Lebih Dekat dengan Desain Minimalis dari Sejarah sampai Modern Ini

Ke mana pun Anda berpaling, perancang lain merilis proyek yang menampilkan gaya desain minimalis. Fokus pada ruang, kesederhanaan dan tipografi yang indah ini menyegarkan. Dan itu adalah opsi yang bagus untuk sejumlah proyek desain. Itu mungkin salah satu alasan desain minimalis sangat populer.

Tetapi tren ini tidak baru. Minimalisme telah ada hampir sepanjang desain itu sendiri. Ini adalah teknik yang populer kemudian menurun, tetapi selalu tetap sebagai salah satu gaya klasik, menjadikannya sebagai pilihan desain yang hampir banyak disukai.

Apa itu Desain Minimalis?

Desain minimalis dapat diidentifikasi dengan kerangka yang sederhana di alam. Hanya elemen yang diperlukan untuk fungsionalitas yang termasuk dalam desain.

Unsur-unsur seperti warna dan tipografi juga digunakan dengan penekanan pada kesederhanaan dengan palet yang sangat terbatas yang mungkin hanya mencakup satu warna atau jenis huruf. Detail dan ruang adalah faktor desain yang benar-benar menentukan estetika.

Sejarah Singkat

Anda dapat menemukan elemen-elemen minimalis dalam desain, seni dan arsitektur di hampir setiap periode waktu. Gaya ini memiliki ketiadaan waktu yang membuat para desainer terus datang kembali.

Akar dari minimalis seperti yang kita kenal sekarang dapat ditelusuri ke tiga periode kunci, menurut sejarah desain minimalis oleh Oleg Mokhov:

  • Gerakan seni de stijl: Antara 1917 dan 1930-an, “de stijl” – Belanda untuk “gaya” – mendorong ide-ide sederhana dan lebih abstrak dengan fokus pada warna dan bentuk menggunakan garis, persegi panjang, putih dan hitam, dan warna primer.
  • Arsitek seperti Van Der Rohe: Arsitek pasca Perang Dunia I menggunakan bahan dengan garis bersih, kerangka struktural sederhana dan banyak ruang terbuka.
  • Desain Tradisional Jepang: Ketika Anda memikirkan budaya Jepang tradisional, kesederhanaan dan Zen mungkin datang ke pikiran, elemen-elemen ini adalah bagian dari budaya dari pakaian tembikar ke desain lain.

Minimalis Modern Ini

Desain minimalis dari periode saat ini tidak begitu berbeda dari pada banyak era lainnya. Pengenalan sering kali bagaimana minimalis digunakan dengan tren lainnya. Jadi sekarang Anda mungkin akan melihat kerangka minimalis dengan elemen desain datar atau dengan video.

Konsep minimalis yang sebenarnya tidak terlalu banyak berubah. Banyak perancang, terlepas dari periode waktu, sering membuat proyek menggunakan skema warna yang didominasi warna putih dan hitam, banyak ruang – terutama untuk perbatasan dan di sekitar gambar sentral, dan sans serif tipografi. Itu bukan untuk mengatakan ini adalah persyaratan desain minimalis, tetapi mereka adalah pengenal yang cukup umum, tanpa memandang periode waktu.

Apa yang benar-benar kita lihat dengan minimalis sekarang adalah fokus yang berbeda pada satu konten, tanpa persaingan dari elemen lain. Ini bisa berupa foto, logo atau blok teks sederhana. Elemen seperti navigasi atau informasi kontak atau footer hampir tersembunyi dalam desain.

Lebih Dekat Dengan Desain Minimalis

Desainer juga mulai memasukkan animasi ke dalam desain situs web menggunakan minimalis. Meskipun ini dapat menjadi rumit dapat menarik koneksi yang indah antara desain klasik dan modern.

Tren minimalisme utama lainnya adalah ukuran teks. Desainer memilih ukuran dramatis – super kecil atau raksasa – huruf dengan latar belakang tumpuk dan gambar sederhana. Kontras tinggi sangat bagus untuk menciptakan fokus dalam kerangka sederhana dan penekanan pada konten “benar” dalam desain.

Cara Menciptakan Desain Minimalis

Rencanakan dengan tujuan yenag tepat untuk merancang desain minmalis. Kedengarannya sederhana, tetapi itu saja yang benar-benar perlu Anda lakukan. Setiap elemen, warna dan font dalam desain proyek minimalis perlu memiliki alasan untuk dimasukkan.

Mulai proyek Anda dengan tujuan. Apa yang orang-orang yang berinteraksi dengan desain yang seharusnya dilakukan dengan itu? Bagaimana Anda mendapatkannya di sana? Meskipun ini terdengar sederhana, ini bisa menjadi sedikit lebih rumit daripada yang Anda pikirkan. Dan mungkin Anda perlu membuang elemen desain umum.

Minimalisme adalah tentang kembali ke dasar-dasar kontras, ruang, organisasi, warna, visual dan tipografi dominan.

  • Kontras: Skema hitam dan putih sangat populer karena secara bawaan mereka mengandung banyak kontras antara elemen. Tetapi setiap kontras tingkat tinggi bekerja. Gunakan konsep yin dan yang untuk memasangkan elemen dengan kekuatan yang berlawanan seperti teks dan gambar besar dan kecil, ruang terbuka dan elemen tunggal, warna lain dengan banyak kontras, desain mencolok dengan jenis huruf yang rumit.
  • Ruang: Minimalis dibangun di ruang angkasa, dan saat Anda tidak perlu menyertakan ruang putih dalam jumlah besar, elemen yang membuat manusia bernapas dengan mudah adalah suatu keharusan. Setiap bagian dalam teka-teki desain harus memiliki ruang untuk berdiri sendiri dalam desain. Garis-garis minimal jarang terasa sempit dan bekerj menjadi lebih baik untuk membuat ruangan terlihat lebih besar atau luas.
  • Organisasi: Silakan gunakan kotak. Kembali ke beberapa akar minimalis dan penggunaan garis dan persegi panjang. Bahkan garis-garis itu dapat kita lihat memengaruhi perasaan pengguna tentang desain. Grid akan membuat Anda tetap teratur dan desain Anda terasa harmonis.
  • Warna: Kontras dan warna sering disatukan dalam diskusi tentang desain minimalis, tetapi merupakan visual yang terpisah. Warna dapat menciptakan kontras, dan itu adalah bagian penting dari proses perencanaan. Terlalu banyak desainer yang mencoba untuk menggunakan warna terlalu sedikit atau berpikir bahwa minimal harus hitam dan putih. Palet harus disederhanakan; alih-alih dua sampai empat warna dari skema warna tradisional, cobalah untuk menempel satu warna dalam kerangka terang dan / atau gelap.
  • Visual dominan: Jangan terjebak dalam terlalu banyak jebakan visual. Pilih satu hal dan jadikan dominan (perhatikan dominan, tidak harus besar). Dominasi link langsung ke kontras untuk menggunakan teknik dalam konser. Saran untuk visual yang dominan termasuk gambar, blok teks atau elemen dengan warna yang mengejutkan.
  • Tipografi: Penggunaan umum dalam sebagian besar kerangka minimalis adalah tipografi serif sans dan itu adalah opsi yang bagus. Pergi dengan tipografi yang memiliki garis bersih dan goresan sederhana. Tipografi tebal atau tipis dapat digunakan, tergantung pada pesan yang ingin Anda sampaikan. Jika Anda menggunakan tipe sebagai elemen dominan, pertimbangkan jenis huruf dengan lebih banyak gaya atau kepribadian untuk kontras.

Minimalis adalah salah satu tren desain yang tidak pernah menjadi tua. Kesederhanaannya membuat minimalis menjadi mudah untuk dimasukkan ke dalam sejumlah gaya dan tren lainnya. Ini klasik dan berkelas. Ia bekerja dengan dan menekankan banyak jenis konten yang berbeda.

Lebih Dekat Dengan Desain Minimalis

Desain minimalis akan terus mengambil alih bangak desain ruangan, furnitur dan juga berbagai macam jenis desain yang membutuhkan sifat minimalis. Ini akan berevolusi dan berubah karena preferensi desain selalu dilakukan, tetapi akar dari teknik ini akan tetap ada.

Jadi bagaimana apakah Anda akan menggunakan desain minimalis untuk rumah Anda? Jika iya wujudkan desain minimalis Anda sekarang juga.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH