9 Tips untuk Mengecat Lemari Kayu Kecil Anak-Anak agar Cepat dan Aman

Lemari menjadi sebuah furnitur yang penting dimiliki setiap keluarga, tidak terkecuali Anda. Furnitur ini dapat kita temukan diberbagai ruang, dari mulai ruang tamu, ruang makan, sampai ruang tidur. Umumnya lemari diperuntukan menyimpan berbagai macam barang seperti, pakaian, menyimpan piring, cangkir, buku, sampai mainan anak.

Bagi anak, lemari menjadi lebih personal, mereka cenderung menginginkan sebuah lemari yang sesuai dengan kegemarannya. Mereka sering meminta sebuah lemari yang memiliki warna sesuai warna favoritnya. Tidak jarang juga anak akan meminta sebuah lemari yang ada gambar karakter idolanya. Namun untuk memenuhi hal tersebut perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Jika Anda merupakan orang tua yang kreatif masalah ini dapat diatasi. Dengan kreativitas yang Anda miliki, Anda dapat mengkreasikan lemari anak dengan berbagai cara, salah satunya mengecat ulang lemari anak. Mengecat lemari anak-anak seringkali menjadi tantangan tersendiri. Biasanya lemari anak berukuran kecil. Tetapi seringkali anak ingin memberikan berbagai dekorasi di bagian lemarinya, ini yang membuat repot. Perlu mempersiapkan beberapa hal dan tahapan sebelum Anda bisa mulai mengecat lemari anak Anda.

Memilih cat, mempersiapkan material, mempersiapkan alat dan lain sebagainya menjadi pekerjaan rumah tersendiri. Tidak ingin masalah tersebut membebani anda ?. Di sini akan dijelaskan bagaimana Anda bisa mempersiapkan proses pengecatan lemari anak dengan lebih mudah.

Ikuti terus 9 tips yang akan membantu persiapan finishing hingga selesai proses finishing untuk lemari anak menjadi lebih mudah.

9 Tips Mengecat Lemari Kayu Anak

  • Memilih cat yang tepat

    Temukan Cara Aplikasi Cat Duco Kayu Pada Plywood untuk Hasil Warna Terbaik

Sudahkah Anda memilih cat untuk lemari anak yang aman? Perlu diingat bahwa lemari anak tersebut akan diletakan di dalam kamar anak Anda. Jadi pastikan Anda memilih cat yang memilik kadar toxic rendah, menghindari cat yang menyebarkan gas beracun ketika proses pengeringan. Perlu untuk menggunakan cat yang tidak memberikan dampak negatif bagi kesehatan anak.

Cat yang bebas dari kandungan toxic biasanya terbuat dari air. Mejatuhkan pilihan ke cat water based adalah keputusan yang tepat. Kandungan toxic seperti voc di dalam cat ini rendah karena cat ini mengguakan bahan dasar air. Anda tidak perlu lagi khawatir akan gas beracun yang keluar dari permukaan lemari selama proses pengeringan.

  • Memilih warna yang disukai anak

Anak-anak memiliki warna favoritnya. Memilih warna yang tidak mereka sukai bisa menjadi masalah. Perhatikan warna apakah yang anak Anda sukai. Apakah mereka menyukai warna-warna seperti merah, kuning, pink atau biru, hijau, dan abu-abu ?

9 Tips Untuk Mengecat Lemari Kayu Kecil Anak-Anak

Jika iya, maka gunakanlah warna-warna tersebut. Padukan warna cat untuk lemari dengan warna kamar anak Anda. Jangan sampai warna lemari bertabrakan dengan warna dinding. Bahkan bila Anda memiliki kemampuan menggambar bisa menambahkan karakter favoritnya di lemari anak Anda.

  • Pisahkan lemari dengan perangkat keras

Persiapan yang seringkali terlupakan adalah tidak melepaskan perangkat keras yang menempel sebelum mengecat. Perangkat keras yang dimaksud seperti, knop pintu, gagang pintu lemari yang terbuat dari besi, kunci lemari. Padahal bagian-bagian tersebut merupakan bagian yang penting untuk disingkirkan. Karena bagian-bagian tersebut beresiko menimbulkan karat.

Perangkat keras tersebut apabila tidak dilepaskan akan mudah terkena cat pada saat proses pengecatan. Pastikan Anda melepaskan dan menyimpan bagian-bagian tersebut ditempat yang gampang untuk menemukan supaya mempermudah pemasangannya kembali.

  • Gunakan elektrik sander

    Tips Aplikasi Sanding Sealer Water Based yang Tepat

Jika Anda ingin pekerjaan cepat selesai maka sebisa mungkin hindari untuk mengamplas secara manual. Pengamplasan perlu dilakukan secara singkat dengan mesin amplas. Anda bisa menyewa di beberapa tempat persewaan.

Atau Anda bisa meminjam pada tetangga Anda yang tukang kayu. Selain cepat, hasil yang diberikan akan lebih halus dibandingkan dengan pengamplasan manual. Pastikan Anda mengamplas semua bulu kayu hingga bersih.

  • Mempersiapkan banyak amplas

Pengamplasan dilakukan pada saat persiapan material hingga mengamplas antara lapisan coating. Artinya dibutuhkan banyak kertas amplas dan pastikan stok di rumah yang akan digunakan mencukupi. Tidak hanya banyak saja, namun jumlah stok yang digunakan sebaiknya bervariasi.

9 Tips Untuk Mengecat Lemari Kayu Kecil Anak-Anak

Kertas amplas yang digunakan untuk kayu adalah aluminium oxide. Siapkan kertas amplas masing -masing nomor mulai dari nomor 120 hingga 400 sebanyak lima lembar. Jangan lupa beli dalam ukuran besar karena Anda akan menggunakannya dengan mesin amplas.

  • Siapkan kain katun yang bersih

Selain kertas amplas Anda juga membutuhkan kain katun yang bersih. Anda bisa membelinya di toko kain yang menyediakan kain dan dijual secara kiloan. Belilah dalam jumlah yang mencukupi untuk kegiatan mengecat anda.

Kain berfungsi penting untuk menghilangkan debu amplas. Bahkan Anda juga bisa menggunakannya untuk aplikasi dempul kayu. Peranannya yang sangat penting jadi jangan sampai terlupakan.

  • Beli kuas atau roll yang mencukupi

    Mana yang Harus Digunakan, Kuas Busa atau Kuas Bulu?

Anda akan menciptakan beberapa lapisan cat, jangan sampai alat yang digunakan kurang atau tidak memenuhi standar untuk aplikasi yang halus. Perlu disediakan kuas untuk lapisan cat dasar, lapisan cat warna dan lapisan top coat.

Sebaiknya masing-masing lapisan menggunakan kuas yang baru. Jika Anda terpaksa menggunakan kuas bekas. Pastikan kuas tersebut tidak memiliki bulu yang rontok dan benar-benar bersih dari bekas warna cat sebelumnya.

Pilih tipe kuas yang memiliki bulu yang sesuai dengan jenis cat. Misalnya untuk cat yang berbahan dasar air gunakan kuas bulu nilon. Cat dengan bulu alami digunakan untuk cat jenis solvent. Masing-masing bulu kuas berbeda jadi pastikan Anda telah menanyakan pada penjual untuk mendapatkan kuas yang tepat.

  • Mengaplikasikan lapisan yang tipis

Tidak hanya persiapan saja yang harus diperhatikan, namun pada saat Anda mengecat, harus mempraktekkan cara yang tepat. Mungkin selama ini Anda telah menggali informasi bagaimana cara untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan sempurna. Jawabannya adalah mengaplikasikan setiap lapisan cat tipis.

9 Tips Untuk Mengecat Lemari Kayu Kecil Anak-Anak

Memberikan lapisan yang tipis memberikan dua hasil, pertama adalah tampilan yang halus. Kedua adalah untuk memberikan lapisan cat yang melindungi. Semakin banyak lapisan tipis tidak akan membuat cat sulit mengering. Justru akan mempercepat proses pengeringan sekaligus menciptakan lapisan film yang kuat.

  • Membersihkan semua perangkat keras

    Lemari Kayu

Jika Anda akan mengecat lemari kayu yang lama, pastikan semua hardware yang tadi dilepaskan dibersihkan terlebih dahulu sebelum dipasang kembali. Hardware tersebut bisa saja kotor dan memiliki lapisan karat atau kerak yang menempel. Tentu ini tidak baik untuk jika terpapar oleh anak-anak.

Anda bisa membersihkan semua perangkat keras menggunakan kain yang telah dibasahi. Bersihkan semua kerak dan kotoran yang telah lama menempel. Gunakan cutter untuk membersihkan kerak yang keras.

Ketika akan memasang perangkat keras kembali, pertama pasang pintu lemari terlebih dahulu. Sebaiknya gunakan engsel pintu yang baru dengan ukuran sama. Jika lubang sekrup tertutup maka bersihkan dengan obeng. Buatlah lubang hingga dapat dimasuki oleh sekrup untuk memasang perangkat keras.

Jenis Cat Terbaik untuk Lemari Anak-Anak

Lemari Anak

Bagian yang paling sering membingungkan adalah ketika memilih cat. Cat manakah yang sebaiknya dibeli? Jika memikirkan masalah kesehatan anak-anak maka pilih cat kayu yang tidak memiliki kandungan zat beracun yang tinggi.  Bisa memilih cat kayu water based seperti cat kayu besi Orchid bisa menjadi solusinya.

Cat kayu besi Orchid merupakan cat kayu enamel yang dapat diaplikasikan pada material kayu atau besi. Cat bisa diaplikasikan dengan mudah dengan kuas dan bahan pelarut air. Hal ini tentu saja memenuhi segala kebutuhan lemari untuk anak.

Tidak tanggung-tanggung juga Anda bisa memilih 24 pilihan warna untuk lemari yang menarik. Berbagai pilihan warna solid hingga metalik bisa Anda pilih sesuai dengan selera yang dimiliki oleh anak Anda.

Produk Cat Enamel Orchid memiliki daya tutup yang sangat tinggi. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan tampilan finishing kayu yang tidak tertutup maksimal. Anda tidak akan melihat serat kayu yang timbul bahkan warna cat yang tidak tajam.

Cat akan memberikan hasil sempurna dengan beberapa lapisan yang tepat. Syaratnya Anda hanya perlu mencampurkan sedikit air dan mengaplikasikan kuas dalam satu kali sapuan. Hal ini untuk menghindari timbulnya brush mark atau bekas kuas sehingga terlihat seperti pengecatan yang tidak merata.

Bagi Anda yang ingin mengecat lemari kecil untuk anak, pilihlah cat kayu Orchid. Cat ini akan memberikan hasil sempurna yang terbaik.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH