5 Langkah Sederhana Finishing Meja Tamu Unik dengan Cat Kuas

Tidak ada yang pernah menyangka bahwa finishing dengan pernis saja bisa menghasilkan meja tamu yang unik. Kuncinya adalah Anda menggunakan Biovarnish series. Ada berbagai cara memanfaatkan Biovarnish untuk hasil finishing meja tamu yang lebih unik. Tampilan unik ini bisa didapatkan jika Anda mahir bermain dengan cat glaze. 

Biovarnish menyediakan juga seri glaze yang bisa memperkuat tampilan dari serat kayu. Oleh karena itu persiapan yang harus dilakukan adalah dari pemilihan jenis kayunya hingga teknik mengecat. Ketika di finishing hanya dengan stain saja, serat kayu akan memberikan tampilan yang lebih kuat. 

Lalu bagaimana jadinya jika Anda bisa memanfaatkan glaze? Tentu saja tampilannya akan semakin unik. Selain glaze, Anda juga harus memanfaatkan sanding sealer serta top coat. Glaze saja tidak cukup untuk membuat tampilan meja tamu yang sempurna. Bahkan ketika ingin memiliki meja tamu minimalis, sanding sealer dan top coat wajib digunakan. 

Tidak perlu khawatir mencari kedua produk ini, karena Biovarnish juga menyediakannya. Jadi selama Anda menggunakan Biovarnish series dari sanding sealer, glaze, liquid stain hingga top coat, maka tampilan meja tamu kayu yang unik bisa didapatkan dengan mudah. 

Material Kayu untuk Finishing Meja Tamu yang Unik

Sebelum masuk ke dalam proses finishing, ada hal yang harus Anda persiapkan yaitu jenis kayu yang digunakan. Anda mungkin sudah memiliki meja tamu jati di rumah, tapi apakah jenis kayu ini cocok untuk tampilan yang unik dengan glaze? Belum tentu. 

Maka akan lebih baik, jika Anda mengetahui ciri-ciri kayu yang tepat untuk finishing meja tamu unik sebagai berikut ini:

Serat yang bergelombang

Apakah Anda pernah mencermati seperti apakah serat kayu? Setiap jenis kayu memiliki serat yang berbeda, walaupun itu adalah jenis kayu yang sama, apalagi jika berbeda. Serat yang akan membuat meja semakin unik adalah serat yang bergelombang dan bukan lurus. 

Serat memang memiliki satu arah, tetapi bergelombang dan membentuk lingkaran kayu yang unik. Jenis kayu yang memiliki serat seperti ini adalah kayu jati, kayu pinus atau jati belanda, kayu trembesi, kayu sonokeling. Sedangkan jenis kayu yang tidak memiliki serat ini adalah kayu mahoni, meranti, atau kayu kelapa. 

Kayu solid bukan buatan

Anda pastinya tahu ada juga jenis kayu buatan. Sayangnya kayu ini kurang cocok untuk finishing yang unik. Alasannya adalah kayu buatan terbuat dari veneer sehingga tidak ada serat yang dimiliki. Bahkan jika Anda mengaplikasikan dengan liquid stain tampilan kayu sangatlah datar. Beberapa jenis kayu buatan adalah plywood, barecore, triplek, multiplek, MDF, dan sejenisnya. 

Kayu memiliki warna dasar terang

Pasti Anda juga sudah familiar dengan warna kayu, ada banyak jenisnya. Ada kayu yang berwarna coklat keemasan seperti jati, ada juga yang berwarna merah seperti kayu mahoni. Nah jika Anda ingin mendapatkan tampilan yang unik, akan lebih baik jika kayu memiliki warna putih. Dengan begitu, hasil warna dari stain atau ingin natural sebagai dasaran akan maksimal. 

Salah satu solusi untuk mengatasi warna kayu menjadi lebih putih atau cerah adalah memutihkan kayu. Anda bisa menggunakan WA 250 sebelum proses finishing di hari sebelumnya. Produk bleaching kayu ini akan mencerahkan warna kayu sehingga memudahkan finishing. 

Cukup dengan mencermati ketiga ciri ini, maka Anda akan mendapatkan kayu yang tepat. Setelah itu adalah giliran memilih model. Anda bisa menggunakan model meja klasik dengan empat kaki, bisa juga berbentuk box yang akhir-akhir ini sedang ngetrend. 

Selain menggunakan kayu, Anda bisa mengkombinasikannya dengan material lainnya. Misalnya saja membuat meja tamu kaca, tapi perlu diingat selama finishing tutup bagian kaca dengan isolasi dan kertas koran. Jadi bagian tersebut tidak akan rusak terlapisi cat. 

Cara Finishing Cat Biovarnish pada Meja Kayu Unik

Seperti apakah tampilan meja tamu yang unik? Pastinya adalah kesan natural masih bisa dilihat. Menggunakan Biovarnish artinya Anda harus meluangkan waktu selama seharian, karena selama beberapa jam proses pengamplasan hingga pengeringan akan dilakukan secara berulang. 

Penasaran bagaimana cara mengecatnya? Ikuti langkah mudahnya berikut ini. 

Langkah 1. Mengamplas permukaan meja tamu yang sudah selesai dibuat. Prosesnya mudah, cukup amplas dengan amplas nomor 180 atau 220 sesuai dengan tingkat kasar kayu. Semakin kasar Anda harus menggunakan amplas 180. Manfaatkan juga balok kayu dan mesin amplas agar lebih cepat. 

Langkah 2. Lanjutkan dengan pelarutan sanding sealer bersama dengan air di wadah terpisah. Aduk sanding sealer hingga merata dan dapatkan viskositas 11-12 detik menggunakan alat NK2. Jika tidak memilikinya gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air. Barulah kuaskan sanding sealer ke seluruh permukaan meja kayu. Kuas hingga permukaan terlapisi dengan rata.

Langkah 3. Keringkan meja kayu selama 60 menit, setelah itu baru amplas ambang dengan amplas nomor 400. Kemudian baru bersihkan debu kayu secara merata. Lanjutkan dengan melarutkan Biovarnish glaze warna apapun, baik itu warna black, brown atau white. Larutkan hanya dengan sedikit air saja karena cat glaze akan memberikan warna yang sangat gelap. 

Langkah 4. Kuaskan glaze ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Tidak perlu rapi yang penting merata saja. Diamkan sekitar 15 menit baru setelah itu lanjutkan dengan proses menghilangkan kelebihan glaze dengan kain kering yang bersih. Sapukan kain searah dengan serat kayu. Anda akan langsung melihat serat kayu yang sangat tajam dan sangat unik. 

Langkah 5. Tidak perlu menunggu kering glaze, karena proses keringnya hanya bisa dilakukan jika sudah mengaplikasikan top coat. Maka larutkan Biovarnish top coat gloss atau matte sesuai keinginan. Larutkan hingga mendapatkan viskositas yang sama seperti sanding sealer. Kuaskan top coat ke seluruh permukaan kayu dan tunggu kering semalam. 

Tips Bekerja dengan Top Coat agar Hasil Meja Kayu Lebih Rapi

Seringkali kesalahan dilakukan pada saat mengaplikasikan top coat. Anda pastinya mengharapkan untuk hasil yang lebih rapi dan juga bersih. Karena menggunakan kuas, maka harapan ini harus dilakukan dengan sedikit teknik khusus. Jika tidak bekas sapuan kuas akan sangat terlihat ketika Anda sudah mengering. 

Anda bahkan bisa mengaplikasikan dua lapisan top coat jika ingin mendapatkan perlindungan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Pastikan untuk menggunakan kuas berbulu nilon yang ukurannya tepat. Pilih kuas yang paling halus jika perlu yang paling mahal agar terjamin kualitasnya. 
  2. Meja tidak perlu dijemur di bawah panas matahari setelah selesai dicat. Cukup simpan dalam ruangan dengan suhu normal selama 24 jam. 
  3. Jika takut warna glaze akan luntur, setelah di lap menggunakan kain Anda bisa menunggu 20 menit lagi sebelum mengaplikasikan top coat. 

Usahakan agar ruangan selalu bersih, karena kebersihan akan menjadi hal utama dalam finishing yang rapi. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH