Manufaktur Cat Dasar Kayu Water Based Bioduco Awet dan Tahan Cuaca

Produksi mebel dan furniture tentunya menggunakan kayu sebagai bahan utamanya. Kayu memang dipilih untuk mebel dan furniture karena memang menarik dan juga bagus serta kuat. Akan tetapi mebel dan juga furniture agar lebih awet dan tahan lama sebaiknya sudah dilapisi menggunakan cat. Dengan melapisi permukaan kayu pastinya pori-pori dari kayu tersebut akan tertutup sehingga air tidak dapat masuk. Air yang masuk ke dalam kayu dapat membuat kayu menjadi lapuk lambat laun sehingga mudah rusak dan tidak dapat digunakan kembali. Untuk itulah sangat penting memberikan lapisan pelindung bagi kayu.

Gunakanlah produk dari manufaktur cat dasar kayu water based Bioduco yang jelas berkualitas dan teruji ampuh melindungi kayu dari air. Bahkan kayu yang sudah terlapisi juga tidak akan ditumbuhi jamur.

Manufaktur Cat Dasar Kayu Water Based Bioduco

Menggunakan produk dari manufaktur cat dasar kayu water based Bioduco memang menguntungkan, karena perlu diketahui bahwa cat Bioduco ini cocok untuk berbagai jenis kayu. Terlebih untuk Anda yang memiliki furniture yang berada di luar ruangan, memberikan lapisan cat ini penting karena dengan adanya lapisan cat maka kayu Anda akan terlindungi secara baik dari gangguan berbagai jenis cuaca baik itu hujan maupun panas.

Kayu yang sudah terlapisi selain awet dan tidak mudah rusak, pastinya warna juga tidak akan cepat luntur.

Cara Memanfaatkan Cat Bioduco Primer agar Furniture Tahan Cuaca

Produk cat dasar kayu yang tahan cuaca adalah Bioduco primer coat. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, maka berkaitan dengan bagaimana cara mengaplikasikannya. Jika ingin mendapatkan perlindungan cuaca yang baik maka proses aplikasi juga perlu diperhatikan. 

Selain Bioduco primer, ada produk lain yang saling mendukung yaitu Bioduco chalk paint/ solid color/ metallic color yang berfungsi memberikan warna. Ditambah lapisan terakhir dari Bioduco top coat. Jika terdapat cacat kayu yang dalam bisa juga ditutup dengan Bioduco wood putty. 

Namun untuk kali ini, akan dijelaskan bagaimana cara mengaplikasikan Bioduco primer coat dengan benar. Alat yang digunakan adalah alat semprot HVLP yang cocok untuk DIY atau pengrajin kayu. Berikut langkah aplikasinya. 

  • Mempersiapkan permukaan kayu

Persiapan adalah hal yang sangat penting dalam finishing, dilakukan sebelum mengaplikasikan cat dasar kayu. Meliputi pengamplasan dan penggunaan dempul untuk menutup cacat kayu. Dempul yang bisa digunakan adalah Bioduco wood putty. 

Pertama, amplas permukaan kayu dengan kertas amplas 220 jika sudah halus sebelumnya. Jika masih kasar bisa dimulai dengan nomor 150 atau 180. Selesai mengamplas gunakan kanebo yang sudah dibasahi untuk membersihkan debunya. 

Isikan dempul kayu ke bagian cacat furniture khususnya bagian lubang yang dalam. Diamkan dempul mengering selama 20 menit kemudian ratakan dengan amplas nomor 240. Bersihkan kembali debunya dengan kain lap yang kering. 

  • Mempersiapkan larutan Bioduco Primer Coat

Langkah selanjutnya adalah mencampurkan bahan dengan pelarutnya yaitu air. Siapkan satu kaleng Bioduco primer coat, sesuaikan jumlahnya dengan luas permukaan furniture. 1 kg primer bisa digunakan 8-10m2 dalam satu lapisan. Kemudian proses pelarutan dilakukan di wadah bersih terpisah. 

Campurkan 2 bahan : 1 air kemudian ukur dengan alat viskositas NK2 hingga mendapatkan 11-12 detik. Untuk mendapatkan ukuran yang pas jangan lupa untuk mengaduk cat dengan alat pengaduk stainless steel supaya tidak terjadi kontaminasi. 

  • Mencoba cat dengan spray gun

Apabila cat sudah mendapatkan viskositas yang tepat maka akan lebih mudah nantinya untuk menempel langsung pada permukaan furniture. Setelahnya baru nyalakan kompresor dan isi angin, kemudian masukan larutan primer ke dalam tabung spray gun HVLP. Isi jangan sampai penuh dan tutup. 

Atur tekanan angin dan semprotkan pada bidang kayu lain sebagai percobaan. Letakkan bidang kayu berdiri supaya lebih mudah dalam pengecatan. Atur jarak antara nozzle dengan permukaan kayu 15 cm, kemudian coba semprotkan. Jika langsung menempel tanpa sagging artinya sudah siap. 

Namun jika belum dan muncul sagging cobalah untuk mengatur jarak lebih jauh lagi yaitu 20 cm. Ayunkan tangan sambil menyemprotkan ke bidang kayu. Biasanya hasilnya bisa langsung bagus, artinya sudah siap memulai pengecatan. 

  • Mulai aplikasi

Kini spray gun dan cat siap diaplikasikan, semprotan cat dengan jarak yang sama seperti saat percobaan. Kemudian ayunkan ke arah horizontal yang mudah dan pengecatan bisa dilakukan sebaris demi sebaris asalkan urut dan merata.

Selesai lapisan pertama horizontal, lanjutkan dengan aplikasi lagi secara vertikal. Fungsinya untuk mengunci pori kayu sehingga lapisan coating lebih tebal dan merata. Lakukan secara bertahap ke seluruh permukaan dengan cara sama. 

  • Pengeringan dan pengamplasan

Selesai mengecat saatnya mengeringkan, karena menggunakan Bioduco primer maka tak perlu penjemuran. Diamkan furniture di tempatnya selama 60 menit. Pastikan saja sirkulasi udara di tempat tersebut baik sehingga bisa lebih cepat kering. 

Kemudian baru lanjutkan dengan proses pengamplasan. Cukup amplas ambang saja tanpa mesin dan dengan amplas nomor 400. Bersihkan debu amplas. Bisa ulangi aplikasi mengecat jika warna dari primer lapisan pertama belum menutup. 

Manufaktur Cat Dasar Kayu Water Based Bioduco

Cat-dasar-kayu-water-based

Apabila anda tertarik menggunakan produk manufaktur cat dasar kayu water based Bioduco , Anda dapat membelinya melalui website ini. Produk yang jelas berkualitas terbaik dan mampu melindungi kayu dari berbagai jenis air dan cuaca sangat direkomendasikan sekali khususnya bagi industri mebel dan juga furniture bahkan untuk Anda yang ingin memberikan perlindungan furniture dirumah.

Sekali lagi, selalu gunakan produk manufaktur cat dasar kayu water based Bioduco yang sudah jelas terbukti dapat melindungi berbagi jenis kayu dari air. Untuk infromasi dan pemesanan silahkan menghubungi customer service kami via telp ke no. 0822-2026-5056 atau WhatsApp (WA) ke no. 0878-3934-6433. Jika ingin membeli langsung bisa melalui :

  1. https://www.tokopedia.com/catkayu
  2. https://www.bukalapak.com/u/catwaterbased
  3. https://www.tokopedia.com/bioindustrieso

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH