Meremajakan Furnitur dengan Cat Pengkilap Kayu Paling Tahan Lama

Anda memiliki furnitur yang sudah kusam dan ingin diremajakan kembali? Adanya furnitur yang kusam memang karena usia yang mengharuskan furnitur tersebut memiliki penampilan yang kusam. Ada banyak faktor yang mempengaruhi furnitur menjadi kusam yaitu karena adanya perubahan cuaca, goresan karena digunakan terlalu sering dan juga Anda tidak menggunakan cat pengkilap kayu berkualitas.

Mungkin bukan Anda yang memberikan lapisan cat terdahulu namun karena pabrik furnitur yang memilih jenis cat buruk dengan harga murah. Namun jika sudah memiliki penampilan yang kusam mau tidak mau Anda harus memulai proyek restorasi atau peremajaan tampilan furnitur Anda.

Melakukan proyek peremajaan tampilan furnitur bukan suatu hal yang sulit karena Anda cukup menggunakan jenis cat yang berkualitas lebih tahan lama daripada sebelumnya dan Anda bisa menggunakan sesuai yang telah diterangan pada kemasan.

Lalu apa saja yang perlu Anda perhatikan dan perlukan ketika sedang mencari jenis cat berkualitas dan bagaimana perlakukan yang perlu Anda lakukan dalam mempersiapkan furnitur sebelum finishing ulang?

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan semua jawabannya mulai dari cara menacari dan mendapatkan cat pengkilap kayu yang tepat hingga bagaimana Anda mempersiapkannya.

Cara Memilih Jenis Cat Pengkilap Kayu Berkualitas

Meremajakan Furnitur Dengan Cat Pengkilap Kayu Paling Tahan Lama

Anda ingin mendapatkan jenis cat pengkilap kayu yang tahan lama? Tentu semua merk cat akan menawarkan kelebihan tersebut kepada Anda. Namun manakah yang akan memberikan Anda kepuasan dari hasil akhir yang telah Anda lakukan keesokan harinya?

Jika Anda memilih secara sembarangan belum tentu Anda akan mendapatkannya. Nah kini saatnya Anda bertindak seperti profesional yang akan memberikan kemudahan dan juga akan memberikan Anda hasil akhir yang sangat menarik.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda dapatkan jika Anda ingin mendapatkan cat pengkilap berkualitas. Perluas informasi Anda mengenai produk yang saat ini banyak diminati oleh pasar. Anda bisa mencarinya melalui sosial media Anda. Namun sebelum masuk ke  tentukan apakah jenis hasil finishing yang Anda inginkan.

Apakah Anda menginginkan hasil akhir warna natural maka Anda bisa bertanya mengenai wood stain atau pernis yang digunakan. Bahkan jika perlu gunakan sanding sealer yang berkualitas. Jika Anda ingin mendapatkan hasil akhir warna solid tanyakan cat solid bahkan cat enamel yang bisa digunakan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan hasil sesuai dengan yang diinginkan.

Tanyakan kepada beberapa profesional atau beberapa penghobi di bidang kayu. Anda akan mendapatkan jawabannya secara singkat. Tentunya Anda akan mendapatkan beberapa merk yang akan mudah Anda dapatkan di toko bangunan setempat.

Jika cat berkaulitas yang disarankan sulit untuk didapatkan jangan lupa untuk menanyakan dimana Anda bisa mendapatkannya. Selanjutnya jika Anda sudah banyak mendapatkan referensi yang tepat maka Anda harus mencobanya.

Percobaan dapat Anda lakukan sendiri dengan menggunakan beberapa potongan kayu dengan jenis kayu yang sama dengan furnitur yang Anda miliki. Pastikan Anda memiliki kayu yang sama karena jika kayu berbeda bahkan warna yang berbeda maka Anda akan mendapatkan hasil yang juga beda.

Setelah Anda mendapatkan hasilnya pilih produk manakah yang akan Anda gunakan. Melihat dari hasil dan juga cara aplikasinya. Bayangkan Anda sedang melakukan proyek peremajaan pada furnitur sendiri dan apakah sulit untuk dilakukan.

Salah satu produk yang disarankan di sini untuk digunakan adalah produk cat water based Biovarnish. Produk ini tentu sangat mudah untuk diaplikasikan dengan hasil yang maksimal dan mengkilap sempurna.

Anda cukup menggunakan kuas dan juga air untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Semakin mudah Anda mendapatkannya maka akan semakin cepat Anda menyelesaikan proyek Anda.

Selain dari cat yang berkualitas Anda juga perlu mencari jenis bahan yang merupakan poles kayu untuk perawatan furnitur yang tentu saja akan mendukung cat pengkilap kayu. Bahan poles yang biasanya digunakan adalah Biopolish.

Gunakan bahan poles kayu yang memang diperuntukan untuk furnitur yaitu Biopolish Beeswax. Produk ini bisa Anda gunakan dengan mudah tentunya yaitu hanya dengan memoleskannya dengan kain yang tidak berbulu, bersih dan kering pada permukaan furnitur.

Anda perlu menggunakan Biopolish sedikit saja karena terlalu banyak bahan yang digunakan justru akan membuat furnitur menjadi lengkat bahkan timbul warna putih di permukaan. Dalam jangka yang lama akan menimbulkan jamur.

Jadi selain hemat penggunaan Anda bisa menggunakan Biopolish setiap tiga minggu sekali. Penampilan akan lebih terjaga dan ketahanan dari furnitur bisa bertahan lebih lama.

Persiapan yang Perlu Dilakukan dalam Proses Peremajaan Furnitur

Setelah Anda mendapatkan jenis produk yang diinginkan selanjutnya adalah mempersiapkan furnitur untuk proses peremajaan tampilan furnitur. Jika Anda ingin mendapatkan furnitur yang cepat bersih maka Anda bisa menghilangkan lapisan cat lama dengan menggunakan bahan kimia atau remover.

Disarankan Anda menggunakan remover yang berbahan dasar air karena lebih aman. Namun tetap jangan lupa untuk menggunakan masker dan juga sarung tangan untuk menjaga keamanan saat bekerja.

Untuk memulainya lepaskan semua bagian furnitur. Jika Anda ingin mengecat kabinet pastikan semua bagian laci telah dilepaskan dan dipisahkan. Ambil semua bagian yang terbuat dari logam karena akan rusak jika terkena paint remover.

Meremajakan Furnitur Dengan Cat Pengkilap Kayu Paling Tahan Lama

Anda bisa memulai untuk membersihkan beberapa bagian logam tersebut dengan menggunakan cairan pembersih khusus logam. Kemudian simpan karena Anda akan memasangnya kembali ketika proyek pengecatan sudah selesai.

Proses selanjutnya adalah menghilangkan lapisan cat yang lama. Caranya adalah dengan menggunakan remover. Pastikan Anda menuang semua cairan merata ke permukaan furnitur. Tunggu beberapa saat kemudian kelupas secara hati-hati dengan pisau remover.

Anda tentu tidak ingin merusak permukaan furnitur jadi pastikan hanya lapisan cat lama saja yang terkelupas.

Anda akan melihat warna dari kayu asli dan masih ada beberapa bagian tipis cat yang menempel. Anda bisa menggunakan amplas nomor 180 dan menggunakan hand sander untuk pekerjaan lebih ringan dan juga cepat.

Hilangkan sisa lapisan tipis cat dengan amplas kemudian pastikan Anda juga mendapatkan permukaan yang rata. Jika ada bagian berlubang karena rayap segera suntikan bahan pembasmi rayap seperti BioCide Insecticide.

Setelah Anda mendapatkannya maka Anda bisa mengisi bagian lubang dengan Biovarnish wood filler. Pilih warna yang mendekati warna kayu Anda. Setelah itu Anda tunggu kering. Jika lubang terlalu besar Anda bisa mencampurkan wood filler dengan serbuk kayu.

Amplas kembali bagian yang telah diisi dengan wood filler kemudian permukaan furnitur akan berubah menjadi rata dan halus. Kini saatnya Anda mempersiapkan cat pengkilap kayu dan memulai proyek peremajaan.

Tips: Anda akan melakukan pengecatan ulang yang halus dan rata jadi pastikan Anda mendapatakan persiapan yang matang. Tanpa permukaan yang halus Anda akan mendapatkan hasil akhir finishing yang kasar dan bahkan bermasalah. Pastikan Anda sudah memahami proses dan tahapan persiapan furnitur ini.

 

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH