehingga pori tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Anda tentu tidak perlu khawatir akan fungsi kayu dalam jangka panjang.

Selain perlindungan, cat juga akan membuat kayu mahoni memiliki tampilan berbeda. Sebagaimana telah disebutkan bahwa finishing kayu mahoni akan membuatnya tampak lebih menakjubkan.

Ada banyak produk, teknik dan para profesional di bidang finishing kini masih sering bereksperimen untuk mendapatkan tampilan yang diinginkan. Kayu mahoni memiliki banyak cara untuk bisa berpenampilan menarik.

Mengingat warnanya yang merah seringkali membuat para pemula terbatas kreatifitasnya. Kini Anda tidak perlu khawatir lagi karena pada artikel ini ada tiga cara berbeda untuk bisa mendapatkan tampilan furniture dari kayu mahoni lebih menarik.

Warna Antik Kayu Mahoni Menggunakan Wood Stain, Glaze dan Clear Coat

Salah satu dari proses yang akan menampilkan betapa mahalnya furniture dari kayu mahoni adalah antik. Finishing yang pertama ini bahkan tidak hanya menampilkan tampilan menarik namun juga proses yang menantang.

Meja Antik Dari Kayu Mahoni

Mengenal proses finishingnya akan mempermudah Anda untuk mulai menerapkan beberapa teknik sederhana yang bisa juga digunakan pada jenis kayu lainnya. Produk yang dipersiapkan dan alatnya adalah sebagai berikut ini:

  • Biovarnish Glaze Brown
  • Biovarnish wood stain mahogany
  • Biovarnish clear coat gloss
  • Kuas nilon
  • Kain katun kering
  • Amplas alumunium oxide nomor 220 dan 400
  • Gelas plastik
  • Air

Cara finishing :

  1. Siapkan kayu mahoni dengan mengamplas menggunakan amplas 220. Dilakukan hingga semua bulu kayu terangkat. Permukaan kayu yang halus dibersihkan dari debu dengan kain.
  2. Siapkan Biovarnish wood stain mahogany yang telah dicampur dengan air menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dalam gelas plastik. Aduk hingga merata. Kuaskan wood stain ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat kayu . Tunggu lapisan kering kemudian amplas ambang dengan amplas 400.
  3. Jika wood stain sudah kering dan selesai di amplas, siapkan Biovarnish Glaze brown. Campurkan dalam gelas plastik dengan sedikit air. Aduk kemudian kuaskan ke seluruh permukaan searah serat kayu. Diamkan 5 menit, hapus kelebihan Glaze dengan kain katun.
  4. Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air, aduk merata kemudian kuaskan searah dengan serat kayu. Tunggu lapisan kering selama 24 jam.

Mengecat Kayu Mahoni untuk Tampilan Sederhana

Jika Anda tidak suka dengan penampilan yang antik karena memperlihatkan serat yang sangat tajam, maka pilih finishing yang lebih sederhana. Finishing sederhana ini hanya memanfaatkan wood stain dan cara aplikasinya lebih mudah.

Hasil finishing ini cocok digunakan pada berbagai macam perabotan dari kayu mahoni. Warna kemerahannya yang sederhana akan memberikan kesan yang lebih hangat. Berikut ini alat dan bahan yang dibutuhkan.

  • Biovarnish sanding sealer
  • Biovarnish wood stain mahogany
  • Biovarnish clear coat gloss
  • Kuas nilon
  • Amplas alumunium oxide nomor 220 dan 400
  • Gelas plastik
  • Air

Cara Mengecat:

  1. Proses mengecat dimulai dengan mengamplas permukaan kayu mahoni dengan amplas 220. Amplas searah serat kayu dan pastikan benar-benar halus. Bersihkan debu amplas dengan kain.
  2. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air dalam gelas plastik. Gunakan takaran 2 bahan : 1 air kemudian aduk merata. Aplikasikan dengan kuas searah serat kayu pastikan benar-benar merata. Diamkan hingga kering kemudian amplas ambang dengan amplas 400.
  3. Campurkan Biovarnish wood stain mahogany dengan air. Dapatkan larutan 4 bahan : 1 air kemudian kuaskan cat searah serat kayu. Diamkan cat mengering kemudian amplas kembali secara ambang. Jika warna kurang tua atau gelap Anda bisa mengulangi proses aplikasi.
  4. Lapisan akhir adalah Biovarnish clear coat gloss, campurkan dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan clear coat merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering selama 24 jam atau semalaman.

Mendapatkan Tampilan Halus pada Kayu Mahoni

Finishing terakhir yang memberikan hasil menakjubkan namun sangat mudah adalah close pore. Hasil dari finishing ini akan menampilkan furniture menjadi lebih halus dibandingkan sebelumnya.

Kabinet Kayu Mahoni

Pori kayu akan benar-benar ditutup menggunakan wood filler yang berbentuk lebih padat. Serat kayu akan tetap terlihat karena sifat wood filler yang memiliki warna seperti mahoni. Bagaimana Anda bisa mendapatkan tampilan lebih halus? Sediakan alat dan bahannya berikut.

  • Biovarnish wood filler mahogany
  • Biovarnish wood stain mahogany
  • Biovarnish clear coat gloss
  • Kuas nilon
  • Amplas alumunium oxide nomor 220, 240 dan 400
  • Gelas plastik
  • Air

Cara Finishing.

  1. Amplas permukaan kayu dengan amplas 220. Bersihkan debu bekas amplas hingga berbagai minyak kotoran yang masih menempel.
  2. Aplikasikan Biovarnish wood filler yang sudah diencerkan dengan sedikit air. Gunakan kain katun kering untuk mengusapkan wood filler ke seluruh permukaan secara merata. Lakukan dengan ditekan kemudian tunggu lapisan mengering dengan sendirinya. Amplas dengan amplas 240 hingga warna dan serat kayu terlihat. Bersihkan debu amplas dengan kain kering.
  3. Campurkan Biovarnish wood stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk merata kemudian kuaskan searah dengan serat kayu. Tunggu lapisan kering dan amplas ambang dengan amplas 400. Anda bisa mengaplikasikan wood stain kembali jika warna dirasa masih kurang gelap.
  4. Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air dalam gelas plastik. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Kuaskan clear coat merata ke seluruh permukaan kayu. Tunggu lapisan terakhir mengering semalaman.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH