5 Tampilan Kursi Kayu yang Unik dengan Warna Natural

Warna natural kebanyakan dipilih karena kesannya yang cocok untuk berbagai macam gaya. Sebuah kursi kayu yang difinishing dengan warna natural biasanya terlihat unik karena desain dari kursi itu sendiri. Bagaimana jika finishing kayu natural itu sendiri bisa dibuat unik? Bagaimana caranya?

Tidak ada yang menyangka jika ternyata sebuah kursi kayu yang biasa saja juga bisa berpenampilan unik kayu finishing warna natural. Kuncinya terdapat pada jenis kayu yang digunakan, jenis cat yang dipilih dan bagaimana teknik aplikasinya. Berbagai macam faktor bisa mempengaruhi satu sama lain.

Bila Anda adalah seorang pemula di bidang finishing, sebaiknya mulai dari sekarang cermati teknik menarik apa saja yang bisa digunakan. Tidak perlu langsung mengaplikasikannya pada kursi mahal, cobalah untuk mengecat kursi kayu jati belanda atau pinus.

Kayu jati belanda, pinus dan palet biasanya sudah memiliki dasar serat kayu yang unik. Jadi kebutuhan finishing selanjutnya adalah bagaimana Anda bisa mengeksplornya menjadi lebih unik. Penasaran apa saja finishing kursi kayu unik yang bisa diterapkan?

Dua Finishing Mudah untuk Kursi Kayu Minimalis Unik

Sebagai dasar, sebaiknya Anda mempelajari bagaimana cara finishing kursi kayu sehingga memiliki penampilan minimalis. Minimalis memang sederhana, namun bukan berarti tidak unik. Tampilan unik bisa dipadatkan dengan bagaimana nantinya Anda memperlihatkan keindahan serat kayu.

Jika dilihat dari finishing minimalis, setidaknya ada dua ide menarik yang bisa diterapkan. Pertama adalah finishing dengan warna kayu sonokeling dan kedua dengan papua rose. Kedua hasil finishing akan memperlihatkan kesan eksotik pada kayu yang unik.

Finishing Kursi Kayu dengan Warna Sonokeling

Kursi kayu jati belanda menjadi pilihan terbaik untuk jenis finishing ini. Anda bisa menggunakan Biovarnish wood stain warna sonokeling sebagai bahan finishing. Warna sonokeling sangat mirip dengan kayu aslinya. Jadi kursi kayu yang tadinya pucat akan disulap menjadi warna hitam yang eksotis.

Proses aplikasinya adalah sebagai berikut ini:

  • Bersihkan debu dan juga kotoran pada permukaan. Pastikan kursi benar-benar kering.
  • Campurkan Biovarnish wood stain dengan air, aduk merata. Kuaskan cat searah dengan serat kayu, dan tunggu kering.
  • Amplas permukaan kursi dengan amplas nomor 400. Bersihkan debu, dan ulangi aplikasi cat jika warna kayu kurang gelap.
  • Campurkan Biovarnish clear coat gloss dengan air. Aduk merata dan kuaskan cat searah serat kayu dengan perlahan. Tunggu lapisan akhir ini kering selama 24 jam.

Finishing Kursi Kayu Unik dengan Warna Papua Rose

Warna papua rose dari Biovarnish wood stain berbeda dengan merk cat lainnya. Pasalnya cat ini memberikan kesan eksotik dengan sedikit warna merah. Jadi tidak hanya hitam seperti sonokeling namun terdapat efek warna merah apalagi jika terkena cahaya. Anda bisa menggunakannya sebagai kursi teras.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah yaitu sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan semua kotoran menempel dan haluskan dengan kertas amplas nomor 220.
  2. Encerkan Biovarnish wood stain dengan air ke dalam wadah. Kuaskan cat ke seluruh permukaan kayu searah serat. Tunggu lapisan hingga kering kemudian amplas secara ambang.
  3. Masih sama gunakan kertas amplas nomor 400. Ulangi aplikasi jika warna cat masih belum merata atau sedikit lebih gelap.
  4. Terakhir aplikasikan Biovarnish clear coat matte yang sudah dicampur air. Kuaskan clear coat searah serat kayu hingga rata. Tunggu mengering selama semalaman.

Tampilan kursi ini dipilih dengan tampilan matte agar efek eksotiknya lebih nyata. Seolah-olah jenis kayu yang digunakan adalah kayu yang mahal.

Tiga Finishing Kursi Kayu Jati Natural yang Unik

Jika Anda tidak menggunakan kursi kayu dari bahan palet atau jati belanda maka pilih jenis finishing yang lainnya. Terutama jika kayu terbuat dari kayu jati, maka lebih banyak kreasi kursi yang menarik. Apa saja jenis finishing menarik yang bisa diterapkan?

Pada kursi kayu jati, Anda bisa menggunakan beberapa finishing unik seperti black wash, white wash atau charcoal dan patina. Berikut ini beberapa jenis finishing yang berbeda daripada biasanya.

Finishing Kursi Kayu dengan Black Wash

Ada empat produk yang dibutuhkan untuk finishing ini. Sedikit bertahap tapi hasilnya akan sangat memuaskan. Proses aplikasi seluruhnya juga hanya membutuhkan kuas dan juga air. Syaratnya campurkan air hingga mendapatkan viskositas 11-12 detik NK2 kecuali Glaze.

Ikuti langkah berikut ini untuk aplikasinya:

  1. Bersihkan permukaan kursi kayu dengan kain.
  2. Campurkan Biovarnish walnut brown dengan air, kuaskan ke permukaan kursi tipis saja. Tunggu kering dan amplas ambang.
  3. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air, kuaskan ke seluruh permukaan kursi. Tunggu kering kemudian amplas ambang.
  4. Campurkan Biovarnish glaze black dengan sedikit air saja. Kuaskan ke permukaan kursi kemudian tunggu 5 menit baru hapus cat dengan kain katun bersih.
  5. Terakhir aplikasikan Biovarnish clear coat matte yang sudah dicampurkan dengan air. Tunggu kursi hingga kering selama semalaman.

Finishing Kayu dengan Whitewash

Kebalikan dari black wash, finishing kursi kayu unik ini akan memperlihatkan kayu yang sudah usang atau terkesan lebih antik. Aplikasi ini membutuhkan tiga bahan finishing yaitu Biovarnish wood stain walnut brown, Biovarnish clear coaty matte dan Biovarnish glaze white.

Proses aplikasinya tidak jauh berbeda yaitu sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan semua permukaan kursi dengan kain atau juga di amplas untuk menghaluskan.
  2. Encerkan Biovarnish wood stain warna walnut brown dengan air. Kuaskan merata searah serat dengan rapi. Tunggu kering baru di amplas ambang.
  3. Encerkan Biovarnish clear coat matte dengan air. Kuaskan clear coat ke permukaan kursi tipis saja. Tunggu kering kemudian amplas dengan ringan.
  4. Campurkan Biovarnish glaze white dengan sedikit air. Kuaskan merata ke seluruh permukaan kursi. Tunggu lima menit kemudian hapus dengan kain katun kering.
  5. Terkakhir aplikasikan clear coat matte kembali dan tunggu kursi kering setelah 24 jam.

Finishing Kursi Unik dan Antik

Kesan antik tidak terlepas dari tampilan yang unik. Antik bukan berarti Anda harus menunggu kursi rusak dan terlihat antik selama beberapa tahun. Kesan antik bisa dibuat menggunakan cat dan teknik ditsress. Seperti apakah aplikasinya, semuanya mengandalkan wood stain, glaze dan top coat.

Proses aplikasi kursi yang antik adalah sebagai berikut ini:

  1. Bersihkan permukaan kursi dengan kain atau amplas juga untuk memberishkan kotoran yang keras.
  2. Campurkan Biovarnish wood stain warna walnut brown dengan air. Kemudian aduk hingga merata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu.
  3. Tunggu kering kemudian amplas dengan amplas 180 pada beberapa sudut dan sikunya. Bahkan jika perlu bagian sandaran kayu. Haluskan dengan amplas 320.
  4. Encerkan Biovarnish glaze brown dengan sedikit air kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu, setelah lima menit hapus dengan kain katun kering.
  5. Terakhir tutup lapisan glaze dengan Biovarnish clear coat matte yang sudah diencerkan dengan air. Tunggu kursi kayu mengering selama semalaman.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.