Rahasia Menjaga Keawetan Tampilan Natural Decking Kayu di Rumah

Decking kayu sama saja seperti lantai kayu, hanya saja karena sering terpapar sinar UV, perubahan cuaca membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan. Penggunaan decking sangat bervariasi, bisa digunakan pada balkon rumah, teras depan atau belakang bahkan kolam renang. 

Walaupun rentan rusak, namun tetap saja banyak orang yang akan memilih kayu sebagai bahan utama. Apakah Anda adalah salah satunya? Jika iya, maka ketahuilah bagaimana cara untuk mempertahankan tampilan deckin tetap indah. Bagaimana caranya? 

Rahasianya adalah hanya dengan memberikan lapisan coating yang tepat. Memang benar begitu banyak produk cat di pasaran yang dijual. Tapi tak semua produk tersebut memenuhi kebutuhan perlindungan dari decking. 

Hanya Biovarnish dan Biothane saja yang mampu memberikan perlindungan maksimal. Jika Anda melindunginya dengan tepat, kerusakan seperti goresan, rayap dan jamur tidak akan mengurangi masa penggunaan decking. Anda hanya perlu mengulangi aplikasi bahkan lima hingga delapan tahun sekali. 

Kelebihan Biovarnish dan Biothane untuk Decking Kayu

Sebelum membeli dan menggunakan, pasti Anda sangat penasaran apa saja kelebihan dari Biovarnish dan Biothane? Apakah produk ini benar-benar mampu memberikan perlindungan yang maksimal? Mari kita simak terlebih dahulu Keuntungan menggunakan kedua produk ini. 

Keuntungan Menggunakan Biovarnish 

Selama ini proses pengecatan deckin yang dilakukan adalah dengan cat solvent. Cat berbahan solvent ini dipercaya mampu melindungi kayu. Namun kini tidak lagi, decking juga membutuhkan cat yang aman digunakan oleh manusia dan produk itu adalah cat berbahan dasar air atau water based. 

Cat water based tidak kalah kualitasnya dalam hal melindungi decking kayu. Disisi lain produk water based aman dan ramah lingkungan. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan bagi manusia sehingga bisa leluasa untuk menggunakannya. Inilah yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Biovarnish. 

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan sebagai berikut:

  1. Warna tidak akan pudar karena cat lebih tahan terhadap sinar UV yang memudarkan warna kayu. 
  2. Cat sangat mudah diaplikasikan hanya dengan kuas, roller, atau alat semprot. 
  3. Cat terdiri dari base coat yaitu sanding sealer dan liquid stain yang memberikan warna natural kayu. Pilihan warna pun lengkap yaitu hingga 20 pilihan warna. 
  4. Proses kering cepat sehingga Anda bisa lebih cepat mengerjakannya. 
  5. Harga lebih murah karena Anda hanya membutuhkan bahan pelarut air. Jadi tak perlu membeli bahan pelarut yang mahal seperti thinner. 

Keuntungan Menggunakan Biothane

Biothane adalah lapisan akhir yang dikerjakan setelah mengaplikasikan Biovarnish. Bisa dibilang lapisan ini menggantikan pernis atau top coat pada umumnya. Biothane adalah produk coating dari polyurethane yang sudah dipercaya untuk bisa memberikan perlindungan lebih kuat. 

Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan Biothane yaitu sebagai berikut:

  1. Warna transparan sehingga warna natural bisa terlihat. 
  2. Tahan terhadap goresan karena penggunaan sehari-hari sehingga tampilannya tetap sama. 
  3. Tahan terhadap serangan rayap dan jamur karena sudah mengandung bahan pengawet kayu khusus. 
  4. Tahan terhadap serangan sinar UV terus menerus yang membuat warna di bawahnya tetap bertahan. 
  5. Tahan terhadap perubahan cuaca yang membuat coating bisa menyesuaikan perubahan bentuk decking. 

Biothane bisa dikatakan merupakan produk yang tahan terhadap semua masalah kayu. Anda bisa mendapatkan lapisan coating yang kuat namun fleksibel mengingat kayu akan berubah bentuk karena perubahan cuaca. 

Proses Aplikasi Biovarnish dan Biothane pada Decking Kayu

Masuk pada proses pengaplikasian, tidak perlu banyak alat dan bahan yang digunakan. Khusus untuk bahan Anda hanya perlu menyediakan Biovarnish sanding sealer, liquid stain, dan Biothane saja. Bahan pelarut yang digunakan adalah air yang tawar tidak memiliki kadar asam yaitu dengan PH kurang lebih 7. 

Ada beberapa langkah yang akan dilakukan setelah Anda mempersiapkan semua alat dan bahannya. Berikut ini langkah-langkah yang perlu ditempuh. 

Mengaplikasikan Base Coat

Jenis kayu yang biasanya digunakan untuk decking adalah kayu keras dengan tingkat kekuatan yang sangat baik. Sangat sedikit cacat lubang bahkan rayap yang dimiliki. Oleh karena itu bisa langsung diaplikasikan base coat yaitu sanding sealer. 

Mengaplikasikan Biovarnish sanding sealer pada permukaan kayu sangat mudah yaitu sebagai berikut:

  1. Amplas permukaan kayu dengan drum sander. Kemudian bersihkan debunya dengan mesin vakum. 
  2. Larutkan Biovarnish sanding saeler pada wadah dan aplikasikan menggunakan roller supaya lebih cepat. 
  3. Cara mengaplikasikan harus mulai dari bagian tengah ke area pinggir dengan mengikuti arah serat.
  4. Diamkan decking mengering baru di amplas ambang, Anda bisa melakukannya secara manual atau dengan alat. 
  5. Pastikan membersihkan debu amplas dengan mesin vakum sesudahnya. 

Aplikasi sanding sealer adalah yang paling dasar, fungsinya menutup pori kayu. Anda bisa mengulangi prosesnya hingga dua kali, pastikan setiap lapisan harus terbentuk tipis saja. 

Mengaplikasikan Pewarna Natural Kayu

Setelah base coat dari sanding sealer mengering saatnya memberikan warna. Supaya Anda tidak salah pilih, sebaiknya coba warna pada permukaan decking yang tidak begitu kelihatan. Cobalah mengaplikasikan beberapa lapisan sehingga muncul warna tajam yang diinginkan. 

Apabila warna sudah didapatkan, mulailah dengan mengaplikasikan dengan cara berikut ini:

  1. Campurkan Biovarnish liquid stain dengan air hingga larut. 
  2. Masih menggunakan roller, Anda bisa mencuci roller sebelumnya atau menggantinya dengan yang baru. 
  3. Cara mengecat harus searah dengan serat kayu dan mulai dari bagian dalam. Ikuti langkahnya sama seperti mengecat sanding sealer. 
  4. Setelah itu tunggu kering dan amplas ambang menggunakan amplas aluminium oxide nomor 400.
  5. Bersihkan debu dengan vakum. 

Biasanya dalam satu kali lapisan warna natural belum begitu tajam jadi tidak ada salahnya jika Anda ingin mengecatnya berulang kali. Biovarnish liquid stain bisa diulangi aplikasinya hingga Anda mendapatkan warna yang diinginkan. 

Mengaplikasikan Polyurethane

Produk Biothane sebenarnya proses aplikasi tidak jauh berbeda dengan top coat atau pernis pada umumnya. Bedanya adalah kini Anda akan menggunakan air sebagai bahan pelarutnya. Ditambah lagi proses kering lebih cepat karena air lebih mudah menguap, hanya dibutuhkan waktu semalaman supaya cat mengering. 

Proses aplikasi Biothane yang bisa diikuti adalah sebagai berikut:

  1. Campurkan Biothane dengan air hingga larut sehingga tidak ada bahan yang mengendap. 
  2. Gunakan roller dan pastikan yang baru, supaya hasilnya bisa maksimal. 
  3. Mulai cat bagian dalam decking kemudian ke bagian pinggir. Ikuti alur mengecat seperti lapisan liquid stain. 
  4. Karena lapisan terakhir Anda bisa menggunakannya satu kali saja. Setelah merata diamkan decking mengering selama semalaman. 

Hasil finishing dari Biothane sangat transparan, asalkan selama pengeringan Anda harus membiarkannya bebas debu. Jangan sampai ada debu atau kotoran yang menempel. Akan lebih baik setelah mengering satu jam Anda menutupi decking dengan terpal selama semalaman. 

Selain itu juga pada saat melarutkan semua bahan finishing ini, gunakan viskositas 11-12 detik menggunakan alat NK2. Viskositas ini akan membuat Anda mendapatkan hasil sempurna yang mudah untuk diaplikasikan. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH