10 Tips Cara Memilih Meja TV Ruang Keluarga yang Aman dan Eco Friendly

Memiliki ruang keluarga yang aman berarti Anda juga harus memiliki furniture yang eco friendly. Ruangan yang aman bukan hanya ruangan yang nyaman untuk digunakan oleh keluarga namun penentuan apakah ruangan tercemar dari bahan kimia berbahaya atau tidak. Pencemaran bisa terjadi kapan saja dan juga di mana saja.

Ruang keluarga dapat tercemar dari masalah pembakaran atau asap dari luar ruangan. Tidak hanya karena masalah dari luar saja namun penentuan bahan finishing pada dinding atau furniture juga sangat berpengaruh. Jangan abaikan toxic yang terdapat dalam cat. Anda tidak sadar karena racun yang tercemar di udara tidak terlihat bahkan Anda menghirupnya setiap hari.

Jika Anda menyepelekan hal ini maka bherbagai macam gangguah kesehatan dapat dialami baik yang berbentuk ringan maupun berat. Meja TV yang paling berperan penting dalam ruangan, fungsinya tidak hanya menyangga televisi namun berbagai keperluan seerti penyimpanan barang dan juga memperindah ruangan.

Meja TV yang aman adalah meja yang telah Anda pilih berdasarkan syarat atau furnitur eco friendly. Jika Anda sudah memilih sesuai dengan keamanan maka Anda tidak perlu khawatir untuk masalah kesehatan di masa mendatang.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika sedang memilih furniture seperti meja TV yang eco friendly.

  1. Beli Furniture warisan

Furnitur meja TV yang paling ramah lingkungan adalah furnitur yang disimpan keluar dari TPA. Ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang investasi dalam furnitur berkualitas yang telah dibangun untuk bertahan lama. Anggap saja seperti ruang makan nenek Anda yang mungkin telah diwariskan beberapa generasi. Dengan membeli lebih sedikit dan menginvestasikan sedikit lebih banyak uang ke furnitur Anda akan menyelamatkan Anda dan lingkungan dalam jangka panjang.

  1. Adopsi gaya Hidup Minimalis
Meja TV Ruang Keluarga Yang Aman

Di hari ini dan usia, mentalitas konsumeris melumpuhkan ke lingkungan. Dengan memiliki lebih sedikit secara umum, seperti furnitur, Anda akan mengurangi limbah kontribusi Anda, yang akan mengurangi jejak karbon Anda. Gaya hidup minimal menanamkan mentalitas “kurang lebih” dengan fleksibilitas. Anda dapat mengurangi jumlah yang Anda miliki dengan membeli barang-barang yang praktis dan multiguna. Bangku rendah juga bisa berfungsi ganda sebagai meja samping ketika tidak digunakan sebagai tempat duduk lain.

  1. Beli Furniture meja TV dari Kayu Bersertifikat

Sudah diketahui bahwa pohon merupakan bagian integral dari bumi yang menjaga keseimbangannya. Sayangnya, penebangan hutan dan metode pemanenan yang tidak berkelanjutan telah menghancurkan sumber daya alam ini. Ketika mencari pilihan furnitur hijau, cari furnitur kayu yang dibuat dari hutan yang dipanen secara lestari, pertanian pohon, dan bahkan kayu reklamasi. Produk yang disertifikasi di bawah Forest Stewardship Council (FSC) untuk memastikan bahwa kayu yang digunakan telah dipanen secara lestari.

  1. Temukan Produk yang Dibuat Dengan Bahan Daur Ulang

Bahan daur ulang memerlukan pemrosesan yang jauh lebih sedikit dan sumber daya yang lebih sedikit daripada yang dibutuhkan untuk memproduksi materi baru. Membeli produk yang dihasilkan dari bahan daur ulang membantu mendukung pasar untuk bahan daur ulang. Sangat penting untuk menyadari apa arti “dapat didaur ulang”. Cari produk yang bersertifikat Cradle to Cradle (C2C), dan hindari produk yang “hibrida”, yang tidak dapat dipisah dan didaur ulang dengan tepat.

  1. Beli Furnitur Yang Dapat Didaur Ulang

Furnitur meja TV  ramah lingkungan harus mudah didaur ulang. Cari produk yang terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang dan dapat dibongkar dengan mudah untuk didaur ulang begitu mereka telah mencapai akhir masa pakai mereka. Memilih furnitur yang dapat didaur ulang akan membantu menjauhkan mereka dari TPA dan akan memungkinkan mereka dibuat ulang dan dibuat ulang.

  1. Carilah Furnitur Bambu

Bambu adalah bahan yang super berkelanjutan. Tumbuh cepat, tahan lama, dan mudah digunakan. Ini adalah material yang sangat serbaguna, yang dapat dibuat menjadi lantai serta perabotan modern. Meskipun mungkin tampak seperti kunci untuk membuat furnitur ramah lingkungan, itu tidak sempurna. Beberapa hal yang harus diperhatikan dengan bambu: Furnitur bambu dipegang bersama oleh lem, yang dapat mengandung bahan kimia yang keras dan beracun seperti formaldehida. Sementara bambu umumnya ditanam di Cina dengan sedikit pestisida, tanaman bambu menggunakan satu ton air dan dapat menyedot semua nutrisi di dalam tanah.

  1. Memilih Kayu  bekas
Meja TV Ruang Keluarga Yang Aman

Furnitur yang terbuat dari kayu reklamasi mendaur ulang kayu dari bangunan tua, furnitur, pagar tua, dan banyak tempat lainnya. Karena kayu adalah bahan yang dapat bertahan lama, terutama jika sudah dirawat, menyusun kembali itu adalah cara hijau untuk memaksimalkan efisiensi sumber daya.

  1. Toksisitas meja TV rendah

Beberapa bahan yang digunakan untuk membuat furnitur dibuat dengan bahan kimia yang terus melepaskan zat ke udara, yang dikenal sebagai offgassing. Semuanya offgasses, yang mungkin atau mungkin tidak berbahaya tergantung pada bahan yang terbuat dari atau telah ditangani. Bahan kimia seperti flame retardants dan formaldehyde adalah yang paling umum, dan akibatnya paling beracun, bahan kimia yang ditemukan dalam furnitur. Cara terbaik untuk menghindari racun dari penyerangan dengan gas beracun adalah mencari furnitur yang telah diperlakukan dengan bahan alami atau tidak dirawat, seperti kayu alami. Sofa yang telah dilapisi dengan kapas organik cenderung tidak menggunakan dengan bahan kimia.

  1. Flame Retardant Free

Alih-alih offgassing seperti bahan kimia lainnya, flame retardants jatuh dari pelapis. Ini karena mereka adalah bubuk, yang kemudian dapat bercampur dengan debu dan bulu hewan peliharaan di sekitar rumah. Sementara penghambat nyala api dimaksudkan untuk membuat Anda tetap aman, tidak ada banyak bukti bahwa mereka benar-benar melakukan apa pun selain melepaskan asap beracun saat sofa Anda terbakar. Hindari produk yang dibangun dengan busa dan pilih wol, lateks alami, atau kapas sebagai gantinya. Anda juga dapat memeriksa dengan produsen untuk mengetahui apakah ada retardants api yang digunakan.

  1. Lakukan Riset Anda

Saat mencari furnitur ramah lingkungan, sebaiknya lakukan penelitian sebelum membeli. Jangan takut untuk bertanya. Cari tahu dari mana asal kayu di furnitur Anda, bahan kimia apa yang telah dirawat dengan furnitur Anda, dan biasakan diri Anda dengan berbagai persyaratan sertifikasi seperti Greengaurd dan BIFMA. Selain riset dari bahan furnitur yang digunakan, Anda juga perlu memastikan di mana Anda bisa mendapatkan furnitur yang aman dan ramah lingkungan ini.

Pada dasarnya Anda bisa mendapatkan dimana saja karena furnitur ramah lingkungan kini sudah mulai dengan mudah untuk dicari. Jika Anda ingin membeli meja TV bekas maka pastikan kekuatan setiap kaki masih bagus dan perhatikan bagian belakang yang sering terkena jamur. Hindari pembelian furnitur yang menggunakan plywood. Pada furnitur bekas kayu plywood akan berjamur dan melengkung.

Ketelitian dalam membeli meja TV menjadi pengetahuan utama yang harus Anda miliki. Jangan sampai Anda mendapatkan barang yang bekas dan berkualitas buruk.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH