Mainan Kayu Anak Anda Masih Belum Aman? Ganti Cat dengan Bioduco

Hati-hati memberikan mainan kayu ke anak bisa jadi mainan tersebut belum aman. Banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan mainan kayu yang aman kepada anak. Bukan hanya perlu memperhatikan mainan anak dari kayu yang memiliki sudut tajam. Perlu juga mengetahui lapisan cat yang digunakan pada mainan. Apakah Anda pernah memperhatikan mainan yang selama ini digunakan oleh anak Anda sudah aman dan bebas dari bahan cat yang berbahaya?

Ada beberapa ciri cat yang membahayakan bagi keamanan anak. Pertama, adalah jenis cat yang cirinya mengeluarkan aroma keras. Aroma inilah yang akan membuat anak muntah, pusing bahkan demam. Kedua, jenis cat yang tidak mengeluarkan aroma berbahaya namun juga tetap berbahaya jika dihirup oleh anak. Ketiga, adalah cat yang berkualitas jelek yang mana, cat mudah mengelupas. Sehingga kelupasannya dapat termakan oleh anak. Jenis-jenis cat tersebut akan menimbulkan masalah bagi anak.

Memahami bahaya cat pada mainan kayu akan memudahkan Anda untuk mengenal bagaimana cara yang tepat menanggulanginya. Apa saja bahaya yang bisa mengancam kesehatan anak dan bagaimana cara mengatasinya?

Sebaiknya mulai saat ini Anda harus lebih selektif dalam memilih mainan kayu pada anak. Pilih mainan yang menggunakan cat kayu yang aman, jika perlu lakukan finishing sendiri. Anda bisa membeli mainan kayu yang belum difinishing, kemudian mengecatnya sendiri dengan Bioduco Chalk Paint.

Bahaya yang Bisa Menyerang Anak dari Mainan Kayu

Selama ini mungkin Anda belum memperhatikan lapisan cat yang digunakan pada mainan anak Anda, yang terbuat dari kayu. Asalkan mainan tersebut warnanya menarik, Anda akan membelikannya untuk anak Anda. Bisa jadi ketika di luar pengawasan anda mainan terebut malah mengancam kesehatan anak Anda. Tanpa Anda mengetahui anak Anda telah menyentuh cat dan tidak sengaja memasukan tangan ke dalam mulut. Artinya cat yang menempel pada tangan beberapa kandungan kimia dapat tertelan. Atau karena cat yang digunakan tidak merekat dengan sempurna, membuat cat tersebut, terkelupas dan dimakan oleh anak Anda.

Jika anak Anda masih suka memasukan benda ke dalam mulut, sebaiknya hindari membelikan mainan jenis ini. Karena cat bisa sangat berbahaya apabila tertelan oleh anak. Banyak cat yang digunakan di mainan anak bukan cat yang aman. Cat yang digunakan mengandung bahan kimia yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan apalagi untuk anak. Maka sangat penting untuk mengenal bahan kimia yang terkandung di dalam cat.

Selain bahan kimia seperti formalin, cat juga mengandung logam berat. Apa itu logam berat?

Logam berat atau heavy metals merupakan kelompok elemen-elemen logam yang masuk kategori berbahaya jika masuk ke dalam tubuh makhluk hidup. Contoh elemen-elemen logam berat yang biasa ditemui di dalam cat adalah kadmium (Cd) dan kromium (Cr). Bahkan kedua logam berat ini masuk ke kategori toksisitas sedang dan bahkan toksisitas tinggi.

Kedua logam berat tersebut, kadmium dan kromium memilik kegunaan membentuk pigmen pada cat. Pigmen tersebut berfungsi membuat warna yang dihasilkan cat menjadi lebih terang. Walaupun memberikan kesan warna yang cantik dan menarik, dampak buruk bagi kesehatan juga mengintai.  Logam ini dapat masuk ke dalam tubuh baik langsung atau tidak, dan menyerang sistem saraf.

Bahaya Formalin pada Mainan Kayu

Bahaya-formalin-difurniture

Formalin adalah bahan yang digunakan pada cat untuk membuat mempertahankan kayu agar tidak terkena jamur dan mikroorganisme lainnya. Bahan ini adalah bahan kimia yang akan menimbulkan beberapa efek samping pada bagi kesehatan manusia. Khususnya jika formalin ini terpapar ke anak-anak melalui mainan mereka.

Ketika cat pada mainan mengering dan mengeras, beberapa kandungan formalin akan menguap menjadi gas bernama formaldehyde. Ketika seorang anak yang menghirup formaldehyde dalam jumlah yang banyak akan memiliki potensi gangguan kesehatan seperti kulit iritasi, batuk, dan juga alergi lainnya.

Bahaya Kadmium Pada Mainan Anak

Cat juga memiliki kandungan Kadmium yang fungsinya untuk memberikan warna serat pigmen. Beberapa warna yang dihasilkan kadmium adalah merah, orange, dan kuning. Tidak hanya mainan kayu, beberapa mainan plastik dan boneka juga memiliki kandungan ini.

Dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari kadmium apabila masuk ke tubuh anak. Mulai dari masalah pernafasan seperti kerusakan paru-paru. Apabila terserap sampai ke sistem pencernaan akan menyebabkan mual, muntah, sakit perut, bahkan diare. Logam berat ini juga dapat menyebabkan anak sulit belajar, kehilangan nafsu makan, dan daya tahan tubuh yang melemah.

Bahaya Kromium dalam Cat Mainan Kayu

Masih sama, fungsi dari kromium adalah memberikan warna pada cat. Warna yang dihasilkan adalah hijau, orange dan kuning. Tidak hanya mainan kayu saja, tetapi beberapa mainan elektronik juga menggunakan Kromium.

Bahaya kromium yang mengintai kesehatan Anda dan anak di pernafasan. Karena utamanya kontak dengan kromium banyak melalui pernafasan maka dampak negatifnya juga di area kesehatan pernafasan. Dari mulai iritasi hidung, ulkus hidung, asma, hingga kanker paru.

Selain itu apabila kromium terkontak langsung dengan kulit akan membuat kulit gatal. Pada bagian dalam tubuh sangat berbahaya menyerang anak dan wanita. Kromium akan mengganggu kesuburan alat reproduksi.

Di Indonesia cat yang beredar pada umumnya memiliki dua kandungan logam berat dengan jumlah tinggi. Padahal seperti yang telah Anda ketahui bahan kadmium dan kromium merupakan jenis logam berat yang masuk dalam kategori logam berat yang memiliki toksisitas tinggi dan toksisitas sedang. Bahaya kesehatan yang dapat mengintai juga tidak dapat disepelekan.

Bioduco Chalk Paint yang Aman untuk Mainan Anak

Produk Chalk Paint

Apabila anda sudah mengetahui bahaya yang mengancam di balik mainan anak. Saatnya Anda untuk segera bertindak. Awali dengan lebih cerdas dalam memilih mainan anak yang aman. Anda bisa membeli mainan kayu yang belum di cat atau yang memiliki cat yang berkualitas. Pilih mianan kayu yang warnanya tidak mencolok dan mencurigakan. Hindari juga mainan kayu yang memiliki aroma cat yang menyengat.

Dan apabila Anda telah memiliki banyak mainan kayu di rumah.  Anda dapat memilah-milah mainan kayu yang sekiranya masih aman. Mainan kayu yang dirasa memiliki cat yang berbahaya dapat anda cat ulang. Berlaku juga ke mainan kayu  yang telah mengelupas catnya, Anda dapat mengecatnya ulang agar lebih aman.

Tahap selanjutnya adalah anda perlu memikirkan dan memilih cat yang aman dan tidak membahayakan anak Anda. Pilih secara cermat, cat yang tidak memiliki bahan formalin, dan kadmium serta kromium dalam kadar yang tinggi. Demi menghindari bahaya-bahaya yang mengikuti mainan kayu yang dicat dengan cat yang mengandung formalin dan dua logam berat kadmium atau kromium yang tinggi.

Pilih juga cat yang memiliki bahan aman, yang mana tidak memiliki kandungan logam berat. Saat ini telah banyak produsen-produsen cat yang sudah memikirkan keamanan dari produk catnya. Para produsen berlomba-lomba untuk menggunakan bahan yang ramah dan tidak membahayakan kesehatan.

Sebagai contoh anda dapat  menggunakan Bioduco Chalk Paint agar mainan anak terlindungi dengan aman. Tidak hanya itu warna yang dihasilkan juga tetap menarik tetapi tidak mengandung pigmen berbahaya. Mengapa harus Bioduco Chalk Paint?

Alasan yang pertama adalah cat ini terbuat dari bahan acrylic water based, sehingga aman. Bahan dasar air yang digunakan menekan penggunaan logam berat dalam taraf aman apabila terpapar oleh anak. Pembuatan Bioduco Chalk Paint ini tidak sekedar mencampurkan bahan tetapi juga menyesuaikan standar regulasi keamanan yang berlaku secara internasional.

Tidak hanya aman, semua produk Bioduco memiliki berbagai keuntungan untuk digunakan. Berikut ini macam-macam keuntungan yang akan Anda dapatkan.

  1. Mudah diaplikasikan hanya dengan kuas dan bahan pelarut air
  2. Cepat kering bahkan tanpa dijemur hanya selama 60 menit
  3. Warna yang menutup karena berfungsi juga sebagai primer coat
  4. Daya sebar yang luas sehingga digunakan cukup hemat
  5. Beragam pilihan warna yang menarik untuk digunakan.

Mudahnya Mengecat dengan Bioduco Chalk Paint

Apakah Anda sudah siap mengecat, jika iya sebaiknya pilih warna dari Bioduco Chalk Paint terlebih dahulu. Tersedia 20 pilihan warna menarik. Baik itu terang atau gelap, cocok digunakan untuk berbagai macam mainan anak. Setelah memilih beberapa warna, siapkan alat dan juga bahan lainnya.

Sebagai bahan poles akhir, Anda dapat Biopolish Beeswax yang 100% aman. Biopolish Beeswax terbuat dari bahan-bahan alami. Karena terbuat dari bahan-bahan yang alami dan aman, maka Biopolish Beeswax telah mengantongi sertifikat Food Grade. Bahkan jika anak memasukan mainan ke dalam mulut, bahan poles tidak bersifat meracuni. Bahan lainnya yang dibutuhkan adalah air, pastikan air tidak memiliki kadar asam. Air setidaknya memiliki PH kurang lebih 7 dan bersih.

Alat yang dibutuhkan adalah wadah untuk mencampurkan cat, Anda bisa menggunakan gelas plastik. Pengaduk, kain katun bersih dan kering, kuas berbulu nilon dan terakhir amplas nomor 400. Ketika bahan dan alat sudah disiapkan Anda tinggal mempersiapkan mainan kayu.

Persiapan Mainan Kayu sebelum Dicat

Kini Anda bisa mempersiapkan mainan kayu, pastikan permukaannya kayu terbuka alias tidak memiliki lapisan apapun. Bahkan jika sebelumnya pernah di wax sebaiknya amplas dulu permukaannya.

Apapun lapisan sebelumnya yang digunakan pada mainan kayu harus dihilangkan dengan di amplas. Jangan lupa untuk menggunakan masker karena debu amplas bisa sangat berbahaya. Jangan ajak anak untuk mengamplas karena berbahaya untuk pernapasan mereka.

Bersihkan debu bekas pengamplasan dari semua mainan kayu. Bersihkan debu dan kumpulkan baru dibuang ke tempat pembuangan. Pastikan permukaan kayu berubah menjadi halus.

Proses Pengecatan Mainan Kayu dengan Bioduco Chalk Paint

Saatnya mengecat, sebaiknya pisahkan ruang mengecat dengan mengamplas. Biarkan debu tidak mengotori ruangan mengecat. Siapkan juga tempat untuk mengeringkan mainan kayu yang selesai dicat. Ingat jangan menjemur mainan karena cat akan kering sempurna dalam ruangan.

Pertama campurkan Bioduco Chalk Paint dengan air ke dalam wadah terpisah. Kemudian aplikasikan cat dengan kuas ke seluruh permukaan mainan hingga menjadi lebih halus. Tunggu lapisan kering dan baru amplas ambang dengan amplas 400.

Anda bisa mengulangi aplikasi jika warna cat kurang menutup seluruh permukaan mainan kayu. Terakhir, poles permukaan mainan yang sudah kering dengan Biopolish Beeswax. Gosokkan Biopolish Beeswax sedikit demi sedikit ke permukaan kayu hingga merata dan berubah menjadi kering.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.