7 Langkah Finishing Ulang Agar Rak Buku Lama Tampil Baru Kembali

Punya rak buku yang tak terpakai di gudang? Jangan dibuang, karena Anda bisa mengecat ulang dan menjadikan rak buku baru kembali. Jika kamu butuh rak, tidak perlu membelinya lagi karena cukup dengan sedikit polesan, tampilan rak akan menarik. Caranya mudah yaitu dengan mengecat ulang kembali. Anda bisa membuat rak buku minimalis atau membuat rak buku dengan warna- warna tertentu sesuai dengan jenis warna cat. Sebagai permulaan cara yang mudah adalah melapisinya dengan pernis. Jika ingin menggunakan pernis maka pastikan jika rak sebelumnya menggunakan aplikasi cat warna transparan. 

Apabila lapisan rak terdahulu adalah cat warna solid, akan lebih baik jika Anda menghilangkan warnanya terlebih dahulu. Ada banyak bahan kimia khusus yang bisa digunakan seperti thinner. Jika sudah dibersihkan, barulah rak buku siap untuk dicat ulang. Ada setidaknya 7 langkah mudah yang bisa diikuti. Anda bisa melakukannya hanya dalam waktu beberapa jam. Apa saja langkahnya? Ikuti caranya berikut ini. 

Langkah 1. Bersihkan Rak Buku

Pertama adalah membersihkan rak buku dari debu dan juga kotoran yang menempel. Debu dan kotoran harus dibersihkan agar cat baru dapat menempel. Anda bisa mengelap rak dengan kain lap yang sudah dibasahi sebelumnya. Kemudian hilangkan semuanya. Apabila masih terdapat kotoran yang menempel hilangkan dengan scrape. 

Caranya adalah basahi dulu kotoran tersebut agar sedikit melunak, kemudian baru didorong menggunakan scrape hingga terangkat. Anda juga bisa menggunakan air yang dicampur dengan sabun. Setelah itu jemur rak buku hingga lapisan air benar-benar hilang. 

Langkah 2. Mengamplas Permukaan Rak Buku

Langkah dasar adalah dengan mengamplas, pada proses ini Anda harus menggunakan kertas amplas kasar. Gunakan amplas aluminium oxide nomor 150 atau 180 menyesuaikan permukaan rak. Jika cat sudah banyak yang mengelupas hilangkan dengan amplas. Pengamplasan bisa dilakukan secara manual dengan kertas amplas yang dibalurkan pada balok kayu. 

Amplas searah dengan serat kayu dan pastikan lapisan pernis yang lama mengelupas. Ganti amplas dengan nomor 220 apabila permukaan pernis sudah menghilang. Langkah ini akan membuat permukaan kayu menjadi lebih halus lagi. Raba permukaan kayu untuk memastikan bahwa rak sudah benar-benar halus. 

Langkah 3. Memperbaiki Siku dan Lubang pada Rak

Hal yang wajar jika siku rak sudah mulai merenggang dan rusak. Beberapa bagian pun bisa saja berlubang karena rayap, tapi bukan berarti rak tidak layak pakai. Rak masih bisa diperbaiki dengan wood filler. Caranya adalah gunakan Biovarnish wood filler dengan scrape. 

Campurkan wood filler dengan sedikit air, kemudian isikan pada bagian yang berlubang atau siku yang mulai merenggang. Kemudian diamkan selama 20 menit hingga kering benar baru amplas permukaannya. Setelah itu baru lanjutkan dengan pengamplasan, gunakan amplas nomor 240. 

Anda bisa memilih warna Biovarnish wood filler sesuai dengan kebutuhan. Tersedia empat pilihan warna yaitu jati, mahoni, ramin dan juga sungkai. Paling tepat memilih warna adalah sesuai dengan hasil yang diinginkan. 

Langkah 4. Mengaplikasikan Liquid Stain

Ada satu langkah yang bisa diikuti dan bisa juga tidak sesuai dengan keinginan Anda tentunya yaitu menggunakan stain. Biovarnish liquid stain akan memberikan warna pada rak agar tampak lebih tajam tapi tetap natural. Jika tidak ingin memberikan warna, Anda bisa langsung masuk ke tahapan selanjutnya. 

Pada lapisan ini, campurkan terlebih dahulu liquid stain dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga merata hingga tidak adalah lapisan yang mengendap. Kemudian kuaskan liquid stain searah dengan serat kayu dan akhirnya mengering. 

Proses kering hanya membutuhkan waktu sekitar 60 menit tanpa harus dijemur. Baru setelah itu di amplas secara ambang dengan amplas 400. Pengamplasan juga harus dilakukan searah serat kayu. Khusus untuk lapisan ini, Anda bisa mengaplikasikannya berulang kali hingga warna tajam didapatkan. 

Langkah 5. Mengaplikasikan Sanding Sealer

Permukaan yang selesai dilapisi dengan warna stain, sudah siap untuk dilapisi dengan base coat. Anda bisa menggunakan Biovarnish sanding sealer yang terbuat dari bahan dasar air. Pertama, campurkan sanding sealer dengan air perbandingan 2:1 air. Kemudian aduk, pastikan Anda melarutkannya di wadah yang berbeda. 

Kuaskan sanding sealer ke permukaan rak dan ingat harus searah serat kayu. Kemudian lanjutkan dengan proses pengeringan tanpa dijemur. Rak bisa didiamkan dalam ruangan dan akan mengering setelah 60 menit kemudian. 

Baru setelah kering amplas permukaannya secara ambang. Amplas yang digunakan adalah nomor 400 agar menciptakan permukaan lebih halus. Fungsinya juga agar lapisan coating di atasnya bisa menempel. Sanding sealer juga akan memperkuat lapisan pernis sehingga rak tidak mudah untuk terkena jamur atau rayap. 

Langkah 6. Mengaplikasikan Pernis Kayu

Apakah pernis yang akan Anda gunakan pada rak buku dinding? Tentu saja Biovarnish clear coat. Ada dua pilihan tampilan yang bisa digunakan. Pertama adalah clear coat gloss dan kedua adalah matte. Anda bisa memilih hasilnya sesuai dengan selera. 

Proses aplikasi hanya sekali dan tipis tapi tetap merata. Pertama larutkan clear coat dengan air, gunakan perbandingan sama yaitu 2:1. Kemudian aduk hingga clear coat larut merata, kemudian kuaskan ke seluruh permukaan hingga merata. Lakukan juga searah dengan serat kayu. 

Proses pengeringannya bukan 60 menit tetapi 24 jam. Cara praktisnya adalah diamkan rak buku selama semalaman di dalam ruang mengecat. Keesokan harinya Anda sudah bisa menggunakan rak buku dengan tampilan baru. 

Langkah 7. Memasang dan Merawat Rak Buku

Anda sudah memiliki rak buku baru, kini saatnya memasang. Pasanglah rak di tempat yang sudah disediakan. Jangan lupakan juga perawatan yang tepat. Rak buku kayu perlu pemolesan secara berkala baik itu satu bulan sekali atau tiga bulan sekali. Langkah ini akan membuat rak bisa bertahan dengan lebih lama. 

Gunakan bahan poles kayu seperti Biopolish Linseed Oil. Caranya mudah, cukup oleskan ke permukaan kayu secara merata dengan kain sambil setengah digosok. Pastikan Anda mengaplikasikannya tipis saja sehingga permukaannya tidak menjadi lengket. 

Tips Mudah Mengecat Ulang Rak Buku agar Rapi

Anda bisa saja mengaplikasikan cara tersebut untuk mengecat rak buku anak di rumah. Tetapi bukan berarti hasilnya akan langsung rapi. Bisa saja Anda mengaplikasikan dan tidak mendapatkan hasil yang sempurna. Nah bagaimana cara menghindari ketidaksempurnaan hasil mengecat tersebut? 

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  1. Pastikan ruangan mengecat bersih beserta dengan peralatannya. Kebersihan adalah kunci utama Anda akan mendapatkan hasil finishing yang terbaik. 
  2. Ruangan harus terang, Anda juga membutuhkan penerangan karena ini adalah inti utama dari hasil pengecatan yang terbaik. 
  3. Waktu kering yang tepat. Hindari mengamplas pada permukaan yang masih basah. Maka dari itu tes terlebih dahulu tingkat kering permukaan rak sebelum mengamplas. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH