Menggunakan Cat Tembok Kayu Saat Ramadhan

Mengecat dinding adalah persoalan yang biasanya dilakukan oleh tukang, namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih hemat sebaiknya Anda melakukan pengecatan sendiri di rumah. Anda tidak membutuhkan pengeluaran yang tinggi cukup membeli cat tembok kayu dan semua akanb segera selesai.

Jenis cat tembok kayu yang direkomendasikan untuk digunakan adalah jenis cat water based. Anda tidak akan bermasalah dengan bau cat yang keluar setelah dinding di cat ulang. Anda juga tidak akan bermasalah dengan dinding yang mengapur bahkan dinding yang tidak berujung kering dengan cepat.

Cat tembok water based memiliki kelebihan tersebut untuk material kayu. Cat khusus yang didesain juga dapat digunakan untuk furnitur sebaiknya Anda gunakan untuk mengecat dinding kayu rumah Anda sekarang juga. Apalagi di masa ramadhan untuk menyambut lebaran Anda bisa mengerjakannya sendiri di waktu libur.

Menggunakan Cat Tembok Kayu Saat Ramadhan

Ada beberapa jenis cat yang harus Anda ketahui sebelum Anda salah membelinya untuk proyek pengecatan ulang dinding rumah kayu Anda. Ada cat oil based dan juga ada cat water based. Kebanyakan orang masih meyakini bahwa cat oil lebih tahan lama daripada cat water based.

Namun perkembangan teknologi membuktikan bahwa cat water based kini jauh lebih baik dan juga memiliki kemampuan yang tinggi sola proteksi. Perubahan suhu yang ekstrim membuat cat lentur dapat menyesuaikan perubahan bentuk dari kayu.

Jadi tidak akan menimbulkan keretakan. Anda akan mendapatkan hasiol sebaliknya jika menggunakan cat solvent. Cat mudah mengelupas ketika terkena perubahan suhu dari panas ke dingin atau sebaliknya.

Nah lalu manakah jenis cat yang akan Anda gunakan?

Persiapan Pengecatan Dinding Kayu Pada Rumah

Anda akan mengecat ulang dinding rumah kayu, lalu ada banyak persiapan yang perlu Anda lakukan khususnya jika Anda akan mengecat di dalam ruangan. Anda perlu menutup semua perabotan di dalam rumah Anda jika tidak ingin mendapatkan bekas cat yang akan merusak penampilan.

Jika cat menetes pada lantai atau karpet jangan langsung panik karena cat water based sangat mudah untuk dihilangkan yaitu hanya menggunakan air hangat. Nah lalu persiapan yang harus Anda lakukan untuk mengecat ulang?

Anda wajib menutup bagian kusen dengan lakban khusus, menutup perabotan rumah dengan plastik, singkirkan karpet rumah Anda dan tutup lantai dengan kertas koran namun lebih baik gunakan kain kanvas tebal.

  • Menghilangkan Lapisan Cat Lama

Dinding Anda pasti masih memiliki lapisan cat yang lama menempel walaupun tidak rata. Namun jika lapisan cat lama tidak dihilangkan maka akan mengganggu penetrasi atau peresapan dari lapisan cat yang baru.

Anda bisa menggunakan bahan khusus atau cairan khusus dari solvent based jika Anda yakin lapisan cat lama Anda menggunakan cat solvent. Namun jika lapisan cat lama adalah cat water based maka Anda bisa menggunakan water based remover.

Untuk menggunakan cairan ini pastikan Anda menggunakan sarung tangan dan masker karena bahan ini adalah cairan yang keras.

Pastikan semua lapisan cat terkelupas, selalu ikuti petunjuk penggunaan remover untuk menghilangkan lapisan cat yang lama. Jika masih ada sisa cat yang mengelupas pada lantai pastikan cat sudah Anda buang karena debu dari cat mengelupas akan merusak dinding yang baru.

  • Menyamakan warna kayu

Dinding yang sudah digunakan dalam waktu lama pasti akan memiliki perbedaan warna dari satu bagian dan bagian lainya. Jika Anda ingin mendapatkan warna yang sama maka Anda harus menggunakan bahan pemutih atau bleaching kayu untuk menyamakannya.

Gunakan pemutih kayu yaitu White Agent 250 yang akan mencerahkan warna kayu Anda dan memudahkan proses pengecatan ulang. Gunakan sarung tangan dan juga masker sebelum menggunakannya dengan aplikasi kuas.

Pertama campurkan White Agent 250 dengan air perbandingan 1:1 kemudian aplikasikan dengan kuas ke seluruh permukaan dinding kayu. Setelah itu Anda bisa menunggu kering sekitar 4 hingga enam jam. Warna kayu akan berubah dan jika masih ada beberapa bagian yang terlalu gelap Anda bisa menguaskan bahan sekali lagi hanya pada bagian tersebut saja.

Langkah kedua adalah dengan membilas menggunakan air. Gunakan sponge yang terkena air dan Anda bisa mengaplikasikannya pada kayu ke seluruh bagian. Setelah itu tunggu hingga benar-benar kering.

Anda akan mendapatkan permukaan kayu dengan warna sama hanya dengan dua langkah tersebut.

Memulai Pengecatan Dinding Kayu dengan Cat Water Based

Dalam pengecatan kali ini Anda bisa menggunakan cat water based seri Biovarnish mulai dari wood filler, wood stain hingga clear coat.

Menggunakan Cat Tembok Kayu Saat Ramadhan

Mula-mula cari bagian dinding yang rusak seperti retak atau goresan. Bagian tersebut harus ditutup dengan Biovarnish wood filler. Isi bagian rusak dengan wood filler menggunakan pisau palet. Anda bisa mengisi bagian tersebut hingga penuh tunggu kering sekitar 20 menit.

Setelah semua retakan terisi Anda bisa menggunakan amplas nomor 240 dan amplas bagian tersebut hingga halus dan rata. Maka Anda akan mendapatkan permukaan cacat dinding tidak terlihat dan kembali rata.

Pilih warna Biovarnish wood filler sesuai dengan warna kayu dengan empat pilihan warna yaitu sungkai, jati, ramin dan juga mahoni.

Setelah aplikasi wood filler selesai Anda bisa beralih menggunakan Biovarnish wood stain yang memiliki 20 pilihan warna natural. Anda bisa menggunakannya dengan dicampur air terlebih dahulu sebanyak 4 bahan : 1 air dan aduk hingga benar- benar rata.

Aplikasikan wood stain secara merata dengan kuas searah serat dinding kayu. Tunggu cat mengering benar sekitar 60 menit dan Anda bisa mulai mengamplas kembali dengan amplas 400 secara ambang saja.

Pengulangan aplikasi wood stain dapat dilakukan jika Anda belum mendapatkan warna yang diinginkan. Namun ingat warna akan bertambah gelap semakin banyak Anda melapisinya.

Terakhir adalah lapisan dari Biovarnish Clear Coat. Anda bisa mulai menggunakannya dengan dicampur air pebrandingan 2 bahan : 1 air setelah itu gunakan kuas untuk meratakan cat ke seluruh bagian.

Lakukan dengan arah yang sama seperti Anda mengaplikasikan wood stain. Anda bisa mengaplikasikan searah serat kayu. Setelah itu tunggu cat mengering dan lakukan pengamplasan dengan kertas amplas 400 secara ambang saja.

Cat pada lapisan terakhir akan mengering dengan benar dalam waktu satu malam. Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dan permukaan dinding yang baru.

Setelah kering barulah Anda bisa membuka lakban kertas pada kusen jendela dan juga mengembalikan furnitur serta hiasan dinding yang menempel.

Kelebihan dari cat water based yang Anda gunakan ini adalah tidak menimbulkan bau seperti halnya cat solvent. Anda tidak akan bermasalah dengan ruangan yang harus ditunggu beberapa hari hingga bau cat benar-benar menghilang.

Bahkan hanya dalam waktu 60 menit saja Anda bisa melakukan pengecatan kembali karena cat lebih cepat kering. Anda bisa menyelesaikan proses pengecatan bahkan hanya dalam waktu satu hari saja.

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.