Panduan Aplikasi Cat untuk Triplek Mengkilap Bermotif Kayu

Bosan dengan tampilan triplek yang pucat dan polos? Anda bisa menggunakan cat untuk triplek mengkilap bermotif kayu.

Motif kayu tidak selalu dihadirkan oleh jenis kayu solid. Jenis kayu buatan seperti plywood, triplek, multiplek, particle board yang berlapis veneer juga bisa memiliki tampilan indah motif kayu. Triknya juga tidak sulit dilakukan oleh pemula. 

Penasaran bagaimana caranya, langsung saja cek 7 tahapannya. 

7 Langkah Menggunakan Cat untuk Triplek Mengkilap Motif Kayu 

Cara Mengecat Lemari Triplek Dengan Kuas Busa

Finishing triplek sedikit tricky. Jika Anda mengaplikasikan cat berlebihan veneer akan bergelombang. Tampilan triplek yang bergelombang akan sangat jelek, apalagi digunakan pada furniture. 

Dalam mengecat triplek, kehati-hatian adalah kunci utama. Anda harus memulai dari pemilihan bahan finishing sampai dengan proses pengampelasan dan pengeringannya. Setidaknya ada 7 tahapan yang bisa Anda ikuti sebagai berikut. 

Langkah 1. Mengampelas Permukaan Triplek 

Anda harus memulai langkah dari mengampelas permukaan triplek. Mengingat adanya lapisan veneer maka hanya membutuhkan kertas ampelas yang tidak terlalu kasar. Anda bisa menggunakan ampelas alumunium oxide nomor 220. 

Menggunakan ampelas kasar hanya akan merusak lapisan veneer yang tipis. Proses pengampelasan juga tidak perlu terlalu ditekan. Anda bisa mengampelas triplek dengan ringan. Proses pengampelasan sebaiknya dilakukukan searah serat veneer. 

Bersihkan semua debu sisa pengampelasan dengan kain yang kering. Cek kembali apakah permukaan triplek sudah halus karena akan menentukan tampilan serat kayu nantinya. 

Langkah 2. Mempersiapkan Alat dan Bahan 

Pembuatan serat kayu palsu membutuhkan satu alat penting dari bahan rubber, disebut dengan rubber wood grain. Alat ini bisa Anda persiapakan terlebih dahulu, lebarnya tergantung dengan permukaan triplek yang ingin dicat. 

Siapkan juga kuas berbulu nilon yang digunakan untuk aplikasi cat dasar. Untuk bahan, Anda bisa menggunakan produk Biovarnish. Produk Biovarnish menyediakan jenis cat mulai dari dempul, sanding sealer, wood stain, glaze dan clear coat. 

Berikut ini daftar alat dan bahan yang dibutuhkan secara lengkap:

  • Rubber wod grain
  • Kuas bulu nilon 
  • Biovarnish Wood Filler jati
  • Biovarnish Wood Stain walnut brown 
  • Biovarnish Sanding Sealer 
  • Biovarnish Glaze black 
  • Biovarnish Clear Coat gloss
  • Kain bersih untuk lap
  • Air sebagai bahan pelarut

Pemilihan warna wood stain bisa lebih fleksibel, tidak wajib walnut brown. Anda bisa menggunakan warna sejenis yang cukup muda, bukan warna black atau sonokeling. 

Hal ini bertujuan agar tampilan serat yang dibentuk dari glaze masih bisa terlihat. Pilihan warna lainnya adalah mahogany, salak brown, gardena teak, dan masih banyak lagi. 

Langkah 3. Meratakan Biovarnish Wood Filler Jati 

Pada lapisan pertama, Anda harus menggunakan wood filler agar permukaan menjadi lebih halus dan siap diberikan stain. Cara aplikasinya, campurkan wood filler dengan sedikit air sampai mudah diaplikasikan dengan kain. 

Ambil sedikit bahan dengan kain dan ratakan ke permukaan triplek. Biarkan kering sektar 20 menit, lalu ampelas untuk menghaluskan. Gunakan ampelas nomor 240. Jangan lupa bersihkan kembali debu bekas pengampelasan. 

Langkah 4. Memberikan Warna Dasar pada Triplek 

Penting untuk memberikan warna dasar pada triplek agar tampilan serat bisa lebih tajam. Selain itu, diharapkan tampilan triplek diharapkan tidak terlalu pucat nantinya. Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain untuk tahapan ini. 

Campurkan stain dengan air, aduk rata dan lalu kuas ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Jika proses ini sudah selesai, Anda bisa mengeringkan stain tanpa perlu dijemur di bawah sinar matahari langsung. 

Butuh waktu sekitar 60 menit sampai stain kering sentuh. Jika sudah, Anda bisa mengampelas permukaan triplek dengan ampelas aluminium oxide nomor 400. Lakukan juga pengampelasan secara ambang lalu bersihkan debunya. 

Langkah 5. Memberikan Lapisan Sanding Sealer 

Usai memberikan warna triplek, tidak bisa langsung mengaplikasikan glaze untuk membentuk serat kayu. Dibutuhkan lapisan sanding sealer yang akan menjaga warna dasar dan membuat glaze lebih merekat.

Mengaplikasikan glaze langsung pada stain juga mempersulit perbaikan jika Anda salah dalam membuat alur serat. Cara aplikasi Biovarnish Sanding Sealer kurang lebih juga sama yaitu mencampurkannya terlebih dahulu dengan air. 

Setelah itu kuas ke permukaan triplek. Ikuti alur penguasan wood stain agar hasilnya rapi. Tunggu proses mengering kurang lebih dalam 60 menit dan bisa diampelas ambang dengan jenis ampelas yang sama. 

Langkah 6. Membuat Alur Serat Kayu

Motif Red Tiger Kayu Jati Belanda Degan Warna Cat Kayu Ini

Tahapan ini sangat krusial sehingga harus dilakukan hati-hati. Anda bisa berlatih dahulu di permukaan kayu lain untuk tahu bagaimana ritme pembuatannya. 

Pertama, campurkan dulu Biovarnish Glaze black dengan air sedikit saja agar lebih mudah dikuas. Setelah itu kuas ke seluruh permukaan triplek, ikuti juga arah sapuan stain sebelumnya. 

Sebelum cat mengering, Anda harus menggunakan rubber wood grain tarik secara vertikal agar lebih mudah. Penting untuk mengikuti permukaan rubber wood grain saat menarik sehingga bentuk serat akan sempurna. 

Ulangi proses ini sampai seluruh permukaan triplek penuh. Setelah itu biarkan sedikit mengering. Biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Jenis cat untuk triplek yang bisa membuat bentuk serat ini adalah glaze. 

Cat glaze yang hanya dipakai untuk finishing rustic atau vintage ini memiliki warna dan konsistensi yang lebih pekat. Jadi sangat cocok digunakan untuk menciptakan warna dari serat kayu. 

Langkah 7. Memberikan Tampilan Mengkilap 

Pada tahapan terakhir, Anda baru menggunakan cat khusus triplek agar tampil mengkilap. Cat yang dimaksudkan adalah Biovarnish Clear Coat gloss. Tingkat kilapnya sangat baik mencapai 80% dngan keunggulan tahan lama. 

Cara mengaplikasikannya sama seperti stain dan sanding sealer. Hanya saja Anda tidak perlu menunggu glaze sangat kering. Ketika glaze sudah kering sentuh, artinya sudah siap untuk dilapisi clear coat. 

Dalam prosees aplikasi clear coat  dibutuhkan kuas yang warnanya agar hasilnya sempurna.

Proses aplikasi clear coat sama dengan proses aplikasi bahan cat di lapisan bawahnya. Hanya saja, pada lapisan kedua, tidak perlu dilakukan pengampelasan. Selain itu, lama menunggu untuk aplikasi lapisan clear coat yang kedua dibutuhkan waktu selama 24 jam sampai triplek benar-benar bisa digunakan. 

Sesuai dengan waktu pengeringan yang tepat, triplek akan memiliki tampilan mengkilap dengan motif kayu yang indah. Bagus tidaknya serat kayu atau bisa tampak sepeti asli, tergantung bagaimana Anda menggunakan rubber grain. 

Karena rubber grain sangat mudah untuk melenceng, saat menarknya . Penyebabnya adalah permukaan triplek yang basah oleh glaze, jadi yakinkan diri Anda untuk tidak salah dalam menarik. 

Tidak ketinggalan jua adalah peran dari cat untuk triplek mengkilap yakni Biovarnish series. Produk yang satu ini memudahkan aplikasi karena bahan pelarutnya adalah air. Jadi lapisan glaze yang baru saja diratakan dengan kuas tidak cepat kering. 

Anda bisa dengan nyaman menggunakan rubber grain tanpa harus takut cat mengelupas atau ada cacat warna karena cat yang cepat kering. 

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH