Resep Ampuh Cara Mengkilapkan Kayu Paling Dicari dan Mudah Diikuti

Jika kayu Anda tidak difinishing, bersihkan saja dengan menggunakan kain microfiber kering, karena kelembaban dapat merusak kayu. Untuk menentukan apakah apakah furnitur tidak difinishing, tambahkan setetes air ke permukaan. Jika air tidak menyerap maka terdapat lapisan pernis dan jika menyerap dan meninggalkan bekas (yang akan mengering), itu belum difinishing.

Menurut situs web produsen merek terkenal, produk poles furnitur yang dibeli di toko dirancang untuk menonjolkan kilau kayu dan memoles serta melindungi furnitur Anda. Tetapi di sini tidak semua kayu dan kayu selesai dibuat sama dan karena spesimen dan pernis yang berbeda memiliki persyaratan yang berbeda, , produk poles furnitur bukanlah solusi semua-dalam-satu. Bahkan, produk poles furnitur dapat benar-benar merusak beberapa kayu selesai!

Lebih lanjut, dan inilah kesalahpahaman, itu bahkan tidak membersihkan apa pun! Akan tetapi, hal itu akan menumpulkan finish dan meninggalkan perabotan Anda dari waktu ke waktu. Jadi menurut pendapat profesional saya, tinggalkan , produk poles furnitur yang dibeli di toko dari peralatan pembersihan Anda. Namun, Anda harus mendengarkan apa yang dikatakan produsen, dan jika disarankan untuk membersihkan atau memoles kayu dengan produk tertentu pada frekuensi tertentu, maka itulah yang harus Anda lakukan.

Jika Anda menemukan bahwa kayu Anda benar-benar kusam karena terbentuknya poles furnitur, Anda akan melihat kabut atau goresan yang tidak dapat Anda hilangkan. Anda bisa menggunakan pembersih enzim nabati untuk doleskan di atas kayu selama beberapa menit untuk mengangkatnya, lalu bersihkan dengan kain katun dan keringkan.

Tinjau petunjuk pada botol untuk waktu oles yang tepat, dan perhatikan bagaimana enzim memecah pembentukan untuk mengungkapkan kilau alami kayu. Jika Anda menginginkan peretasan yang lebih cepat dan lebih murah, cukup rendam dua kantong teh hitam selama 10 menit dalam air mendidih. Biarkan teh dingin, dan kemudian celupkan kain katun bersih ke dalam teh. Peras di atas potongan kayu dan diamkan sebentar, lalu mulailah menyeka. Tanin dalam teh akan memecah kulit kusam dan lilin untuk mengungkapkan keindahan alami kayu.

Jika Anda memiliki bekas panas atau air, Anda dapat mengembalikan kayu dengan menerapkan mayones ke area tersebut, membiarkannya semalaman dan kemudian mengoleskannya ke meja di pagi hari. Mayones akan bekerja dengan sangat cepat dan banyak ibu rumah tangga yang membuktikannya.

Kunci untuk menjaga furnitur kayu Anda dalam kondisi prima adalah perawatan pencegahan. Selalu bersihkan tumpahan yang mengotori segera setelah terjadi dan coba gunakan alas piring dan tatakan gelas bila memungkinkan. Sebaiknya pastikan semuanya dekoratif yang ditempatkan di furnitur Anda memiliki bantalan atau sesuatu yang serupa di bagian bawah. Selain itu, usahakan untuk menjaga furnitur kayu Anda dari perapian dan radiator yang dapat melenyapkan kelembapannya.

Selain cara alami di atas sebagai resep yang bahan-bahannya sangat mudah ditemukan Anda bisa menggunakan beberapa produk aman seperti beeswax dan wax. Wax kayu sering mengandung beeswax dan menciptakan segel pelindung pada kayu, yang menjaga kelembaban dan mengusir noda dan kelembaban yang dapat merusak perabotan kayu Anda. Alih-alih hasil mengkilap dicapai dengan cat kayu, wax kayu akan meninggalkan lebih dari kilau bersinar.

Wax atau semir berwarna atau berpigmen bisa Anda dapatkan ini, dapat meningkatkan warna kayu pada hasil finsihing. Wax berpigmen akan menyembunyikan torehan, goresan, atau cacat pada warna kayu atau hasil akhir. Waxing dengan pigmen akan membuat kilau satin. Anda juga dapat menerapkan kembali cat yang jelas atau wax di atas wax berpigmen jika Anda menginginkan kilau yang lebih mengkilap.

Wax bening sesuai untuk semua perabotan kayu, terlepas dari jenis atau warna kayu. Wax yang jelas menyinari kayu hingga hasil akhir yang mengkilap. Wax yang terlalu banyak untuk dioleskan akan membuat kayu tampak kusam dan tidak bernyawa. Kunci untuk mendapatkan kilau yang tinggi adalah dengan menerapkan satu lapisan lilin dan poleslah.

Cat kayu digunakan untuk melindungi kayu dari lecet dan memberikan tampilan yang mengkilap pada furnitur Anda. Poles kayu dapat menguap dengan cepat tetapi jauh lebih mudah diaplikasikan daripada wax kayu.Berikut ini beberapa resep poles kayu sederhana yang bekerja dengan sangat baik pada furnitur kayu:

  • Mineral Oil dan Vinegar Wood Polish
  • Satu cangkir minyak mineral
  • Satu gelas cuka putih

Minyak mineral digunakan untuk melembabkan dan melindungi perabotan kayu dari noda, tumpahan, dan cairan sementara cuka membersihkannya. Tuangkan campuran ke dalam botol dan Anda siap untuk aplikasii! Jika Anda tidak suka bau cuka, cobalah cat kayu beraroma lemon ini:

  • Minyak Mineral dan Ekstrak Lemon
  • Satu liter minyak mineral
  • Satu sendok makan ekstrak lemon
  • Aduk campuran dan simpan dalam gelas atau wadah plastik

Pilih antara wax atau poles berdasarkan resep di atas danapa yang sesuai untuk finishing kayu Anda. Jika kayu Anda memiliki lapisan lilin, tempelkan dengan cat minyak. Jika kayu Anda memiliki lapisan minyak, tempelkan dengan cat minyak. Kumpulkan alat dan perlengkapan Anda sebagai berikut:

  • Semir kayu atau wax kayu
  • Kain katun bersih
  • Sikat bulu yang lembut
  • Kain buffing yang lembut

Aplikasi poles kayu:

    Resep Ampuh Cara Mengkilapkan Kayu Paling Dicari
  • Aplikasikan cat kayu langsung pada kain katun bersih
  • Mulailah menyeka dengan searah serat kayu
  • Jika furnitur kayu Anda memiliki detail yang rumit, oleskan cat kayu langsung dengan kuas berbulu halus dan terus gunakan gerakan melingkar
  • Jika perabotan Anda membutuhkan lebih banyak semir kayu, aplikasikan lapisan lain dan tunggu hingga benar-benar set
  • Gunakan kain buffing yang lembut untuk menghilangkan cat kayu yang berlebihan

Aplikasi Waxing

  • Oleskan sedikit wax kayu langsung ke kain katun bersih
  • Mulailah menyeka dengan searah serat, mulai dari satu posisi dan kerjakan jalan keluar
  • Biarkan wax kayu mengatur selama satu jam
  • Ulangi langkah satu sampai tiga jika Anda merasa furnitur kayu Anda membutuhkan lebih banyak perlindungan
  • Buff menggunakan kain buffing yang bersih dan lembut untuk menghilangkan sisa wax kayu atau menggunakan penyangga mekanis.

Tentunya sangat mduah menggunakan resep alami di atas terutama jika Anda ingin mendapatkan hasil yang mengkilap. Untuk menggunakan resep alami ini sebaiknya Anda melakukan percobaan terlebih dahulu pada bagian kecil furnitur kayu yang tidak terlalu terlihat. Perhatikan apakah hasil yang akan diberikan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sekali lagi jika Anda ingin menggunakan resep alami di atas maka Anda perlu melakukan pengamplasan pada furnitur terlebih dahulu terlebih jika furnitur Anda telah dilapisi dengan cat vatau pernis sebelumnya. Pastikan semua lapisan lama hilang dan Anda bisa memulai finishing dari awal menggunakan resep yang baru.

Tips agar berhasil adalah ketika Anda menggunakan buff. Pastikan Anda memoles dan menggunaka kain bersih agar hasilnya rapi dan mengkilap dengan baik.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH