Kayu Cedar, Jenis Kayu untuk Furniture Terbaik

Apakah Anda sudah memilih dan mendapatkan kayu terbaik untuk furniture? Ada banyak sekali jenis kayu paling kuat dan awet dapat digunakan. Contohnya kayu jati, kayu ini adalah kayu yang banyak ditemukan dan sangat terkenal banyak tumbuh di hutan tropis di Asia.

Ketika Anda menggunakan kayu jati maka tidak perlu khawatir karena kayu ini akan menciptakan sebuah furniture dengan kualitas terbaik. Ketahanannya nomor 1 dan bisa mencapai berpuluh-puluh tahun lamanya.

Namun selain kayu jati, apakah ada jenis kayu lain yang memiliki kualitas sama? Apakah harganya mahal dan bagaimana dengan kualitasnya? Ada salah satu jenis kayu yang terbaik bukan hanya di Asia bahkan di dunia, namanya adalah kayu cedar.

Kayu cedar adalah jenis kayu yang dapat tumbuh di 2 musim atau negara 4 musim. Namun di setiap negara kualitas kayu cedar akan berbeda. Contohnya saja di Jepang, sebelumnya apakah Anda pernah mendengar teknik shou sugi ban? Teknik ini digunakan untuk pengawetan kayu cedar yang memang banyak tumbuh di Jepang.

Kayu cedar adalah kayu yang memiliki kekuatan kelas I dan keawetan kelas I. Walaupun memiliki kelas kuat dan kelas awet tinggi namun teknik shou sugi ban diciptakan untuk membantu agar kayu bisa lebih tahan lama. Teknik ini memerlukan pembakaran pada kayu cedar sehingga memberikan perlindungan yang baik pada kayu tidak mudah dimakan oleh rayap.

Hasilnya kayu cedar dapat awet bertahun-tahun bahkan tampilan dari permukaannya sangat menarik. Nah inilah mengapa kayu cedar sangat banyak digunakan di seluruh dunia.

baca juga : jenis jenis kayu yang kuat dari kalimantan

Kelebihan Kayu Cedar yang Memukau untuk Furniture

Jika kayu cedar banyak digunakan di seluruh dunia apa saja kelebihannya ketika digunakan sebagai bahan baku furniture? Apakah kayu cedar adalah kayu yang sama kelasnya dengan kayu mahoni? Atau kayu jati belanda atau bahkan kayu sonokeling?

Mari cermati kelebihan-kelebihan dari kayu cedar berikut ini.

  1. Warna kayu

Pertama kali yang dilihat dari furniture kayu adalah warnanya. Di berbagai belahan dunia rata-rata warna kayu cedar hampir sama. Inilah yang membuat kayu cedar mudah untuk dikenali. Warna kayu cedar adalah cokelat muda dan juga krem yang terletak pada kayu terasnya sedangkan pada kayu gubalnya warnanya adalah putih.

Kayu Cedar, Jenis Kayu Untuk Furniture Terbaik

Beberapa kayu cedar yang berasal dari negara empat musim bahkan berwarna cokelat kemerahan, warna yang sama dimiliki kayu jati ketika selesai ditebang.

  1. Serat kayu

Selain warna serat kayu adalah kelebihan yang dimiliki oleh kayu cedar. Serat yang berbentuk garis lurus memiliki bercak kehitaman yang merupakan bekas dahan yang merupakan mata kayu. Seratnya berbentuk vertikal dengan garis yang sering melengkuk.

  1. Resin kayu

Sama seperti kayu jati, kayu cedar juga memiliki resin khusus namun tidak hanya untuk mengusir serangga namun mengeluarkan aroma wangi yang enak. Banyak orang yang memanfaatkan resin kayu cedar ini sebagai bahan aroma terapi atau kecantikan. Akan sangat mudah mengetahui kayu cedar asli melalui aromanya ini. Jadi bisa dikatakan kekuatan sama dengan kayu jati.

  1. Unsur ketahanan

Pernahkah Anda melihat pohon kayu cedar yang tumbuh di negara 4 musim? Pohon cedar mampu bertahan di musim dingin dengan suhu minus. Bahkan ketika musim panas datang phon cedar mampu bertahan di suhu yang panas. Melihat kemampuannya bertahan tentu saja bisa ditebak bagaimana kekuatan kayunya setelah diubah menjadi furniture. Inilah yang membuat kualitas ketahanan dari kayu cedar sangat tinggi.

Tidak hanya furniture saja namun penggunaan kayu cedar sebagai kayu yang digunakan menjadi lantai atau bahkan konstruksi rumah. Anda juga bisa menggunakannya sebagai dek kolam renang.

  1. Ukuran kayu

Ketika masuk masa tebang maka kayu cedar sama seperti kayu jati, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk panen. Pada saatnya panen maka kayu cedar yang dapat ditebang haruslah berukuran standar yakni tinggi dan besar.

Ketinggian kayu cedar bisa mencapai 30 hingga 60 meter dengan diameter utama pohon mencapai 5 meter. Dengan begitu ukuran kayu cedar bisa lebih besar daripada kayu jati. Bukan tidak mungkin untuk membuat furniture yang berukuran besar.

Melihat banyaknya kelebihan dari kayu cedar tentu Anda tidak perlu ragu untuk membeli furniture yang terbuat dari kayu ini. Tenang saja harga furniture kayu cedar biasanya tidak semahal dari kayu jati kampung.

Perawatan Furniture Kayu Cedar

Ketika Anda sudah membeli dan memiliki furniture terbuat dari kayu cedar bukan berarti Anda tidak melakukan perawatan. Sehebat apapun jenis kayu yang digunakan perawatan adalah hal penting yang sering dilupakan. Padahal semakin baik perawatan yang dilakukan maka akan semakin tahan pula furniture yang Anda miliki.

Kayu Cedar, Jenis Kayu Untuk Furniture Terbaik

Lalu apa sih kunci utama dari perawatan furniture? Apakah Anda harus membersihkannya setiap hari atau memolesnya setiap hari? Tentu saja tidak ada beberapa aspek yang perlu dipenuhi yakni berikut ini:

  1. Lapisan Finishing

Tidak ada yang bisa menandingi perlindungan yang diberikan oleh lapisan cat. Semakin baik lapisan cat yang digunakan maka akan semaki baik pula perlindungan yang diberikan. Lapisan cat pada furniture kayu cedar akan memberikan lapisan coating di permukaan yang membuatnya bernfungsi sebagai bahan pelindung dari luar.

Ketika furniture terkena panas atau hujan maka pada bagian luar furniture yang akan terkena terlebih dahulu. Bahkan jika terkena goresan dari benda keras maka lapisan coatinglah yang terlebih dahulu akan rusak. Inilah perawatan dasar yang harus dimiliki oleh seluruh furniture kayu cedar.

  1. Penggunaan furniture

Bagaimana Anda akan menggunakan furniture akan menentukan bagaimana membersihkannya dengan benar. Misalnya saja pada top table, Anda akan meletakan gelas panas atau gelas dingin di atasnya. Maka sebagian besar air akan mentes jika gelas dingin yang bisa saja menimbulkan bekas pada permukaan furniture kayu cedar.

Air harus segera dibersihkan jika Anda ingin meja tetap bersih. Air yang terlalu lama akan menimbulkan noda yang bahkan susah untuk dihilangkan. Cara menggunakan furniture dengan benar adalah kunci utama mengetahui cara membersihkannya dengan baik.

  1. Memoles kayu

Tidak ada yang melarang jika Anda menyayangi furniture antik dari kayu cedar. Nilainya yang antik harus dijaga dengan memoles furniture hingga mengkilap kembali. Anda bisa memoles furniture setidaknya satu bulan hingga dua bulan sekali.

Bahan poles yang digunakan harus ditentukan sejak awal, pastikan bahan poles yang digunakan adalah bahan poles kayu yang aman. Contohnya saja seperti beeswax. Anda bisa menggunakan produk beeswax yang dipoles secara tipis.

Produk beeswax akan memperkuat lapisan cat luar sehingga tahan terhadap goresan, jamur, rayap, bahkan debu. Adanya debu akan menimbulkan goresan yang cukup dalam pada furniture kayu cedar.

Dengan cara ini Anda akan merawat dan mendapatkan furniture kayu cedar lebih tahan lama.

Artikel "Featured"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.