Tips Memilih Jenis Cat Yang Aman Untuk Furniture dan Mainan Anak

Memilih furniture untuk buah hati anda untuk ruang tidur mereka pastinya tidak boleh sembarangan. Pemilihan furniture yang tepat akan membuat tampilan kamar tidur anak anda menajadi menawan dan juga menarik. Bahan yang berkualitas dan juga bahan yang aman bagi anak akan sangat diperlukan dalam memilih jenis furniture yang tepat.

Pertimbangan furniture untuk anak ini tidak hanya dilihat dari motif yang menarik, tetapi anda juga harus mempertimbangkan hal yang lain, yaitu tipe cat yang digunakan. Ada berbagai bahan dasar cat yang biasa digunakan untuk finishing furniture. Oleh karena itu, anda harus jeli dalam memilih furniture yang tepat untuk buah hati anda.

Selain itu, anak-anak suka bermain dan juga menemukan sesuatu hal yang baru. Anak-anak biasanya akan lebih menyukai untuk membeli mainan dengan berwarna-warni yang menarik. Akan tetapi, bahan pewarna yang digunakan untuk mewarnai mainan tersebut terkadang juga dapat berbahaya bagi anak. Lalu, bagaimana memilih jenis cat yang aman untuk furniture maupun mainan bagi anak? Simak tips mudah berikut ini.

  1. Pilih furniture dari bahan cat bedasar air/ water based

Furniture dengan cat yang berbahan dasar air merupakan jenis furniture dimana finishingnya menggunakan air sebagai bahan pelarut dari cat. Tentu saja jenis cat ini akan aman untuk figunakan sebagai furniture untuk anak. Cat water based ini juga memiliki keunggulan yang lain yaitu memiliki bahan yang khusus yang memang cocok untuk digunakan sebagai cat furniture untuk anak-anak.

  1. Pilih furniture dengan bau yang tidak menyengat

Sebuah furniture biasanya setelah difinish akan berbau menyengat, hal ini dikarenakan bahan yang digunakan sebagai pelarut cat bukanlah bahan dari air. Biasanya akan menggunakan bahan campuran pelarut cat seperti thinner, jadi hasilnya akan berbau menyengat. Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari furniture untuk anak-anak yang ketika difinish akan berbau menyengat.

  1. Hindari bahan finishing melamin

Hampir sama seperti thinner, bahan melamin juga biasanya digunakan sebagai bahan campuran atau pelarut cat untuk jenis tertentu. Memang apabila anda menggunakan bahan melamin hasil furniture akan lebih halus dan juga mengkilap. Akan tetapi, bahan ini ternyata harus dihindari karena memiliki kandungan atau zat yang berbahaya.

  1. Kenali jenis perusahaan yang mengeluarkan cat tersebut

Banyak sekali perusahaan cat yang mengeluarkan cat dengan berbagai produk. Oleh karena itu, anda harus mengenali label apakah perusahaaan yang mengeluarkan cat tersebut benar-benar perusahaan yang terpercaya atau tidak. Pilih cat dengan bahan yang bagus yang dikeluarkan oleh perusahaan yang benar-benar terpercaya.

  1. Tanya langsung pada penjual

Hal yang lain yang dapat anda lakukan untuk mengecek cat pada furniture yang akan anda beli adalah dengan menanyakan langsung furniture tersebut pada penjualnya. Tentu saja hal ini harus anda bandingkan antara mebel yang satu dengan mebel yang lainnya.

  1. Pilih cat tersendiri

Hal yang mudah anda lakukan jika anda ingin mengecat furniture anak atau mainan anak adalah dengan memutuskan untuk memilih cat sendiri yang benar-benar aman untuk anak-anak. Anda dapat melakukan proses pengecatan sendiri di rumah, sehingga tidak akan emnguras banyak dana. Selain itu, anda juga dapat memilih cat yang benar-benar aman untuk anak anda. Jangan lupa untuk membaca label pada cat yang akan anda beli dengan teliti.

Demikian beberapa tips dalam memilih jenis cat yang aman untuk furniture anak.

Artikel "Featured"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH