7 Tips dan Teknik Pengecatan Furniture Berbahan Kayu agar Tampil Baru

Pengecatan merupakan proses finishing pada furniture. Furniture dengan berbahan kayu perlu difinishing agar tampak indah dan elegan. Berbagai macam teknik pengecatan maupun bahan cat dapat digunakan untuk kayu Anda. Perawatan furniture dari bahan kayu akan membuat furniture tersebut menjadi lebih awet. Proses pengecatan yang baik akan membuat hasil dari furniturenya juga bagus.

Pengecatan bukanlah hal yang susah, prosesnya sederhana. Ada banyak cara teknik untuk pengecatan furniture kayu. Berikut teknik mengecat kayu untuk hasil yang memuaskan.

  1. Persiapkan alat dan bahan
ALT

Pilihlah warna cat yang sesuai dengan kayu. Mempersiapkan alat dan bahan sangatlah penting. Pengecatan membutuhkan alat yang sederhana diantaranya adalah cat, kuas atau spray, sarung tangan, masker, pelindung dari kertas atau plastik.

baca juga : jenis jenis spray gun airbrush untuk finishing kayu

  1. Lepas perangkat keras pada kayu

Berbagai perangkat keras pada furniture sebaiknya dilepas sebelum proses pengecatan. Misalnya, apabila ingin mengecat pintu atau almari pastinya akan ada pegangan atau tempat kunci. Maka sebaiknya perangkat-perangkat tersebut dicopot untuk menghindari cat menempel pada pegangan atau tempat kunci, sehingga warnanya tidak akan berubah dan tetap bersih.

  1. Tutupi bagian yang tidak dicat

Gunakan plastik atau kertas yang tebal dan cukup lebar untuk menutupi bagian-bagian yang tidak akan dicat. Tutupi bagian bawah atau bagian lantai di atas tempat mengecat agar lantai tidak terkena tetesan cat atau semprotan cat. Lantai juga akan terlihat bersih. Bila ingin mengecat kayu di dalam ruangan, sebaiknya biarkan jendela, ventilasi dan juga pintu dalam keadaan terbuka sehingga udara akan berganti dan tidak berbau cat. Bau cat akan menyengat apabila proses pengecatan berada di dalam ruangan tertutup. Oleh karena itu dianjurkan untuk memakai masker.

  1. Perhatikan bagian-bagian dari kayu

Cek keadaan kayu yang akan dicat. Apabila ada bagian-bagian tertentu yang bolong atau mngelupas, maka aplikasikan dempul kayu supaya hasil akhir dari pengecatannya mempunyai warna yang sama dan halus. Pengecatan memerlukan ketelitian dan juga kesabaran. Dempul kayu dengan perlahan dan pastikan pendempulannya juga rata. Apabila kurang rata, maka dapat diratakan dengan menggunakan alat yang tajam untuk menggosoknya. Biarkan dempul mengering.

  1. Pastikan tidak ada cat lama yang menempel

Pengamplasan sangatlah penting sebelum proses pengecatan. Pengamplasan akan membuat kayu menjadi halus dan bersih sehinggan hasilnya akan lebih sempurna. Anda dapat mengamplas kayu sendiri dengan hati-hati. Amplas juga dimaksudkan agar tidak ada cat lama maupun noda pada kayu sehingga kayu akan benar-benar bersih sebelum dicat. Pastikan semua bagian dari kayu diamplas dan ratakan beberapa bagian yang mungkin tidak sama dengan bagian yang lainnya. Bersihkan dengan mengelap kayu sebelum dicat.

  1. Pemberian cat dasar

Dalam proses pengecatan cat dasar dapat diaplikasikan untuk kayu tertentu. Terkadang memang ada beberapa jenis kayu yang tidak membutuhkan cat dasar. Ada beberapa teknik dalam pemberian cat dasar untuk kayu. Teknik yang pertama adalah dengan memberi cat dasar yang tipis. Pemberian  cat dasar yang tipis akan membuat kayu menjadi mengkilap dan baru. Cara yang kedua yaitu apabila ingin tampilan kayu yang lebih tegas maka pemberian cat dasar yang sedikit tebal dapat diaplikasikan.

  1. Mulailah proses akhir

Proses pengecatan akhir telah dimulai. Siapkan kuas atau roller untuk mengecat kayunya. Anda dapat menggunakan dua alat tersebut. Caranya dengan menggunakan roller dulu. Aplikasikan cat secara perlahan agar memiliki ketebalan yang sama kemudian gunakan kuas untuk meberi sentuhan akhir pada kayu Anda.

Demikian tips untuk pengecatan furniture berbahan kayu untuk Anda jadikan inspirasi. Semoga bermanfaat.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH