Cat Kayu Putih dari Bioduco Chalk Paint Membuat Tampilan Bersih

Warna putih seringkali dipilih untuk berbagai macam gaya furniture. Apa yang menarik dari warna putih adalah memberikan tampilan bersih. Sayangnya untuk mendapatkan warna putih pada furniture ini bisa dikatakan cukup sulit. Kebersihan ruangan , cat dan alat aplikasi menjadi kunci utamanya.

Salah mengaplikasikan justru akan membuat furniture di rumah Anda menjadi rusak dan kotor. Pemilihan bahan finishing juga harus tepat karena jika tidak warna putih akan berubah menguning. Warna putih juga bisa berubah warna kuning karena penggunaan top coat solvent.

Jadi bagaimana Anda akan mewujudkan furniture kayu dengan warna putih bersih? Apakah ada perlakuan khusus pada saat finishing? Ikuti semua cara mudahnya dalam artikel ini.

Keuntungan Menggunakan Furniture Warna Putih

Warna putih bukan hanya sekedar memberikan kesan yang bersih saja. Ada beberapa keuntungan lainnya dari furniture dengan warna putih. Berbagai macam keuntungan inilah yang akan membuat furniture warna putih banyak dipilih.

Apa saja keuntungan yang akan didapatkan? Berikut ini macam-macamnya.

  1. Bisa digunakan untuk berbagai macam gaya mulai dari modern hingga vintage.
  2. Ruangan akan tampak luas jika menempatkan ruangan dengan dinding putih and furniture putih.
  3. Mudah dilapisi dengan cat yang lainnya, jika Anda sudah bosan dengan warna putih.
  4. Memberikan kenyamanan, khususnya pada furniture kayu yang berukuran lebih besar.
  5. Mudah didapatkan, hampir semua jenis cat menyediakan warna putih.

Apapun jenis merk cat, pasti memiliki pilihan warna putih. Nah disinilah Anda harus memanfaatkan Bioduco chalk paint yang akan memberikan warna putih dengan maksimal. Cat ini menyediakan dua warna yaitu cat kayu putih tulang yaitu broken white dan putih biasa yaitu white.

Manakah jenis warna putih yang akan Anda pilih dari chalk paint dapat disesuaikan dengan jenis gaya yang ingin diterapkan. Kelebihan lainnya dari Bioduco chalk paint adalah proses aplikasi cenderung mudah. Anda bisa mendapatkan warna gloss atau matte.

Kabinet Warna Putih

Keuntungan Menggunakan Bioduco Chalk Paint

Ada dua warna yang ditawarkan oleh Bioduco chalk paint, keduanya akan memberikan efek berbeda. Ditambah dengan tampilan akhirnya Anda bisa membuat tampilan gloss dan juga matte. Disamping penampilan, perlindungan dan proses aplikasinya sangat mudah serta maksimal.

Apakah yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan chalk paint? Ini keuntungannya:

  1. Proses kering yang cepat tanpa dijemur cat akan mengering 60 menit.
  2. Cat hanya perlu diaplikasikan dengan kuas dan bahan pelarutnya adalah air.
  3. Cat akan memberikan daya tutup sempurna sehingga warna kayu dan seratnya tertutup maksimal.
  4. Cat sangat aman, mengingat bahan dasarnya adalah air. Cirinya tidak mengeluarkan bau menyengat.

Cara Mendapatkan Furniture Kayu Warna Putih

Manakah jenis warna putih yang akan Anda pilih dari Bioduco chalk paint, keduanya sama-sama memberikan tampilan putih. Hasil aplikasinya juga tidak jauh berbeda. Hanya membutuhkan beberapa kali lapisan saja akan membuat warna kayu dan seratnya tertutup maksimal.

Nah untuk mengaplikasikan Bioduco chalk paint, setidaknya ada dua hingga tiga kali lapisan yang diberikan. Proses aplikasinya hanya tiga yaitu persiapan, pengecatan dan memberikan lapisan akhir. Pada lapisan akhir ini Anda bisa memilih hasil tampilan yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan.

Persiapan Pengecatan Furniture Warna Putih

Mempersiapkan furniture untuk memiliki warna putih mengacu pada tiga hal yaitu material alat dan juga bahan. Pada persiapan material Anda hanya perlu mengamplas dan membersihkan semua debunya. Proses mengamplas dimulai dengan kertas amplas nomor 220 dan amplas searah dengan serat kayu.

Lakukan pengamplasan dengan balok kayu atau bisa dengan mesin agar lebih cepat. Jangan lupa untuk mengganti amplas jika sudah halus. Bersihkan debu amplas dengan dua cara, pertama menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi. Kedua dengan vakum, pastikan tidak ada debu yang menempel dan kayu tetap kering.

Persiapan alat adalah wadah untuk mencampurkan cat, pengaduk, kuas bulu nilon dan juga amplas nomor 400. Sedangkan cat yang digunakan adalah Bioduco chalk paint warna putih, air, dan juga Bioduco top coat.

Proses Mengecat Furniture Kayu Warna Putih

Saatnya mengecat dengan chalk paint ketika alat dan bahan sudah disiapkan. Pertama campurkan Bioduco chalk paint warna putih dengan air di dalam wadah khusus. Aduk hingga merata, Anda bisa menggunakan 2 bahan : 1 air. Kemudian pastikan sekali lagi permukaan kayu sudah bersih dengan kain.

Kuaskan cat warna putih ke permukaan furniture secara merata, ikuti arah serat kayu. Pada lapisan pertama cukup tipis saja dan tidak perlu khawatir warna kayu masih terlihat. Tunggu hingga kering lapisan ini selama 60 menit. Kemudian amplas secara ambang saja.

Aplikasikan sekali lagi cat dengan kuas, kali ini lakukan secara ringan. Arahkan kuas searah serat dengan sudut 45 derajat. Biasakan menguas kearah vertikal agar lebih mudah jadi. ubah posisi furniture dengan arah tersebut. Pada bagian sudut tepukkan kuas sehingga cat bisa merata.

Tunggu lapisan ini menjadi kering sehingga lapisan terakhir bisa dilakukan. Pengeringan akan berlangsung selama 60 menit. Setelah itu lanjutkan ke proses ketiga.

Proses Pengecatan dengan Top Coat

Top coat adalah lapisan film berwarna transparan yang akan melindungi cat dan juga kayu. Fungsinya adalah untuk membuat kayu menjadi lebih kuat terhadap serangan jamur, panas, dan juga kelembaban. Warna transparan yang diberikan ada dua pilihan yaitu matte dan juga glossy.

Bioduco top coat gloss akan memberikan cat kayu putih mengkilap. Sedangkan jika Anda suka dengan warna cat yang tidak mengkilap pilihlah matte. Proses aplikasinya pun sangat mudah yaitu dimulai dengan mencampurkan top coat bersama air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air.

Kuaskan larutan top coat ke seluruh permukaan kayu searah dengan serat. Aplikasikan tipis saja, lakukan hingga semuanya merata. Jika belum tunggu top coat mengering selama 60 menit, amplas kemudian aplikasikan top coat ulang.

Setelah selesai dan semua bagian furniture warna putih terlapisi, tunggu proses kering selama 24 jam. Lapisan film akan mengering dan menciptakan cat kayu putih yang bagus dalam beberapa waktu yang lama.

Perawatan Furniture Kayu agar Putih Tahan Lama

Langkah terakhir adalah perawatan, pengecatan adalah memberikan perawatan kayu pertama. Namun selanjutnya Anda harus melakukan pemolesan kayu sehingga warna putih bertahan. Bahan poles kayu akan memberikan warna furniture menjadi lebih mengkilap dan juga tahan lama.

Tidak hanya berhenti disitu saja, bahan poles biasanya memiliki kandungan bahan anti jamur. Jadi akan memberikan perlindungan dua kali lipat sehingga tidak ada jamur yang masuk dan merusak furniture.

Bahan poles yang sangat direkomendasikan adalah Biopolish Linseed Oil. Cara aplikasinya adalah dengan dikuaskan tipis ke seluruh permukaan. Kemudian lanjutkan dengan menggosok permukaan furniture bersama kain katun. Gosoklah hingga warna kayu berubah lebih mengkilap.

Artikel "Teknik Aplikasi"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.