Bahan Finishing Kayu yang Bagus untuk Perabot Lama dan Aplikasinya

Perabot lama yang sudah pudar warnanya membutuhkan finishing yang bagus ulang agar tampak baru lagi dengan merk cat yang tepat.

Furniture berbahan kayu adalah furniture yang memiliki ketahanan paling lama terutama untuk furniture indoor berkayu jati tua. Furniture berkayu jati tua memiliki umur yang sangat lama bahkan mungin Anda menerima furniture warisan turun temurun. Walaupun furniture tahan lama hanya penampilannya saja yang mulai kusam. Tampilan furniture menjadi kusam biasanya karena goresan, kelembapan udara dan furniture yang sering dipindah-pindah. Untuk mengembalikan tampilan furniture menjadi tampang baru lagi adalah dengan finishing ulang atau recoating.

Finishing Kayu Yang Bagus

Melakukan proses recoating pada perabot lama membutuhkan banyak hal untuk menghasilkan finishing kayu yang bagus. Mulai dari pemilihan cat kayu, alat yang digunakan dan tempat melakukan finishing. Dengan memenuhi ketiga aspek tersebut maka proses recoating dapat dilakukan dengan mudah. Warna yang dipilih sebaiknya menyerupai warna furniture sebelumnya tetapi jika Anda menginginkan penggantian warna bisa saja asal ketika mengamplas harus dilakukan secara keseluruhan dan bekas cat yang lama harus benar-benar hilang.

Cara Mengecat Yang Baik Dan Tepat Pada Furniture

Melakukan finishing ulang sebenarnya membutuhkan waktu yang lebih dibandingkan finishing furniture baru. Mengapa? Anda harus menghilangkan atau membersihkan sisa cat kayu lama yang masih menempel sehingga tidak terjadi belang pada furniture. Anda juga bisa menutup warna kayu yang lama dengan menggunakan alat semprot menggunakan wood filler.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk melakukan finishing kayu yang bagus pada perabot lama:

  1. Jauhkan perabotan yang akan difinishing ulang pada perabotan lain sebaiknya dilakukan di ruangan terbuka, jika di dalam rumah alasi furniture menggunakan koran dan buka jendela agar sirkulasi udara yang baik didapatkan.
  2. Jika furniture memiliki knop atau hiasan furniture dari logam, besi bisa dicopot terlebih dahulu jika tidak bisa ditutup menggunakan koran kemudian direkatkan dengan isolasi kertas. Hal ini dilakukan agar hasil finishing tidak melebar ke daerah knop atau hiasan furniture lainnya.
  3. Hal yang pertama adalah mengamplas permukaan furniture hingga halus sekaligus membuka pori-pori kayu, kemudian lapisi dengan wood filler (penutup pori pori kayu) ke semua permukaan kayu terutama pada bagian yang belubang. Lakukan ini hingga lubang atau cacat tekstur pada kayu tertutup dengan baik.
  4. Jika sudah selesai dengan wood filler dan permukaan furniture kering gunakan wood stain sesuai dengan warna yang Anda inginkan. Jika Anda menginkan warna yang agak gelap bisa melapisi wood stain berulang kali hingga mendapatkan warna yang diinginkan.
  5. Agar furniture terlihat seperti baru aplikasikan clear gloss unutk tampilan furniture lebih mengkilap. Tunggu furniture kering dan siap untuk digunakan, jangan lupa untuk membuka koran penutup knop.

Merk Cat Untuk Finishing Kayu Yang Bagus

Finishing Kayu Yang Bagus

Dalam proses finishing kayu yang bagus, jenis cat yang digunakan tentu akan sangat mempengaruhi. Jika Anda memilih jenis cat yang salah dan tidak sesuai keinginan maka Anda pun harus melakukan recoating ulang dan membutuhkan waktu yang lama. Salah satu jenis cat yang bagus untuk recoating perabot lama tidak lain adalah cat kayu Biovarnish. Mulai dari seri Wood Filler, Wood Stain dan Clear Gloss tersedia untuk melakukan finishing funiture yang bagus. Bahkan Anda tidak memerlukan aplikasi menggunakan alat semprot dan hanya kuas saja. Cat Biovarnish merupakan cat kayu water based sehingga bahan pencampurnya hanya air, Anda tidak perlu membeli thinner untuk melakukan pengecatan ulang. Cat merk Biovarnsih adalah cat dengan kualitas terbaik terutama untuk proses pengecatan ulang perabotan lama Anda. Selamat Mencoba.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH