3 Tampilan Kursi Kayu Minimalis Warna Natural hingga Eksotis

Membauat tampilan kursi kayu minimalis yang elegan tergantung pada tahap finishing. Bagi para DIY pastilah sebuah tantangan ketika masuk dalam tahapan finishing. Memang benar untuk mengecat hasil karya sendiri pastilah sulit. Kesulitan datang dari berbagai macam hal, seperti belum menguasai teknik, belum mendapatkan produk yang tepat dan takut gagal. Semua permasalahan ini tentunya akan terbayarkan jika hasil finishing nantinya memuaskan. 

Kursi kayu sering menjadi objek para DIY untuk berkarya sehingga langkah finishing pun tidak bisa dilewatkan. Kursi juga menjadi objek yang paling mudah untuk di finishing selama kursi tersebut memiliki desain minimalis. Tidak terlalu banyak ornamen atau bahkan knob besi yang harus dilepas pasang. 

Jika Anda ingin membuat kursi kayu minimalis pilihlah untuk mengecat dengan warna-warna natural. Warna natural ini didapatkan dari sanding sealer saja atau bisa ditambahkan dengan stain. Kursi dengan tampilan natural bisa memberikan kesan hangat pada ruangan. Setelah selesai finishing kursi akan tampak modern dan berbeda dari tampilan biasanya. 

Kira-kira produk finishing apa yang sebaiknya digunakan? Bagaimana cara mengecat kursi kayu dengan benar? Tidak semua produk cat seperti pernis atau plitur bisa digunakan. Anda perlu memperhatikan beberapa aspek sebelum membelinya. Nah disini Anda akan mendapatkan semua informasi mengenai pengecatan kursi dengan lengkap. 

Produk Cat untuk Tampilan Kursi Kayu Minimalis yang Tepat

Kesan minimalis memang menjadi tujuan utama, namun bukan berarti Anda mengabaikan soal kualitas. Justru jika Anda membeli cat dengan kualitas yang bagus maka hasilnya akan memuaskan. Kualitas akan membuat kursi memiliki tampilan indah yang bertahan lama. Ngomong-ngomong soal awet, Biovarnish adalah pilihan yang tepat bagi para DIY. 

Apa istimewanya Biovarnish? Produk ini akan memberikan tampilan sekaligus perlindungan yang maksimal. Anda bisa memilih untuk mendapatkan tampilan natural atau transparan. Pemilihan tampilan ini bisa disesuaikan dengan jenis kayu yang digunakan. Jika kayu memiliki banyak cacat disarankan untuk menggunakan warna natural. 

Produk yang harus digunakan untuk mengecat kursi kayu minimalis modern adalah Biovarnish liquid stain, sanding sealer dan clear coat gloss. Ketiga produk ini saling melengkapi. Liquid stain akan memberikan warna natural merata, dan sanding sealer akan membuat lapisan stain dan clear coat menjadi lebih kuat. 

Biovarnish clear coat sendiri bekerja sebagai pernis kayu. Dimana perlindungan yang diberikan meliputi tahan gores, panas, hujan hingga rayap serta jamur. Lapisan inilah yang akan menjamin kursi kayu di rumah bisa bertahan lebih lama. 

Tiga Tampilan Kursi Kayu Minimalis Natural

Menggunakan warna natural kayu artinya Anda bermain aman. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan. Pertama Anda bisa dengan mudah melakukan recoating atau mengganti warna nantinya. Kedua kesan hangat akan didapatkan. Ketiga, bukan hanya kesan minimalis saja, Anda bisa menggunakan kursi pada gaya lainnya juga. 

Biovarnish menyediakan 20 pilihan warna pada liquid stain yang bisa Anda pilih. Kunci keberhasilan untuk mendapatkan tampilan sempurna adalah sebagai berikut ini:

  1. Pilih warna yang sama dengan warna kayu. 
  2. Jika warna kayu terlalu tua jangan pilih warna muda begitu sebaliknya. 
  3. Jika menginginkan warna muda pada kayu berwarna tua Anda bisa menggunakan bleaching kayu. 
  4. Proses aplikasi liquid stain harus tipis saja tetapi berulang dengan dikeringkan terlebih dahulu. 

Keempat tips di atas akan memudahkan Anda menemukan warna kursi yang sesuai. Perhatikan juga teknik menguaskan untuk mendapatkan hasil warna yang sempurna, yaitu halus dan merata. Inilah ketiga tampilan kursi kayu minimalis dengan warna natural yang bisa Anda pilih. 

Kursi dengan Warna Natural Eksotis

Tampilan eksotis pada kayu bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan warna-warna seperti sonokeling dan papua rose. Kedua warna ini akan memberikan kesan warna eksotis kayu tropis. Warna kehitaman dengan serat kayu berwarna lebih terang. Anda bisa mengaplikasikan warna ini pada jenis kayu seperti jati belanda, pinus atau kayu sungkai. 

Jika ingin mengaplikasikan warna natural ini, maka siapkan bahan serta alat berikut ini:

  1. Liquid stain Biovarnish sonokeling atau papua rose
  2. Biovarnish sanding sealer
  3. Biovarnish clear coat gloss
  4. Air
  5. Kuas berbulu nilon
  6. Amplas nomor 400
  7. Kain lap

Cara mengaplikasikannya :

  • Pertama bersihkan kursi kayu dengan kain, jika terdapat permukaan yang tidak rata Anda bisa mengamplasnya terlebih dahulu. 
  • Kemudian lanjutkan dengan proses aplikasi Biovarnish liquid stain yang telah diencerkan dengan air terlebih dahulu. Kuas stain searah dengan serat kayu dan diamkan hingga mengering selama 60 menit. Terakhir amplas ambang. 
  • Larutkan Biovarnish sanding sealer dengan air hingga mencapai viskositas yang dibutuhkan. Kuaskan ke permukaan kursi mengikuti arah serat seperti lapisan stain. Diamkan hingga kering dan amplas ambang. 
  • Larutkan Biovarnish clear coat bersama air. Kuaskan clear coat di permukaan kayu searah serat. Proses pengeringan membutuhkan waktu sekitar 24 jam. 

Kursi dengan Warna Natural Jati

Warna natural jati adalah pilihan warna yang paling banyak disukai. Jika Anda suka dengan warna ini cukup membeli Biovarnish liquid stain jati. Warna jati yang disediakan terdapat pada red teak, dark teak dan gardena teak. Jika ingin kayu terlihat berwarna jati muda maka gardena teak adalah pilihannya. 

Siapkan beberapa bahan Biovarnish dan alat ini untuk proses aplikasinya:

  1. Liquid stain warna jati
  2. Sanding sealer
  3. Biovarnish clear coat gloss
  4. Air
  5. Kuas berbulu nilon
  6. Amplas nomor 400
  7. Kain lap

Cara mengaplikasikan:

  • Mulai dengan membersihkan permukaan kayu hingga bebas debu. 
  • Aplikasikan Biovarnish liquid stain warna jati yang sudah diencerkan dengan air. Kuaskan ke permukaan kursi searah dengan serat. Diamkan hingga kering kemudian lanjutkan dengan proses pengamplasan. 
  • Encerkan Biovarnish sanding sealer dengan air dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Tunggu kering dan amplas. 
  • Terakhir aplikasikan Biovarnish clear coat yang sudah diencerkan. Simpan kursi di dalam ruangan yang kering selama 24 jam. 

Kursi dengan Warna Natural Walnut

Pilihan warna ketiga yang juga banyak dipilih adalah walnut. Kayu walnut sendiri cukup sulit dan mahal di Indonesia. Jadi banyak orang memilih menggunakan stain untuk menduplikasi warnanya. Anda bisa menggunakan Biovarnish liquid stain warna walnut brown. 

Bahan dan alat yang harus disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. Biovarnish liquid stain warna walnut
  2. Sanding sealer Biovarnish
  3. Clear coat gloss Biovarnish
  4. Air
  5. Kuas berbulu nilon
  6. Amplas nomor 400
  7. Kain lap

Cara mengaplikasikan :

  • Mulai dengan membersihkan kursi kayu menggunakan kain lap. 
  • Encerkan Biovarnish liquid stain warna walnut dengan air. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu hingga merata dan diamkan tunggu kering. Terakhir amplas ambang. 
  • Aplikasikan sanding sealer Biovarnish yang telah diencerkan kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kursi kayu. Diamkan hingga mengering dan lanjutkan dengan pengamplasan ambang. 
  • Encerkan clear coat gloss dengan air baru kuaskan ke seluruh permukaan kursi hingga merata. Tunggu semalaman agar kursi kering dengan benar. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH