Mengenal Fungsi Pernis Kayu dan Cara Aplikasi dengan Benar Hasil Halus

Jangan remehkan fungsi dari pernis kayu. Tanpa lapisan pernis furnitur dari bahan kayu tidak akan bertahan lama. Sudah tahukah Anda apa saja fungsi dari pernis? Jika mengetahuinya, maka Anda tidak akan memilih produk pernis secara sembarangan lagi. Jika selama ini Anda hanya memilih pernis kayu murah, pasti akan merasakan langsung perbedaanya. 

Ada banyak sekali produk pernis dari yang murah hingga mahal. Melalui perbedaan harga ini Anda sudah bisa melihat bagaimana kualitas dan fungsi dari masing-masing pernis kayu. Produk terbaik pastilah akan menciptakan keindahan kayu bahkan Anda dapat mengkreasikan dengan glaze. Glaze yang diaplikasikan sebelum pernis mampu menciptakan berbagai macam tekstur hingga motif serat.

Di pasaran ada dua jenis pernis yang beredar yaitu pernis kayu berbahan dasar solvent dan juga air. Keduanya bersaing ketat dan memiliki konsumen masing-masing. Baik itu pernis solvent dan water based memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Anda mungkin harus mencoba keduanya agar bisa membandingkan. 

Namun apapun jenis pernis yang Anda gunakan, fungsinya kurang lebih sama. Apa saja fungsi pernis yang harus Anda pahami sehingga tidak meremehkan penggunaannya? 

Macam-Macam Fungsi Pernis Kayu

Sebenarnya ada banyak sekali jenis bahan finishing yang digunakan untuk mengecat kayu. Misalnya saja untuk tampilan warna solid Anda bisa menggunakan produk cat duco. Sedangkan untuk hasil warna natural ada beberapa pilihan seperti dengan poles kayu, wood stain dan juga transparan yaitu pernis. Jadi pernis adalah satu bagian dari berbagai jenis bahan finishing dengan hasil berbeda. 

Begitu menariknya pernis membuat bahan ini lebih banyak digunakan daripada produk lainnya. Bahkan juga digunakan di atas kayu yang sudah dilapisi dengan wood stain. Kira-kira apa sih alasan mengapa pernis begitu menjadi istimewa? Cermati fungsinya berikut ini:

Fungsi 1. Memberikan Tampilan Indah pada Kayu

Alasan pertama dan selalu menjadi yang terdepan adalah memberikan keindahan kayu. Tentu saja fungsi pernis kayu ini memenuhi alasan mengapa orang memilih kayu untuk furnitur mereka. Karena kayu memiliki warna natural dan serat kayu berbeda-beda satu sama lain. Tidak pada serat kayu yang sama walaupun terbuat dari satu jenis kayu. Inilah yang akan ditampilkan pernis yaitu warna kayu asli dan juga seratnya. 

Tampilan dari pernis ini akan memberikan kayu terasa hangat di dalam ruangan. Mengejar hasil inilah maka tidak ada bahan finishing lainnya yang bisa menandingi keindangan pernis. Misalnya saja dibandingkan dengan bahan poles yang hasilnya biasanya lebih pucat. Walaupun transparan namun keindahan kayu tetap terlihat dan warna naturalnya naik satu tingkat. 

Fungsi 2.  Memberikan Proteksi Kayu dari Goresan

Kerusakan pada kayu paling besar diterima dari goresan. Sumber goresan bisa berbagai macam seperti terlalu sering digunakan. Goresan yang muncul pun bervariasi mulai dari yang dalam hingga tipis. Beberapa goresan dalam tentunya akan mudah dilihat sehingga memperburuk tampilan furnitur kayu dalam jangka waktu pendek. 

Disinilah pernis kayu akan bekerja yaitu memberikan proteksi dari berbagai macam goresan yang muncul. Pernis membentuk lapisan yang keras dan sangat kuat, jadi ketikan goresan dalam tersebut akan terbentuk tidak akan mencapai bagian dalam kayu. Hanya akan menggores permukaan pernis saja. Kayu akan tetap terjaga keindahannya. 

Fungsi 3. Menghindari Keretakan kayu dan Menyerap Kelembaban

Kerusakan lain yang muncul bukan hanya dari goresan saja. Kayu mudah retak khususnya jika Anda menggunakan kayu lunak seperti pinus. Jenis-jenis kayu inilah yang paling membutuhkan perlindungan dari pernis. Akibat perubahan cuaca terus menerus apalagi yang mengenai kayu secara langsung, retak akan muncul. 

Keretakan pada kayu juga bisa muncul karena pemotongan atau pengeringan salah. Pernis akan menutup dan mencegah semua jenis retak pada kayu. Jika retak cukup dalam Anda mungkin perlu tambahan dari sanding sealer atau wood filler. Segala retak akan ditutup secara maksimal sehingga kelembaban tidak menyerap dan menimbulkan jamur. 

Fungsi 4. Memberikan Fleksibilitas Tinggi Pada Kayu

Walaupun kayu keras namun ketika terkena perubahan cuaca maka bentuknya akan berubah. Kayu akan memuai pada saat panas dan menyusut saat cuaca dingin. Perubahan bentuk inilah yang menyebabkan kerusakan dan apabila tidak dilindungi dengan pernis retak akan muncul. Pernis kayu yang bagus walaupun keras namun tetap memiliki fleksibilitas tinggi. 

Pernis akan mengikuti perubahan bentuk dari kayu baik itu memuai dan menyusut. Sehingga lapisan coating di bawah pernis pun juga akan mengikutinya. Tampilan pernis akan bertahan lebih lama karena kelebihannya ini. 

Fungsi 5. Meningkatkan Daya Jual dari Furnitur

Furnitur dari kayu memiliki daya jual yang cukup tinggi dibandingkan bahan besi atau aluminium. Hal ini disebabkan juga karena kayu masih banyak digemari. Bentuk furnitur kayu yang indah saja tidak cukup untuk meningkatkan daya jual. Perlu lapisan pernis dengan berbagai macam tingkat glossy untuk menarik. 

Inilah fungsi dari pernis yang tidak ketinggalan, khususnya untuk Anda para pemilik bisnis furnitur. Konsumen tentu saja akan mencari produk kayu yang telah selesai di finishing sehingga bisa langsung menggunakannya. Dengan pernis yang berkualitas pula Anda bisa meningkatkan harga dari produk kayu. 

Cara Mengaplikasikan Pernis Kayu dengan Benar

Berbagai macam cara mengaplikasikan pernis bisa dipilih dan harus disesuaikan dengan hasil akhirnya. Misalnya saja Anda ingin mendapatkan hasil tampilan natural transparan, maka selain pernis apa saja yang harus diaplikasikan? Bisa juga Anda ingin memberikan warna natural kayu jati maka pewarna kayu apa yang harus digunakan sebelum pernis.

Lebih mudah untuk mendapatkan kedua hasil finishing tersebut, Anda bisa memperhatikan cara mengaplikasikannya berikut ini:

Cara 1. Tampilan Natural Transparan Pada Kayu

Khusus tampilan ini Anda hanya perlu menggunakan dua produk yaitu Biovarnish sanding sealer dan Biovarnish clear coat. Karena kesan natural lebih dikedepankan maka pilih clear coat (pernis) tampilan matte. Berikut ini langkah aplikasinya:

  1. Amplas dan bersihkan permukaan furnitur kayu dari kotoran apapun. 
  2. Campurkan Biovarnish sanding sealer dengan air perbandingan 2:1. Aduk merata dan kuaskan searah serat kayu. Tunggu kering dan amplas ambang. Gunakan amplas nomor 400. 
  3. Campurkan Biovarnish clear coat matte dengan air perbandingan 2:1. Aduk merata dan kuaskan dengan arah yang sama. Diamkan pernis mengering selama 24 jam atau semalaman. 

Cara 2. Tampilan Natural Pada Kayu

Menduplikasi warna natural kayu lain bisa menggunakan cara ini. Anda hanya perlu menggunakan Biovarnish liquid stain, sanding sealer kemudian clear coat. Cara aplikasinya pun kuran lebih sama seperti berikut ini:

  1. Bersihkan dan amplas permukaan kayu hingga halus. 
  2. Campurkan Biovarnish liquid stain dengan warna yang diinginkan. Kuaskan ke seluruh permukaan kayu searah serat. Diamkan hingga kering dan amplas ambang. 
  3. Aplikasikan Biovarnish sanding sealer yang sudah diencerkan dengan air. Tunggu kering dan amplas. 
  4. Aplikasikan Biovarnish clear coat yang sudah dilarutkan. Kuaskan dengan arah sama dan diamkan selama 24 jam. 

Semua jenis lapisan pernis biasanya didiamkan selama minimal 24 jam. Jika masih kurang kering Anda harus menambahkan waktu pengeringannya. 

Artikel "Based Knowledge"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH