Udah Pada Tahu Cara Membuat Serat Kayu Buatan? Yuk Intip Disini

Banyak para DIY yang memilih untuk menggunakan kayu murah untuk melakukan percobaan finishing. Mengapa finishing pun harus melakukan percobaan? Tentu saja, karena hasil finishing yang buruk pastinya akan mengecewakan. Anda tentu tak ingin meja atau furniture kayu yang sudah susah payah dibuat akhirnya tidak terpakai karena warna yang kurang menarik, iya bukan? 

Lalu bagaimana cara untuk membuat tampilan kayu yang biasa saja menjadi luar biasa? Trik yang bisa Anda gunakan adalah artificial wood grain. Mungkin di kalangan para pengrajin, teknik ini sudah terdengar biasa. Artificial wood grain adalah teknik menciptakan serat buatan dengan bantuan alat bernama rubber grain. 

Senang mendengarkan ada teknik ini? Bagi Anda yang ingin meningkatkan tampilan dari kayu buatan seperti triplek, plywood, MDF atau barecore sekalipun perlu mencoba trik ini. Alat yang digunakan sudah jelas yaitu rubber grain sedangkan untuk cat, Anda bisa menggunakan produk Biovarnish. 

Keistimewaan dari Biovarnish yang utama ketika menerapkan trik ini adalah bahan cat yang begitu mudah untuk dibentuk. Ketika dikuas atau ditarik menggunakan rubber grain, cat akan membentuk lapisan berwarna yang begitu indah. Penasaran kan bagaimana cara menggunakannya. 

Persiapan Substrat Kayu sebelum Membentuk Serat Kayu

Tahapan persiapan adalah yang pertama dan wajib dilakukan oleh semua DIY. Tak ada persiapan maka hasil finishing tidak halus. Hal ini juga berlaku jika Anda akan melakukan finishing rustic. Khusus untuk finishing serat kayu buatan, ada tiga langkah yang harus dilakukan. 

Pertama mengamplas hingga halus, kedua mengaplikasikan warna dasar dan ketiga membuat lapisan sanding sealer. Masing-masing dari langkah ini ada beberapa teknik yang harus dilakukan. Yuk intip caranya disini. 

Cara Mengamplas Kayu agar Halus

Siapa yang tidak suka dengan proses mengamplas? Kebanyakan tukang kayu tidak menyukainya, karena pekerjaan ini sangat membosankan. Bagaimana tidak, mengamplas butuh waktu yang lama apalagi jika jenis kayu yang di amplas sangat keras. Anda bahkan perlu bantuan dari mesin. 

Karena Anda hendak melakukan finishing pada jenis kayu seperti plywood, maka bantuan dari balok kayu saja sudah cukup. Berikut ini langkah mengamplasnya:

  1. Siapkan amplas alumunium oxide nomor 220 yang dibalutkan pada balok kayu. 
  2. Lihat arah serat pada veneer, kemudian amplas searah dengan serat tersebut. 
  3. Amplas sambil ditekan dan dapatkan hasil yang halus. Raba permukaan sesekali untuk merasakan hasilnya. 
  4. Bersihkan debu amplas dengan kain yang kering jangan basah. Jika perlu gunakan mesin vakum. 

Permukaan kayu harus dipastikan bersih dan bebas dari debu. Sehingga nantinya debu tidak membentuk finishing seperti kulit jeruk yang tidak rata. Debu akan terjebak di bawah lapisan coating dan membuat tampilannya kotor. 

Cara Mengaplikasikan Stain pada Kayu

Pada tahapan kedua, Anda harus memberikan warna pada kayu. Biovarnish menyediakan lapisan coating bernama Biovarnish liquid stain. Pewarnaan ini bertujuan agar kayu memiliki warna dasar yang lebih tajam daripada warna aslinya. Sehingga serat kayu buatan nantinya akan memiliki warna yang lebih tajam. 

Ada 20 pilihan warna Biovarnish liquid stain, tapi untuk warna yang tepat Anda bisa memilih warna walnut brown. Tipsnya adalah tidak mengaplikasikan terlalu tebal, cukup tipis saja sehingga hasilnya terlihat natural. Berikut ini langkah-langkah mengaplikasikannya:

  1. Larutkan Biovarnish liquid stain dengan air. Gunakan perbandingan 2:1 kemudian aduk hingga merata.
  2. Kuaskan stain searah serat veneer tipis saja, tak perlu penekanan kuas. Sehingga tidak muncul efek brush mark. 
  3. Diamkan stain mengering, kayu tidak perlu dijemur. Selama 60 menit lapisan akan mengering nantinya. 
  4. Setelah kering, gunakan amplas alumunium oxide nomor 400. Amplas permukaan secara ambang saja. Bersihkan debu amplas. 

Lapisan stain hanya perlu dilapisi wood stain satu lapisan saja. Jadi Anda harus bisa merapikan dan mengaplikasikan secara menyeluruh dalam satu kali sapuan kuas. Hati-hati dalam memilih warna, jangan terlalu gelap karena nantinya Anda akan melapisinya dengan glaze. 

Cara Mengaplikasikan Sanding Sealer

Masih dalam tahapan persiapan, lapisan terakhir yang dibutuhkan adalah sanding sealer. Lapisan ini tujuannya adalah untuk membuat glaze dan clear coat lebih menempel serta memperkuat lapisan dasar pada permukaan kayu. 

Biovarnish sanding sealer menghasilkan warna transparan, jadi Anda tidak perlu takut warna akan berubah. Berikut cara menggunakannya:

  1. Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air, gunakan perbandingan 2:1. Cat harus larut dengan merata.
  2. Kuaskan cat ke permukaan kayu, langkahnya sama seperti mengaplikasikan stain. Karena warnanya yang transparan, usahakan menggunakan lampu yang terang. 
  3. Diamkan sanding sealer agar mengering tanpa harus dijemur. 
  4. Terakhir amplas permukaan hingga halus dengan amplas nomor 400. Bersihkan debunya. 

Membentuk Serat Kayu Buatan dan Lapisan Film Akhir

Pada langkah kedua sekaligus akhir ini, Anda akan membentuk serat kayu buatan. Bagaimana caranya? Tidak sulit jika belajar dan berlatih terus menerus. Fleksibilitas adalah kunci untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

Pada bagian akhir, Anda bisa melapisinya dengan pernis kayu. Biovarnish juga telah menyediakan lapisan pernis yang transparan dengan dua tampilan akhir yaitu gloss dan matte. So, sudah siap melakukannya? 

Cara Membuat Serat kayu Buatan

Saatnya membentuk serat kayu buatan, ini adalah langkah yang paling menyenangkan dan menantang. Salah mengaplikasikan, Anda masih bisa mengulanginya tetapi hanya satu kali, karena warna gelap dari glaze akan mengubah warna dasar pada kayu. 

Bahan yang digunakan adalah Biovarnish glaze warna black atau brown, bahkan bisa juga warna putih. Anda bisa memilihnya sesuai selera. Berikut cara mengaplikasikannya:

  1. Larutkan Biovarnish glaze dengan air, tidak ada perbandingan air. Anda hanya perlu mengencerkannya dengan sedikit air, karena hasil warnanya sangatlah gelap. 
  2. Kuaskan glaze secara merata dengan kuas, jangan lupa ikuti arah serat. 
  3. Tak perlu menunggu kering, langsung gunakan rubber grain. Tarik rubber grain dengan mengikuti bentuk permukaannya yang melengkung hingga terbentuklah serat kayu yang jelas. 
  4. Proses pembentukan dimulai dari bagian tengah kayu, kemudian sambung di bagian kanan dan kirinya hingga membentuk serat secara keseluruhan. 

Ada beberapa bagian sulit yang harus dilatih, yaitu fleksibilitas tangan ketika menarik rubber grain. Menyambung bagian serat di kanan dan kiri tidak boleh terlihat seperti terputus. Kedua hal ini harus dilatih hingga akhirnya Anda lancar dan mendapatkan hasil yang tampak alami. 

Cara Memberikan Lapisan Film 

Biovarnish clear coat merupakan pernis kayu water based yang proses aplikasinya sangat mudah. Tidak perlu thinner sebagai bahan pelarut, melainkan hanya air. Jika serat kayu sudah selesai dibuat, Anda hanya perlu menunggunya kering selama 20 menit kemudian lanjutkan dengan aplikasi Biovarnish clear coat. 

Berikut ini langkah aplikasi dari Biovarnish clear coat:

  1. Larutkan clear coat dengan air, kemudian lanjutkan dengan proses penguasan. 
  2. Arah sapuan kuas harus sama dengan arah serat kayu buatan. Lakukan hingga hasilnya sehalus mungkin. 
  3. Terakhir diamkan kayu mengering selama semalaman. 

Selama mencoba. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH