Mengekspos Tampilan Meja Kayu Trembesi dengan Natural Transparan

Meja yang terbuat dari kayu jati, kayu merbau, kayu ulin sudah sangat terkenal. Ketiga jenis kayu tersebut adalah jenis yang sangat mahal dan kuat. Anda bisa mendapatkan tampilan yang hampir mirip dengan jenis kayu kuat tersebut tapi harga yang lebih murah yaitu kayu trembesi. 

Kayu trembesi mampu menggantikan jenis kayu solid yang mahal, tetapi ada harga ada rupa. Walaupun tampilannya hampir mirip namun kualitasnya tentu berada di bawahnya. Kelemahan dari kayu trembesi berada pada ketahanannya terhadap jamur dan juga rayap. 

Bukan sebuah masalah besar jika Anda bisa menutup kelemahan kayu tersebut dengan produk cat yang memiliki kandungan perlindungan terbaik. Asalkan hasil finishing dari produk tersebut berkualitas dan mampu mengekspos keindahan dari kayu trembesi. 

Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan kayu trembesi sebagai meja, maka pilihan finishing natural transparan adalah yang terbaik. Pilihlah jenis pernis atau cat terbaik untuk memaksimalkan hasil finishing natural transparan. 

Mengapa Warna Natural Transparan adalah Pilihan yang Tepat

Kayu trembesi yang sudah dijual menjadi bentuk meja masih sangat jarang. Biasaya kayu ini  harus dipesan terlebih dahulu atau Anda bisa membentuknya sendiri. Kayu biasanya diolah dalam ukuran meja besar seperti dining table, karena justru disitulah keunikannya. Jadi finishing natural transparan sangat tepat untuk digunakan. 

Bukan hanya itu saja alasannya mengapa Anda harus memilih jenis finishing ini. Ada beberapa alasan lain yang perlu diperhatikan, sehingga Anda tidak akan mengganti tampilan trembesi nantinya. 

  • Serat kayu Trembesi yang Unik

Kayu trembesi memiliki serat yang sangat jelas terlihat. Bentuknya lurus tidak beraturan. Ketika batang pohon trembesi yang tegak dipotong secara vertikal maka serat akan jelas terlihat. Sedangkan jika batang dipotong horizontal maka akan terlihat lingkaran tahunnya. 

Keunikan bentuk serat inilah yang harus diperlihatkan dan hanya mungkin jika Anda menggunakan finishing natural transparan. Anda tidak bisa memperlihatkannya jika menggunakan finishing warna solid atau menambahkan wood stain. 

  • Warna kayu yang kontras

Ada satu hal yang sangat berbeda dari kayu jati dengan meja dari kayu trembesi yaitu warna kayu aslinya. Antara warna kayu gubal dan teras kayu jati biasanya warnanya tidak jauh berbeda. Namun pada kayu trembesi, Anda akan melihat perbedaan warna kontras yang sangat jelas. 

Kayu gubal memiliki warna teras sangat terang seperti kayu pinus, sedangkan bagian gubalnya sangat gelap seperti warna kayu merbau. Jika dilihat sekilas, perbedaan warna trembesi hampir mirip dengan warna kontras pada kayu sonokeling. Hanya saja warna sonokeling sangatlah gelap. 

Dua alasan dari karakteristik kayu trembesi ini membuatnya harus menggunakan warna natural transparan. Warna kayu asli akan terlihat sehingga memberikan kehangatan di dalam ruangan dimana meja kayu trembesi diletakan. 

Produk Finishing Natural Transparan Maksimal

Meja trembesi harus di finishing dengan warna natural transparan, lalu apakah produk yang cocok untuk digunakan. Ada dua jenis cat yang harus digunakan yaitu sanding sealer dan juga clear coat. Dua produk ini akan membuat tampilan transparan sangat maksimal dan produk ini adalah Biovarnish. 

Biovarnish menyediakan sanding sealer dan clear coat atau pernis kayu. Sanding sealer memiliki dua fungsi yaitu menjadi base coat sekaligus membuat clear coat nantinya lebih kuat. Mengapa Biovarnish? Ada beberapa alasan mengapa produk ini mampu memberikan warna natural transparan. 

  • Hasil transparan

Tidak semua cat mampu memberikan tampilan transparan yang maksimal. Contohnya saja cat dengan pelarut thinner. Karena kandungan formalinnya sangat tinggi, lapisan akan berubah menguning dan sangat terlihat. Biovarnish berbahan air sehingga tampilan transparan akan selalu terlihat dan tahan lama. 

Solvent mengandung formalin dan itu menjadi penyebab efek menguning. Sedangkan kandungan formalin dalam Biovarnish dibatasi dan pengaruh air membuat tampilan transparan tidak akan berubah. Bahkan ketika terkena paparan sinar UV cat tidak akan merubah warna kayu. 

  • Aplikasi hanya dengan kuas

Jika dilihat cara mengaplikasikan pernis pada level profesional, kebanyakan akan menggunakan alat semprot. Tapi jika Anda menggunakan Biovarnish maka kuas adalah alat yang direkomendasikan. Anda hanya perlu menggunakan kuas dengan bulu nilon selama proses aplikasi sanding sealer hingga clear coat. 

Kuas akan diaplikasikan dengan sangat ringan dan cat akan menempel. Setiap lapisan yang dibangun adalah lapisan tipis, dan Anda bisa mengulanginya beberapa kali. Melalui teknik yang tepat efek brush mark bahkan tidak akan terlihat. 

  • Pengeringan yang sangat cepat

Tahapan pengeringan biasanya sangat memakan waktu. Padahal Anda hanya menggunakan dua produk cat saja. Namun Biovarnish berbeda, proses kering hanya memakan waktu sekitar 60 menit sja. Itupun tanpa harus terkena paparan sinar matahari. Jadi proses mengecat bisa sangat cepat dilakukan. 

Berbeda dengan cat berbasis solvent yang tergantung dengan panas matahari. Jika tidak akan muncul efek warna putih seperti embun. Ditambah lagi proses pengeringannya butuh waktu beberapa jam. 

  • Tidak menimbulkan bau

Saat mengecat dinding, bau yang keluar dari cat seringkali mengganggu. Bau tersebut pasti menimbulkan rasa pusing hingga batuk. Hal yang sama juga akan terjadi jika Anda menggunakan pernis berbasis solvent. Thinner sebagai bahan pelarut menjadi penyebab utamanya. 

Biovarnish menggunakan bahan pelarut air sehingga inilah yang membuatnya tidak mengeluarkan bau yang mengganggu. Anda tidak akan terganggu dan dapat mengecat dengan nyaman. 

Cara Mengecat Natural Transparan Meja Kayu Trembesi

Produk Biovarnish mampu memberikan banyak keuntungan baik dalam proses hingga hasilnya. Nah kini saatnya mengecat meja dari kayu trembesi. Anda bisa mengecat dengan lebih mudah menggunakan beberapa langkah aplikasinya berikut ini:

  1. Amplas permukaan meja hingga halus dan bebaskan permukaannya dari debu. 
  2. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air, aduk hingga merata dan kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Anda bisa mengecat sesuai arah serat dan tunggu kering. 
  3. Setelah kering, lanjutkan dengan proses pengamplasan. Amplas permukaannya dengan amplas 400 dan lakukan secara ambang. Bersihkan debu amplas dan ulangi aplikasinya sekali lagi. 
  4. Campurkan Biovarnish clear coat dengan air, aduk hingga merata dan tidak ada cat yang mengendap. Lanjutkan dengan proses penguasan searah dengan serat kayu. 
  5. Diamkan meja trembesi kering selama semalaman atau 24 jam agar lapisan pernis mengering dengan sempurna. 

Proses mengecat dilakukan dengan mudah dengan kelima langkah di atas. Selanjutnya adalah bagaimana Anda bisa memelihara meja trembesi agar bertahan dengan lama. Bersihkan meja dengan kain, sebaiknya hindari menggunakan cairan pembersih bahkan bleaching karena akan merusak lapisan coating. 

Tampilan sempurna yang bertahan lama bisa didapatkan jika Anda menggunakan bahan poles kayu. Manfaatkan bahan poles seperti Biopolish Linseed Oil setiap satu bulan sekali atau tiga minggu sekali. Bahan poles akan menjaga meja kayu trembesi dari serangan rayap dan juga jamur. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH