Mau Dining Table Tampak Elegan dengan Pernis Kayu? Ikuti Cara Ini

Siapa yang menyangka bahwa dining table di rumah Anda yang sudah kusam bisa diubah menjadi elegan kembali. Bahkan prosesnya hanya membutuhkan pernis kayu. Asalkan Anda bisa mendapatkan produk pernis terbaik, maka mengecat bisa menjadi kegiatan yang sangat mudah. 

Anda bahkan tidak perlu mengundang tukang kayu khusus untuk melakukan finishingnya. Jika dibandingkan, tentunya mengerjakan refinishing sendiri akan lebih mudah. Jika Anda menggunakan tukang profesional, harga yang dipatok bisa mencapai jutaan rupiah. Perbandingkan yang sangat jauh bukan? 

Hanya saja pernis yang dipilih harus benar-benar bagus. Jika tidak hasil finishing pastinya tidak memuaskan. Produk yang disarankan untuk digunakan tidak lain adalah Biovarnish. Alasannya adalah pernis kayu ini akan memberikan tampilan transparan yang melindungi. Baik kebutuhan dinding table untuk tampilan dan terjaga ketahanannya sangat tinggi. 

Ditambah lagi, selama menggunakan Biovarnish, Anda hanya perlu menggunakan kuas. Cat ini dirancang khusus agar semua penggunanya tidak perlu menggunakan alat semprot yang mahal. Cukup dengan kuas berbulu nilon, finishing bisa dilakukan dengan sangat mudah. 

Tahapan Mengecat Dining Table dengan Biovarnish

Hal pertama yang harus Anda pelajari adalah bagaimana tahapan dari mengecat. Ketika membaca kemasan dari cat, tentunya akan banyak varian cara menggunakannya dari beberapa merk. Nah karena Anda akan menggunakan Biovarnish, cukup dua produk saja yang digunakan yaitu sanding sealer dan pernis yaitu clear coat. 

Setidaknya ada lima tahapan yang harus dilakukan secara berurutan. Lima tahapan ini bukan hanya sekedar mengecat tetapi juga persiapan hingga pasca pengecatan. Dining table adalah furniture yang sering digunakan, sehingga perawatan yang tepat akan meningkatkan penggunaannya dalam jangka panjang. 

Apa saja tahapan yang harus Anda lakukan? Berikut ini tutorialnya:

Persiapan Dining Table sebelum mengecat

Mengecat dengan Biovarnish tidak melewatkan proses persiapan. Justru melalui persiapan Anda akan menentukan apakah hasil finishing sangat halus atau tidak. Nah persiapan ini meliputi substrat kayu pada dining table. 

Karena Anda hendak melapisi cat pada permukaan kayu yang sudah dilapisi dengan coating maka harus dihilangkan terlebih dahulu. Jika dining table sebelumnya dilapisi cat solid maka butuh bahan kimia khusus untuk menghilangkannya. Bahan ini biasanya terbuat dari solvent. 

Berikut ini langkah-langkah menghilangkan lapisan coating yang lama:

  • Amplas permukaan dining table dengan amplas kasar nomor 100. 
  • Tuang bahan kimia yang menghilangkan lapisan coating dan tunggu beberapa saat.
  • Setelah muncul gelembung hilangkan dengan scrape hingga cat mengelupas dan hilang. 
  • Ulangi langkah ini hingga merata.

Jika Anda ingin menghilangkan lapisan coating pastikan menggunakan sarung tangan karena bahan sangat keras. Jika selesai, Anda bisa mengamplas permukaan dinding table dengan amplas nomor 220. 

Pemilihan Alat yang Tepat untuk Finishing

Walaupun hendak menggunakan kuas, tapi bukan berarti kuas yang digunakan tidak dipilih. Ada banyak merk kuas bulu nilon di toko beserta varian ukurannya. Anda harus memilih yang tepat, selain itu ada juga beberapa alat yang lain sebagai pendukung seperti kain lap bersih, wadah untuk melarutkan cat dan juga isolasi untuk menutup bagian logam pada meja. 

Pada saat memilih kuas yang tepat, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Pilih kuas dengan harga yang lebih mahal karena kualitasnya sudah dipastikan lebih baik. 
  • Kuas juga ukurannya harus lebih besar seperti lima inci karena permukaan meja dan juga kursi yang cukup lebar. 
  • Kuas harus baru, hindari menggunakan kuas yang bekas. Jika menggunakan kuas lama, pastikan bulunya tidak rontok dan bersih. 

Pastikan kuas yang digunakan selalu dalam kualitas terbaik. Karena pernis memiliki warna transparan, jika salah menggunakan kuas akan mempengaruhi hasil akhirnya. 

Persiapan Ruangan dan Bahan

Siapkan ruangan mengecat yang nyaman dimana Anda bisa bebas bergerak. Ruangan juga harus lebih terang dan bersih bebas dari debu. Sedikit debu saja akan mempengaruhi hasil finishing yang rapi. Ruangan harus tetap terjaga sirkulasinya karena akan meningkatkan kecepatan kering dari lapisan coating. 

Bahan yang digunakan tidak lain adalah Biovarnish sanding sealer dan juga clear coat gloss. Mengapa gloss? Tampilan ini cocok pada furniture yang sering digunakan sehingga sedikit goresan saja dapat disembunyikan. Jadi meja makan akan terus menerus terlihat bersih. 

Jangan lupakan juga bahan pelarut yang digunakan. Bahan yang digunakan adalah air tawar yang memiliki PH kurang lebih 7. PH ini akan menandakan bahwa air tidak memiliki kandungan asam. Akan lebih baik jika Anda tidak menggunakan air yang mengandung kapur atau keruh. Air yang kotor juga mempengaruhi hasil finishing. 

Proses Pengecatan dengan Biovarnish

Saatnya yang ditunggu-tunggu yaitu mengecat. Biovarnish akan menghasilkan lapisan dasar yang kuat dan lapisan perlindungan yang transparan. Inilah yang membuat dining table terus menerus tampak elegan. Anda tidak membutuhkan lapisan coating dengan macam-macam warna lagi. 

Berikut ini langkah-langkah mengaplikasikan Biovarnish untuk dining table yang bisa Anda kerjakan di rumah:

  1. Bersihkan permukaan dining table dengan kain yang bersih. 
  2. Larutkan sanding sealer dengan air hingga memiliki viskositas yang tepat. Kuaskan sanding sealer searah dengan serat kayu. 
  3. Diamkan sanding sealer agar mengering selama 60 menit baru di amplas dengan amplas nomor 400.
  4. Larutkan Biovarnish clear coat gloss dengan air. Dapatkan viskositas yang tepat. Baru kuaskan ke seluruh permukaan dinding table. 
  5. Proses pengeringan terakhir membutuhkan waktu sekitar semalaman. 

Pada lapisan sanding sealer dan clear coat Anda bisa mengecat dengan beberapa lapisan. Asalkan setiap lapisan coating harus tipis, sehingga hasilnya perlindungan akan menjadi lebih baik. 

Trik mengecat agar Anda berhasil adalah selalu mengecat searah dengan serat kayu. Arah ini dibutuhkan agar pengecatan berhasil dengan lebih rapi. Anda harus mencermati terlebih dahulu ke arah manakah serat tersebut berjalan. 

Cara Merawat Dining Table dengan Benar

Meja sudah kering setelah didiamkan selama 24 jam, tapi apakah Anda sudah mengenali bagaimana teknik perawatannya? Meja sudah bisa digunakan setelah kering dengan benar. Tapi setelah penggunaan beberapa minggu tampilan kusam pastinya sudah mulai muncul. Oleh karena itu, Anda perlu merawatnya dengan cara memoles permukaan dining table. 

Pemolesan dilakukan dengan cara mudah yaitu dengan bahan poles dan kain katun yang bersih serta kering. Produk poles yang bisa Anda gunakan adalah Biopolish Beeswax yang lebih aman untuk dining table. 

Apalagi jika Anda memiliki anak yang sedang belajar makan. Maka lapisan poles yang diaplikasikan harus aman jika terkena makanan. Biopolish Beeswax terbuat dari lilin lebah sehingga tidak mengandung bahan kimia seperti formalin. Bahkan cara mengaplikasikannya mudah. 

Cukup bersihkan terlebih dahulu dining table yang telah nampak elegan dengan kain kering. Kemudian oleskan dan gosok Biopolish Beeswax ke seluruh permukaan meja. Langkah ini dilakukan setiap satu bulan sekali sehingga dining table terlihat selalu baru. 

Artikel "Teknik Aplikasi"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH