Manfaatkan Kayu untuk Membuat Rak Buku Unik dan Finishingnya

Ranting pohon di rumah Anda biasanya digunakan untuk apa? Pernahkah terpikirkan untuk membuat bahan yang memiliki nilai jual tinggi? Kita simak yuk.

Di rumah pasti Anda memiliki furniture yang berasal dari kayu. Entah itu meja, kursi, almari atau ranjang tempat tidur. Kayu yang digunakan juga biasanya dari kayu solid yang memiliki lebar dan merupakan kayu kuat untuk dijadikan furniture. Namun pernahkah Anda menggunakan ranting pohon sebagai furniture atau sekedar hiasan untuk rumah Anda?

Jika Anda memiliki hobi membaca buku, Anda pasti tentu memiliki jumlah buku yang tidak sedikit jumlahnya. Biasanya Anda hanya meletakkan buku yang selesai Anda baca dimana saja tanpa Anda memiliki rak khusus untuk koleksi buku-buku Anda. Sehingga menyulitkan Anda untuk menemukan buku yang ingin Anda baca kembali. Buku yang berserakan dan tidak memiliki tempat juga akan membuat orang melihat akan merasa risih.

Maka Anda perlu menggunakan tempat untuk menaruh buku-buku Anda seperti rak buku. Rak kayu yang menempel biasanya juga dapat dijadikan sebagai dekorasi rumah anda sehingga terlihat lebih menarik untuk dilihat. Bahkan anda juga bisa menggunakan rak-rak yang menempel pada dinding ini untuk menyimpan barang-barang yang berbahaya bila terkena jangkauan anak-anak dirumah seperti barang-barang pecah belah.

Rak buku yang dijual ditoko-toko desainnya sangat standar sehingga biasanya mudah bosan. Jika Anda ingin menggunakan desain yang antik dan tidak membosankan, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai atau bisa juga membeli bahan mentahnya. Rak buku biasanya terbuat dari kayu atau plastik. Namun yang lebih banyak disukai yaitu bahan kayu. Karena kayu memiliki keawetan dibanding bahan plastik dan juga nilai jual kayu lebih dari nilai jual bahan plastik.

Menggunakan kayu sebagai rak buku memang mudah. Namun bagaimana jika kita berimajinasi menggunakan ranting pohon? Pasti akan sangat memiliki nilai estetika tinggi. Pembuatan rak buku menggunakan ranting pohon ini terhitung jarang digunakan. Karena proses yang sedikit rumit untuk para pengrajin furniture dengan jumlah produksi yang banyak.

Tips membuat rak buku dari kayu di tembok berkualitas

  • Mengukur ruangan yang digunakan

Sebelum anda membuat rak buku dari ranting, akan lebih baik bila anda mengukur terlebih dahulu ruangan yang akan anda letakkan rak kayu tersebut. Ukur juga area dinding yang akan digunakan. Pastikan rak kayu yang Anda pasang tidak menganggu aktivitas keluarga Anda.

  • Menggunakan bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan

Mengenali jenis bahan yang akan dibuat sebagai bahan dasar. Karena posisinya akan digantung, maka sebaiknya Anda mencari bahan kayu olahan yang cukup ringan namun tetapi kuat untuk menampung barang-barang anda.

  • Menyesuaikan rak kayu dengan tema ruangan

Yang perlu Anda perhatikan adalah kesesuaian desain dari rak dengan tema ruangan, termasuk keharmonisan dengan perabot-perabot lainnya di ruangan tersebut. Perhatikan keharmonisan bentuk maupun warnanya.

  • Memilih cat untuk finishing

Langkah terakhir untuk membuat rak buku dari ranting adalah melakukan proses finishing. Proses finishing ini dilakukan untuk memperindah rak buku Anda serta melindungi ranting kayu dari jamur atau cuaca yang akan membuat kayu mudah rusak.

Memilih cat kayu bukan sekedar memilih. Tapi melihat kelebihan dan kekurangan dari cat yang akan dibeli. Cat kayu yang biasa dipakai para pengrajin furniture yaitu solvent based. Cat solvent based ini banyak ditemukan ditoko-toko cat. Kelebihan cat solvent based ini adalah menghasilkan warna dan tingkat glossy yang tinggi. Namun cat solvent based juga memiliki kekurangan yaitu tidak aman dan tidak ramah lingkungan juga kesehatan. Efek yang bisa dirasakan langsung dari cat solvent based ini adalah bau yang menyengat, mata pedih, iritasi pada kulit, bahkan bisa mengganggu saluran pernafasan. Maka dari itu, penggunaan cat solvent based ini mulai dikurangi dan direkomendasikan untuk beralih menggunakan cat water based yang lebih aman dan ramah lingkungan juga kesehatan.

Cat water based ini sudah mulai banyak permintaan pasar. Karena kelebihan cat water based ini, para pengrajin furniture atau industri mulai beralih menggunakan cat water based. Seperti cat water based merk Biovarnish ini. Cat ini memiliki kelebihan seperti:

  • Aman dan ramah lingkungan (low VOC)
  • Good levelling and anti brush marking
  • Tidak berbau (odorless)
  • Tidak beracun (non toxic)
  • Warna tajam dan transparansi warna bagus
  • Mudah diaplikasikan
  • Bisa diaplikasikan dengan kuas dan spray
  • Tahan air dan tahan cuaca
  • Mudah dibersihkan
  • Daya rekat bagus

Fungsi Biovarnish

  • Biovarnish Wood Filler ini berfungsi sebagai dempul kayu yang menutupi pori-pori kayu sehingga permukaan kayu halus dan merata.
  • Biovarnish Wood Stain yang berfungsi sebagai pewarna kayu namun hasil akhirnya tetap transparan.
  • Biovarnish Clear Coat berfungsi sebagai lapisan akhir yang melindungi lapisan yang ada dibawahnya.

Langkah memulai finishing

  • Siapkan bahan-bahan seperti kuas sponge, amplas nomor 240 dan nomor 400, pisau plaet atau kain bal, air sebagai pengencer, dan juga 1 serian cat merk Biovarnish yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat. Jika Anda ingin menggunakan perlengkapan yang lebih safety juga diperbolehkan seperti masker, celemek maupun sarung tangan.
  • Pastikan media rak buku dari ranting sudah bersih dari noda dan kotoran, dan juga rak buku dari ranting Anda harus sudah benar-benar kering agar cat yang digunakan bisa menempel sempurna.
  • Langkah pertama yaitu campurkan Biovarnish Wood Filler dengan sedikir air dan aduk. Lalu usapkan ke permukaan rak buku dari ranting menggunakan kain bal atau pisau palet. Usapkan tipis-tipis agar memudahkan untuk mengampkas permukaan kayu. Tunggu sampai dengan kering sekitar 20-40 menit. Lalu amplas menggunakan amplas 240 sampai serat kayu terlihat dan merata.
  • Kedua, campurkan Biovarnish Wood Stain sebagai pewarna kayu dan air dengan perbandingan 4 bahan: 1 air. Aduk hingga benar-benar merata agar hasil akhir warnanya juga merata. Kuaskan menggunakan kuas sponge searah serat kayu. Penggunaan kuas sponge ini cukup celupkan bagian ujungnya saja agar cat tidak begitu banyak meresap ke sponge. Diamkan dan tunggu kering sekitar 60 menit. Jika sudah kering bisa di amplas ambang menggunakan amplas 400. Jika warna dirasa masih kurang Anda bisa mengulangi step ini berulang sampai warna sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Langkah terakhir, siapkan Biovarnish Clear Coat dan campur dengan air. Perbandingannya sama dengan langkah kedua yaitu 4bahan : 1air. Aduk sampai merata lalu kuaskan menggunakan kuas sponge secara tipis-tipis. Lalu keringkan semalaman dan hasilnya bisa Anda lihat dihari berikutnya. Langkah terakhir ini tidak perlu diamplas cukup dibersihkan menggunakan lap bersih saja.

Untuk perawatan sehari-hari Anda bisa menggunakan pemoles khusus kayu linseedoil yang akan melindungi cat Anda dari serangan jamur yang biasa terjadi pada kayu. Selamat mencoba.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH