Manfaatkan Ranting Untuk Membuat Rak Buku Unik Berbahan Ranting

Rak buku unik berbahan ranting bisa dibuat dengan memanfaatkan ranting kayu yang bentuknya unik dan bahan finishing yang tepat.

Buku menjadi salah satu hal terpenting dalam kehidupan khususnya bagi seorang pelajar, mhasiswa, dosen, bahkan kalangan umum lainnya. Karena buku merupakan sumber ilmu yang memang semua manusia butuhkan. Jika Anda memiliki banyak buku namun berserakan, Anda bisa menata buku dengan rapi pada rak buku Anda. Namun jika Anda bosan dengan model rak yang itu-itu aja, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Dengan bahan yang sederhana, Anda akan memiliki rak unik yang akan memiliki daya tarik sendiri.

Rak buku biasanya terbuat dari kayu solid, atau dari papan triplek (plywood). Namun sekarang Anda bisa menggunakan ranting pohon sebagai bahan dasar pembuatan rak buku Anda dirumah. rak buku unik dari ranting pohon ini bisa Anda letakkan di kamar, diruang tamu bahkan diruang santai rumah Anda. Buku Anda yang tertata rapi akan memudahkan Anda untuk mengambil sesuai dengan judul buku.

Tampilan rak buku yang unik dengan finishing natural transparan pasti akan menarik siapapun yang melihatnya. Ranting pohon sangat bisa Anda gunakan sebagai rak buku. Buatlah sekreatif mungkin untuk rak buku Anda. Anda bisa memanfaatkan ranting pohon yang besar, dan kuat. Karena kekuatan ranting nanti akan berpengaruh pada lamanya rak buku akan ditempatkan.

Apa Saja yang Perlu Dipertimbangkan Saat Membuat Rak Unik Berbahan Ranting

Untuk membuat rak buku dari ranting, sebaiknya memiliki kriteria sebagai berikut:

  1. Menarik

Menarik dalam hal ini adalah desain dari rak buku Anda. Semakin rumit dan elegan, semakin menarik para peminat yang melihatnya.

  1. Bahan Dasar

Gunakan ranting pohon dari kayu yang kuat dan awet. Agar nanti jika digunakan terus menerus dan lama, kayu tidak akan rapuh seiring dengan usia kayu yang dipakai.

  1. Cat

Cat finishing yang digunakan juga menjadi hal penting untuk Anda membuat rak buku dari ranting pohon ini. Tanpa finishing cat yang rumit, Anda juga bisa menggunakan sanding sealer lalu dioleskan linseed oil. Hasilnya natural transparan yang memberikan warna alami tanpa warna lainnya dan pastinya akan membuat rak buku dari ranting Anda terkesan elegan dan pastinya menarik perhatian yang melihatnya.

  1. Mengatur Ukuran

Ukuran yang pas untuk rak buku Anda sebaiknya disesuaikan dengan media yang akan ditempatkan. Jika rak buku akan ditempelkan pada dinding, sebaiknya pilih dinding yang memiliki space agak luas untuk menempatkan rak buku tersebut. Agar rak buku terlihat tidak begitu memenuhi space yang ada. Karena jika memenuhi space dinding akan menimbulkan kesan kurang luas untuk dinding tersebut.

Pembuatan rak buku menggunakan ranting pohon ini terhitung jarang digunakan. Karena proses yang sedikit rumit untuk para pengrajin furniture dengan jumlah produksi yang banyak. Namun kita bisa membuatnya sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada.

Desain minimalis dengan cat yang cukup simple, yaitu cukup dengan menggunakan sanding sealer lalu dipoles menggunakan pemoles kayu linseed oil, pasti hasilnya akan sangat memuaskan. Dipandang mata pun juga akan sangat menarik. Warna kayu natural transparan, dengan serat kayu asli dari kayunya, akan membuat rak buku Anda banyak diminati para sahabat atau kerabat yang meilihat hasil akhir rak buku Anda.

Anda juga bisa mengembangkan rak buku dari ranting ini sebagai usaha sampingan, yang tentunya menghasilkan pundi-pundi keuangan dan juga membanggakan karena hasil usaha Anda yang ternyata di apresiasi oleh orang sekitar Anda. Ide menggunakan ranting sebagai rak buku ini sangat menarik, tidak ada salahnya Anda mencoba dirumah. Selamat mencoba.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH