5 Cara Memilih Coating Terbaik untuk Finishing Parket

Material parket untuk lantai banyak dipilih bukan karena estetikanya yang indah tetapi perawatan yang mudah, juga tahan lama. 

Pemilihan coating untuk parket berdampak besar pada kenyamanan penghuni rumah atau kantor serta ketahanan dari parket itu sendiri. Lapisan coating berperan besar untuk meningkatkan keindangan parket dan melindunginya. 

Bagaimana Anda sebaiknya memilih coating untuk parket?

4 Cara Memilih Coating untuk Parket 

Pemilihan coating pada parket tidak jauh berbeda ketika ingin finishing lantai kayu. Parket adalah meterial kayu lapis yang dibentuk palet dan disusun untuk pembuatan lantai kayu. 

Fungsi parket tidak hanya untuk lantai. Beberapa orang juga menyusunnya untuk dekorasi dinding. Saat ini ada begitu banyak variasi bahan finishing yang bisa digunakan pada parket. 

1. Menyesuaikan Intensitas Penggunaan 

Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah bagaimana Anda akan menggunakan parket. Apakah parket digunakan dalam intensitas yang tinggi karena ruangan merupakan dapur atau ruang keluarga. 

Semakin tinggi intensitas pemakaian, coating yang dipilih harus durable. Intensitas pemakaian yang tinggi membuat lapisan coating cepat memudar dan kerusakan akibat goresan sering terjadi. 

Anda tidak bisa sembarangan menggunakan coating seperti pernis biasa untuk melapisi parket. Pilihlah jenis coating yang tahan terhadap goresan, air, panas dan berbagai kerusakan yang bisa terjadi. 

2. Menyesuaikan Warna Parket 

Warna yang dihasilkan dari coating juga berpengaruh. Yang pasti Anda harus menggunakan clear coat sebagai lapisan paling atas. Clear coat akan memberikan warna natural dan serat kayu dari paket terlihat jelas. 

Anda hanya perlu memilih apakah ingin clear coat matte atau gloss yang disesuaikan kembali dengan intensitas pemakaian. Biasanya jika kerap digunakan, diperlukan clear coat gloss. 

Perihal warna, Anda bisa menyesuaikan dengan warna asli parket dan juga desain interior ruangan secara keseluruhan. Misalnya Anda ingin desain Skandinavia, gunakan warna parket terang seperti yellow ox atau warna asli parket. 

3. Menyesuaikan Lokasi Pemasangan Parket 

Anda harus menggunakan coating berbeda pada parket yang digunakan. Sama halnya ketika menggunakan palet kayu solid di kamar mandi dan ruang tamu, jenis coating akan berbeda. 

Pemasangan di area kamar mandi sarat akan air dan kelembaban maka jenis coating yang diperlukan harus bisa menangani masalah tersebut. Parket untuk ruang tamu hanya membutuhkan ketahanan dari kelembaban dan goresan saja. 

Perbedaan ini harus Anda kenali terlebih dahulu dan ukur ruangan sehingga jumlah bahan finishing yang dibutuhkan tidak salah. Pastikan Anda sudah tahu karakteristik ruangan sebelum membeli coating. 

4. Kenali Pilihan Coating yang Tersedia 

Seperti yang telah disebutkan, ada begitu banyak bahan finishing yang dijual di pasaran. Manakah bahan yang akan Anda gunakan mempengaruhi hasil finishing parket?

Untuk mengetahui hal ini, Anda harus mengetahui karakter dari varnish yang Anda gunakan. Pertama adalah water based varnish, yang memiliki karakteristik aman dan ramah lingkungan. Tidak ada bau menyengat yang dihasilkan baik saat atau sesudah finishing. 

Kedua adalah polyurethane varnish, yang biasa digunakan untuk ruangan intensitas penggunaan tinggi. Bahan ini sangat bagus melindungi kayu dari substrat sampai warna. 

Ketiga adalah acrylic lacquer, di mana bahan ini memiliki kelebihan tahan suhu udara, sinar uv sampai ketahanan lainnya. Ini baru tiga jenis dan sedikit kelebihan dari masing-masing bahan. 

Anda perlu mencari informasi lebih lengkap lagi dari kelebihan dan kekurangan masing-masing bahan tersebut.  

5. Cara Aplikasi Coating 

Pada saat mengumpulkan informasi, Anda juga harus mencari tahu bagaimana cara aplikasi masing-masing bahan tersebut. Tidak semua bisa digunakan dengan cara yang sama, terutama masalah waktu keringnya. 

Menggunakan cat yang tidak berbau dan memiliki waktu kering cepat mempermudah Anda untuk bisa cepat menggunakan rumah atau kantor tersebut. Pilih mana yang paling efektif menurut Anda. 

Mengenal Karakteristik Parket 

Cara memilih coating untuk parket juga akan lebih mudah jika Anda terlebih dahulu memahami karakter dari parket. Ada kelebihan dan kekurangan parket yang bisa diperhatikan sebagai berikut:

1. Menciptakan Insulasi Alami

Parket bisa bekerja sebagai insulasi alami ketika digunakan pada rumah. Ruangan akan menjadi hangat meskipun udara di luar ruangan hangat. Oleh karena itu Anda harus mencari coating yang bisa memaksimalkan fungsi parket ini. 

2. Ketahanan yang Tinggi 

Kualitas parket tidak diragukan lagi bisa lebih kuat dan tahan lama. Hanya saja jika parket sudah dilapisi dengan coating yang tepat. Parket tanpa coating biasanya mudah rusak karena goresan. 

3. Kurang Cocok untuk Outdoor 

Penggunaan parket tidak bisa pada area outdoor yang sering mengalami perubahan cuaca ekstrim. Parket bisa saja menyusut atau memuai sehingga mengubah bentuk lantai. 

4. Membutuhkan Perawatan Rutin 

Anda yang ingin parket tampil prima harus didukung dengan perawatan rutin. Merawatnya bisa dengan cara membersihkan secara rutin dan recoating ketika tampilannya sudah usang. 

5. Harganya yang Cukup Mahal 

Biaya untuk membuat lantai parket tidak murah, karena pembuatan parket sendiri cukup kompleks. Maka, Anda harus berhati-hati memilih coating karena bisa mempengaruhi kualitas parket. 

Merk Coating Terbaik untuk Finishing Parket 

Cat Kayu

Anda yang bingung memilih coating untuk parket, kini bisa lega karena Biovarnish adalah solusi paling tepat. Biovarnish adalah salah satu merek cat water based dengan varian lengkap dari wood filler sampai clear coat. 

Saat menggunakan Biovarnish, parket akan terjamin perlindungannya. Pasalnya Biovarnish mampu melindungi parket dari sinar matahari, perubahan cuaca sampai mikroorganisme jamur dan rayap. 

Perlindungan inilah yang akan menjamin parket bisa bertahan lebih lama. Selain itu lapisan paling atas pada aplikasi Biovarnish (Biovarnish Clear Coat) memiliki lapisan yang lebih fleksibel setelah kering. 

Ketika terjadi perubahan ukuran dari parket, clear coat tidak akan mudah untuk mengelupas atau retak. Cat akan menjaga ukurannya mengikuti perubahan bentuk dari parket. 

Satu lagi yang penting adalah Biovarnish memiliki perlindungan terbaik dari goresan. Jaminan tampilan lantai parket akan tetap natural transparan akan Anda peroleh. Jangan lupa untuk mendapatkan hasil ini Anda harus menggunakan Biovarnish dengan urutan yang benar. 

Mulailah dengan Biovarnish Wood Filler kemudian Biovarnish Liquid Stain untuk memberikan warna. Lanjutkan dengan Biovarnish Sanding Sealer yang akan mengunci warna kayu dan terakhir Biovarnish Clear Coat Gloss. 

Mengapa lapisan terakhir adalah gloss? Supaya lebih tahan akan goresan dan bisa menyamarkan tampilan goresan secara maksimal. Jadi tunggu apalagi, jangan biarkan lantai parket di rumah rusak karena salah membeli coating. 

Pembelian Biovarnish paket lengkap ini bisa dilakukan langsung melalui agen atau bisa secara online di website ini. 

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH