Belum Menemukan Pernis Kayu untuk Meja Makan? Inilah Pilihannya

Memilih pernis untuk meja makan bisa menjadi satu hal yang sulit bagi DIY. Warna dan jenis pernis manakah yang akan memberikan perlindungan terbaik adalah kesulitan yang harus dilalui.

Apakah terdapat pernis tertentu yang cocok untuk diaplikasikan pada meja makan? Mungkin hal inilah yang harus Anda ketahui terlebih dahulu. Meja makan adalah salah satu furniture yang harus memiliki gaya dan aman digunakan karena bersentuhan dengan makanan.

Pernis yang dipilih juga harus kuat karena top table pada meja akan sering bersentuhan dengan mangkuk panas, tumpahan air dan resiko tergores yang sangat tinggi. Setelah aplikasi vernis pun Anda juga perlu melakukan perawatan meja makan yang dilakukan secara rutin.

Mengetahui jenis-jenis pernis mulai dari keuntungan dan kelemahannya adalah hal yang sangat penting. Temukan semua jawabannya hingga Anda menemukan jenis pernis kayu yang tepat dalam artikel ini.

Pernis yang Biasa Digunakan untuk Finishing Meja Makan

Pernahkah Anda memikirkan terdapat jenis pernis khusus yang hanya digunakan untuk meja makan? Jika ada maka sangat mudah untuk menemukan pernis yang cocok. Bahkan harga pernis kayu murah turut menjadi pertimbangan yang sangat penting untuk para pengrajin dan DIY.

Sayangnya tidak ada pernis kayu yang digunakan khusus untuk meja makan. Anda harus memilihnya dari berbagai jenis pernis kayu yang digunakan untuk finishing furniture secara umum. Walaupun begitu, dari beberapa pernis tersebut berikut ini jenis pernis kayu yang sering digunakan untuk dining table.

  • Pernis kayu natural

Pernis pertama yang masih sering digunakan oleh pengrajin adalah pernis kayu natural. Terbuat dari bahan alami yang didapatkan dari beberapa jenis pohon khusus. Bahan berasal dari pohon yang masih hidup atau fosil pohon yang sudah sangat lama.

Belum Menemukan Pernis Kayu Untuk Meja Makan? Inilah Yang Harus Anda Dilakukan

Bahan ini disebut sebagai resin yang kemudian dilarutkan bersama dengan minyak. Kemudian untuk proses aplikasinya, pernis perlu dilarutkan kembali dengan bahan khusus seperti thinner.

  • Pernis kayu natural yang dimodifikasi

Terbuat dari bahan utamanya adalah pernis kayu natural kemudian dicampur dengan bahan kimia khusus. Resin pada umumnya dibuat melalui cara dipanaskan dengan gliserin untuk membentuk gum. Setelah membentuk gum maka akan berbentuk seperti pernis yang biasanya digunakan.

Pernis kayu yang dimodifikasi ini biasanya dijual sangat murah bentuk kiloan tanpa merk. Anda harus berhati-hati dengan jenis pernis ini karena murah maka kualitasnya tidak dapat dipastikan.

  • Pernis kayu dengan bahan sintetis

Disebut sebagai synthetic varnish yang diproduksi untuk membentuk lapisan seperti plastik yang mengkilap. Dibuat menggunakan bahan-bahan kimia seperti nitrocellulose. resin amino, silicon dan lainya.

Semua bahan kimia tersebut dicampurkan dengan resin natural yang akan membentuk pernis kayu. Cara aplikasinya mirip dengan pernis kayu natural yaitu perlu ditambahkan thinner.

  • Pernis kayu water based

Salah satu pernis yang sangat berbeda ini terbuat dari bahan yang aman yaitu air. Bahan yang digunakan adalah resin dengan bahan khusus yang akan menyatukan resin dan air. Proses finishing pernis perlu diencerkan kembali dengan air sebelum masuk proses aplikasi.

Bahan khusus yang menyatukan resin dan air adalah teknologi terbaru sehingga membuat pernis ini cukup mahal dipasaran. Namun Anda tidak perlu membeli thinner sebagai bahan pelarut. Jika ditotal maka budget finishing bisa lebih murah.

Jenis Pernis Kayu yang Dibutuhkan oleh Meja Makan

Kebutuhan antar furniture kayu berbeda, Anda tidak bisa menggunakan pernis kayu indoor untuk furniture outdoor. Sama halnya dengan meja makan, Anda perlu memilih pernis yang spesifikasinya benar-benar dibutuhkan oleh meja tersebut.

Apa saja kebutuhan dining table yang harus dimiliki oleh pernis kayu? Berikut ini ciri-cirinya:

  • Keamanan

Pada saat melakukan finishing pada kayu yang akan bersentuhan dengan makanan maka keamanan adalah prioritas Anda. Pernis kayu harus bebas dari bahan kimia berbahaya yang akan mempengaruhi kesehatan dan lingkungan. Ketika bersentuhan dengan makanan yang langsung dimakan misalnya buah harus tetap aman.

Belum Menemukan Pernis Kayu Untuk Meja Makan? Inilah Yang Harus Anda Dilakukan

Bahan kimia yang harus dibatasi penggunaannya bahkan dilarang adalah seperti toluene, formalin, lead, merkuri dan bahan yang dapat mengeluarkan gas beracun lainnya. Pastikan juga pernis tidak mengeluarkan bau yang menyengat dan membuat Anda pusing.

  • Ketahanan

Kini berlanjut pada ketahanan yang dimaksud adalah perlindungan yang diberikan pada furniture. Ingat bahwa meja makan sering digunakan mudah menimbulkan tampilan goresan. Ketika terkena benda panas dapat menimbulkan bekas memutih yang sulit untuk dihilangkan.

Pernis harus memiliki lapisan coating yang kuat, tahan terhadap panas, dingin dan perubahannya. Pastikan Anda membaca label perlindungan apa saja yang diberikan pada pernis tersebut. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan setelah pernis mengering.

  • Berpenampilan menarik

Pernis adalah bahan finishing yang menghasilkan tampilan transparan. Tampilan ini perlu diingat harus bisa bertahan lebih lama daripada yang Anda bayangkan. Transparansi dari pernis harus bisa mengeluarkan warna dan serat kayu menjadi lebih menarik.

Hindari menggunakan pernis kayu yang awalnya transparan kemudian menampilkan efek warna menguning setelah beberapa kali penggunaan. Perubahan tersebut juga merupakan ciri dari kandungan bahan kimia berbahaya yang tinggi.

  • Tingkat glossy

Apakah tingkat glossy yang tepat untuk diaplikasikan pada meja? Hal ini biasanya terlewatkan dan masih berhubungan dengan tampilan furniture. Anda tentu tidak ingin memperlihatkan furniture berpenampilan seperti dilapisi dengan plastik namun bisa tetap mengkilap.

Belum Menemukan Pernis Kayu Untuk Meja Makan? Inilah Yang Harus Anda Dilakukan

Gunakan pernis yang memberikan tampilan gloss. Pernis tersebut akan memberikan perlindungan terhadap goresan. Sedangkan jika Anda ingin memiliki furniture dengan tampilan yang lebih natural, gunakan pernis kayu matte.

Perawatan Meja Makan Setelah Selesai Di finishing

Apabila Anda telah menemukan manakah jenis pernis kayu yang dibutuhkan, kini saatnya Anda melakukan perawatan. Apapun jenis pernis yang Anda gunakan perawatan adalah wajib hukumnya untuk dining table.

Selesai melakukan perjamuan makan, top table harus segera dibersihkan. Perhatikan bagian mana saja dari meja yang terkena tumpahan air atau terkena gelas dan mangkuk panas. Kondisi gelas dingin juga dapat merusak permukaan pernis dengan cepat.

Walaupun Anda telah menggunakan pernis tahan panas, kebersihan harus tetap dijaga. Selalu bersihkan menggunakan kain katun kering. Khusus untuk tumpahan air jangan gosok dan tekan kain hingga cairan meresap dengan sempurna.

Belum Menemukan Pernis Kayu Untuk Meja Makan? Inilah Yang Harus Anda Dilakukan

Ketika akan menghidangkan makanan, gunakan alas piring, gelas dan peralatan makan lainnya. Meminimalisir sentuhan langsung dengan permukaan meja akan tetap menjaga furniture awet.

Lakukan juga pemolesan setiap satu bulan sekali. Gunakan bantuan dari mesin buffer yang akan memoles secara merata permukaan meja makan. Pilih bahan poles kayu yang aman dengan bahan dasar Beeswax.

Poles tipis permukaan meja, Anda bisa melakukan pada seluruh permukaan meja atau pada bagian top table saja. Pastikan bahan poles merata dan tidak terlalu berlebihan. Tampilan meja akan tetap mengkilap sekaligus terlindung dari serangan jamur dan rayap.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH