Kenali Apa Itu Kayu Meranti dan Berbagai Olahannya yang Banyak Dijual

Indonesia adalah salah satu negara dengan luas hutan yang sangat besar oleh karena itu banyak sekali hasil alam yang dihasilkan dan dimanfaatkan oleh manusia. Ada banyak hasil alam salah satunya adalah kayu. Kayu adalah hasil alam yang banyak digunakan untuk membuat segala kebutuhan manusia mulai dari hal yang kecil hingga besar.

Apa saja kebutuhan manusia yang menggunakan kayu? Misalnya saja rumah, furniture, kerajinan untuk dekorasi rumah, bahkan beberapa kendaraan menggunakan kayu seperti rumah, kendaraan bermotor semua awalnya menggunakan kayu sebelum manusia mengenal baja.

Kayu adalah material yang bisa menyesuaikan cuaca dimana kekuatannya akan tetap sama dan dapat diandalkan. Jenis kayu keras seperti kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai adalah jenis-jenis kayu mahal yang dulu mudah ditemukan namun tidak seperti sekarang yang cukup sulit dan mahal. Oleh karena itu jenis kayu dengan kualitas di bawah kayu tersbeut pun dipilih seperti kayu meranti.

Kayu meranti adalah salah satu jenis kayu yang berasal dari genus Shorea yangada 70 spesies lain yang termasuk dalah genus ini selain kayu meranti. Kayu ini digunakan untuk berbagai macam kebutuhan bangunan dan furniture namun harus dipilih yang berkualitas. Karena banyaknya manfaat dari kayu meranti sebaiknya perhatikan bagaimanan ciri kayu meranti yang asli agar tidak salah beli.

  1. Berta jenis kayu

Walaupun digunakan sebagai konstruksi rumah namun kayu meranti bukan berarti memiliki bobot yang berat. Namun justru bebena dari kayu meranti cukup ringan. Beban yang ringan ini biasanya sekitar 0,3 hingga 0,86 setelah kayu selesai dalam proses pengeringan. Sebaiknya Anda menanyakan pada pemilik toko kayu untuk memastikan berapa berat jenis kayu meranti sebelum membelinya.

  1. Warna kayu

Kekuatan kayu meranti juga bisa dilihat dari warna kayunya. Setiap kayu akan memiliki warna yang berbada bahkan ketika kayu selesai dipanen dan masih dalam satu jenis. Yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana kayu meranti memiliki warna pada umumnya. Secara umum kayu meranti memiliki warna kayu gubal lebih pucat yakni warna merah yang lebih muda. Sedangkan pada kayu terasnya kayu meranti memiliki warna merah mudah kecokelatan lebih tua. Bahkan adapula warna kayu teras yang merah tua.

  1. Kekuatan kayu
Kenali Apa Itu Kayu Meranti Dan Berbagai Olahannya

Jika dilihat dari kekuatan kayunya yang cuku baik, kayu ini termasuk kelas kuat II hingga IV. Kekauatan yang tinggi sangat cocok apabila digunakan sebagai bahan bangunan seperti kayu untuk atap rumah. Disamping dengan kekuatannya kayu meranti juga memiliki kelas awet yakni kelas awet III-IV. Kelas awet ini adalah ketahanan yang tidakterlalu baik jika terkena cuaca secara langsung. Kayu akan mudah berjamur dan juga mudah terkena rayap. Jadi jangan gunakan sebagai furniture luar ruangan.

  1. Harga kayu meranti

Jika dilihat dari harga kayu dengan kelas yang sama kayu meranti sangat mudah didapatkan. Kayu ini memiliki masa penan yang cukup cepat sehingga jika ingin mendapatkan kayu dengan harga murah akan cepat dan mudah mendapatkannya di toko kayu terdekat.

  1. Struktur kayu

Karena kekuatan dan kelas awetnya kayu meranti memilik struktur yang keras sehingga untuk mengalami perubahan bentuk akibat cuaca tidak akan terlalu signifikan perubahannya. Anda akan dengan mudah tidak perlu khawatir dengan masalah kayu yang akan menghancurkan rumah karena penyusutan yang terlalu banyak. Struktur yang kuat juga membuat kayu meranti lebih mudah untuk digunakan sebagai penyangga atap.

  1. Kemudahan proses pengeringan

Kelebihan dari ciri kayu meranti ini akan menguntungkan para pengolah kayu menjadi lumber. Kayu meranti adalah jenis kayu yang mudah dikeringkan dan cenderung cepat. Bentuk dan ukuran kayu yang baru saja dipanen kemudian dikeringkan cukup stabil dan tidak mengalami perubahan yang besar. Inilah yang mempengaruhi kekuatan dan keawetan kayu nantinya. Ketika kayu meranti di oven hanya membutuhkan waktu 7 hari dimana jenis kayu lainnya membutuhkan waktu hingga 10 hari. Kayu meranti membutuhkan tingkat kelembaban sekitar 15% untuk mendapatkan tingkat kelenturan yang terbaik.

Walaupun memiliki ciri dengan banyak kelebihan, kayu meranti juga memiliki kekurangan sebelum diolah. Mengetahui kekurangan ini akan memberikan keuntungan untuk cara pengolahan yang benar. Kekurangan yang pertama adalah ketidak awetan kayu dari jamur dan rayap. Kayu yang keras sayangnya mudah dimakan oleh rayap dan dirusak oleh jamur.

Kekurangan yang selanjutnya adalah kayu memiliki tekstur yang kasar. Kayu keras yang memiliki tekstur kasar akan sulit untuk proses pengamplasan dan penghalusannya sebelum finishing. Padahal jika menghendaki finishing halus maka pengamplasan membutuhkan lebih tenaga dan berlangsung cukup lama belum lagi jumlah amplas yang dibutuhkan pun banyak.

Macam-Macam Olahan dari Kayu Meranti

Setelah mengenal berbagai macam kelebihan maupun kekurangan kayu meranti lalu jenis olehan apa saja yang membutuhkan kayu ini?Jika digunakan di dalam ruangan rumah maka jenis furniture apa saja yang cocok menggunakan kayu meranti? Berikut ini jenis-jenis olahan kayu furniture yang bisa saja Anda pilih.

  • Sofa

Kayu meranti memiliki tekstur yang kasar dan keras maka jika Anda tidak ingin menggunakannya terlihat Anda bisa membalutnya dengan kain. Dengan kata lain Anda bisa menggunakannya sebagai bahan baku sofa. Kayu meranti tidak akan terlihat namun kekuatannya akan sangat baik ketika digunakan sebagai kerangka sofa. Sofa di rumah akan bertahan lama dengan lapsan kain dan cushion yang telah Anda pilih.

  • Meja rias

Warna kayu meranti yang merah sangat apik apabila Anda mengolahnya menjadi meja rias. Warna kemerahan dari kayu meranti dapat diekspose hanya menggunakan vernis kayu saja. Anda tidak perlu menutup serat kayu meranti yang lurus dan beraturan karena di sanalah daya tarik dari kayu ini. Sehingga Anda tidak perlu lagi bingung untuk memilih bahan finishing.

  • Meja tamu
Kenali Apa Itu Kayu Meranti Dan Berbagai Olahannya

Kayu meranti adalah pilihan yang baik untuk digunakan sebagai meja tamu Anda akan mendapatkan meja tamu dengan warna kemerahan disesuaikan dengan gaya yang diinginkan. Walaupun proses finishing yang halus butuh usaha keras Anda justru memiliki kesempatan untuk melakukan finishing rustik dengan permukaan kayu yang tidak rata. Finishing rustik akan memberikan kesan artistik di dalam ruang tamu Anda.

  • Meja belajar anak

Jika Anda berencana menggunakan kayu meranti maka menggunakannya sebagai meja belajar anak adalah pilihan yang tepat. Berat dari kayu meranti yang ringan membuat kayu ini cocok digunakan sebagai meja belajar anak. Apabila Anda tidak ingin anak Anda berada dalam bahaya ketika menggunakan meja maka kayu meranti yang ringan akan aman. Selain itu Anda bisa menggunakan warna cat menarik untuk memberikan meja belajar sesuai kesukaan anak Anda.

Inilah jenis furniture yang bisa Anda ciptakan dengan menggunakan kayu meranti. Nah untuk menjaga furniture kayu meranti tahan lama maka jangan lupa untuk menggunakan cat kayu water based yang akan memberikan perlindungan maksimal.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH