10 Tips Aplikasi Cat Semprot yang Baik agar Hasil Rata Tidak Sagging

Spray painting adalah cara mudah untuk mendapatkan hasil akhir yang mulus, bahkan pada furnitur kayu. Hal ini terutama berlaku untuk barang-barang yang memiliki desain rumit. Sedangkan lukisan dengan kuas dapat menghasilkan tetesan dan bekas kuas, cat semprot dapat membawa Anda terlihat mendekati sempurna. Seperti semua bahan lainnya, kayu memerlukan beberapa langkah persiapan sebelum mengaplikasikan cat semprot.

  1. Pilih Furnitur yang Tepat

Saat Anda menyemprot cat perabotan kayu Anda, hindari kain pelapis. Jika Anda mengecat furnitur luar ruangan, pilih cat dengan tingkat ketahanan kelembaban dan perlindungan matahari yang tinggi. Hindari mengecat furnitur antik karena mengubah potongan-potongan itu terlalu signifikan dapat merusak nilainya.

  1. Hapus Semua Perangkat Keras

Tergantung pada jenis furnitur yang Anda lukis, Anda mungkin harus melepaskan dan melepas beberapa komponen. Pada lemari dan laci, lepaskan kenop dan pegangan terlebih dahulu. Hapus laci apa pun juga. Cat semua benda ini secara terpisah dan susun kembali perabotan ketika semua bagian kering.

  1. Tutup Sekitarnya dan Objek

Cat semprot terdiri dari partikel-partikel kecil yang dapat mengendap di permukaan sekitarnya, jadi penting untuk melindungi mereka terlebih dahulu. Tutupi semua benda di sekitarnya dan lantai dengan koran, jatuhkan pakaian, atau selotip.

  1. Pasir Permukaan Sebelumnya

Sebelum mengecat furnitur kayu Anda, pasir secara menyeluruh untuk menghilangkan semua sisi kasar. Mulailah dengan amplas kasar dan kemudian ulangi dengan versi yang lebih halus untuk mendapatkan tekstur yang halus.

  1. Bersihkan Secara Menyeluruh Tanpa Membasahi Furnitur

Setelah Anda mengamplas bagian Anda, bersihkan secara menyeluruh dan keluarkan semua serbuk gergaji. Gunakan kain lembut untuk tujuan ini. Hindari menggunakan air karena akan menembus kayu dan menyebabkan kerusakan. Gunakan penyedot debu untuk membersihkan area secara menyeluruh. Setiap debu di daerah sekitarnya dapat mendarat di furnitur ketika cat basah.

Udara dari kompresor dapat digunakan untuk meledakkan debu. Aerosol kaleng udara bertekanan dijual di toko-toko komputer dan hobi.

  1. Gunakan Cat dan Primer Kompatibel
Tips Aplikasi Cat Semprot Yang Baik

Ketika Anda membeli cat dan primer, pastikan bahwa mereka kompatibel satu sama lain. Kebanyakan produsen akan merekomendasikan bahan dasar yang cocok yang akan bekerja paling baik dengan cat.

  1. Berlatihlah pada Objek Scrap Pertama

Merupakan ide bagus untuk mempraktekkan lukisan semprot pada objek bekas atau selembar karton sebelum Anda mengecat furnitur kayu Anda, terutama jika sudah lama sejak proyek lukisan semprot terakhir Anda. Hal ini tidak hanya membuat Anda terbiasa dengan seberapa kuat atau konsisten pistol semprot berperilaku, tetapi ini juga merupakan kesempatan yang baik untuk mengetahui bagaimana Anda akan berdiri dan seberapa cepat Anda akan bergerak. Dengan menghabiskan bahkan beberapa menit berlatih dan mengasah teknik itu, Anda akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dari kayu yang dicat semprot.

  1. Terapkan Primer Sebelum Melukis

Furnitur kayu membutuhkan satu atau dua lapis primer sebelum lukisan. Semprotkan primer dalam mantel ringan di atas furnitur dan pastikan cakupan lengkap. Biarkan sampai benar-benar kering sebelum mengecat. Penggunaan hasil primer dalam hasil akhir yang halus dan mengkilap.

Peringatan: Banyak cat dasar dan cat memiliki bahan kimia dan asap yang keras. Pastikan Anda mengenakan alat pelindung dan sedang mengambil langkah-langkah untuk memastikan ventilasi yang baik seperti menggunakan kipas ventilasi, membuka jendela bila memungkinkan, dan menggunakan masker wajah atau respirator.

  1. Hindari Penyemprotan dalam Kondisi Berdebu atau Berangin

Untuk menghindari semprotan semburan cat dan akumulasi debu pada furnitur yang dicat, cobalah untuk bekerja ketika tidak berangin. Namun, selalu pastikan ventilasi yang baik.

  1. Pertahankan Jarak yang Tepat Antara Cat Dapat dan Mebel

Hindari penyemprotan terlalu dekat atau terlalu jauh. Pertahankan jarak sekitar 10 inci setiap saat. Jangan pernah berhenti menggerakkan tangan saat Anda menyemprot cat.

baca juga : jenis spray gun untuk cat furniture

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH