Menciptakan Kabinet dengan Finishing White Wash dari Biovarnish

Anda memiliki kabinet dapur lama dan sudah mulai usang. Baik itu karena cuaca, warna yang mulai memudar ataupun karena banyak bagian yang sudah mulai rusak jangan membuangnya.

Ingat bahwa di awal Anda tidak membeli kabinet dapur tersebut dengan harga yang murah. Mungkin cara yang paling mudah dan juga paling cepat adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Namun jika itu Anda lakukan maka Anda akan menambah jumlah sampah furnitur.

Anda mungkin berinisiatif untuk memberikannya kepada orang lain namun mengapa harus Anda berikan kepada orang lain jika ternyata Anda bisa memperbaikinya sendiri. Bahkan Anda akan mendapatkan penampilan unik sesuai dengan keinginan Anda.

Ada banyak sekali macam hasil tampilan untuk kabinet dapur yang Anda miliki. Pertama Anda harus memutuskan apakah jenis finishing yang tepat untuk diterapkan dan keduanya mulai untuk mewujudkannya.

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara untuk memperbaiki kabinet dapur Anda untuk menjadi seperti baru kembali dengan penampilan yang sama sekali berbeda. Namun terlebih dahulu pastikan jika kabinet dapur Anda terbuat dari kayu solid.

Jika Anda ingin memperbaiki tampilan dari kayu solid akan lebih mudah daripada Anda harus memperbaiki kabinet yang terbuat dari plywood. Caranya sangat mudah coba Anda cek pada bagian belakang kabinet dan pastikan apakah bagian tersebut terbuat dari kayu solid.

Biasanya pada bagian kabinet dapur bagian belakang akan sangat mudah terlihat dan apakah bagian tersebut berubah bentuk menjadi melengkung atau bisa Anda ketuk dan akan terasa apakah terbuat dari plywood atau tidak.

Alasan mengapa Anda harus memastikan jika itu adalah kayu solid adalah karena Anda akan mengelupas bagian cat yang lama dan menggantinya yang baru dan menggunakan beberapa bahan kimia.

Jika Anda menggunakan plywood beberapa bahan kimia akan bereaksi buruk pada plywood yang memanfaatkan bahan lem di awal sebagai pembentuknya. Selain itu Anda akan melakukan bebeapa pengamplasan sehingga akan mengikis bagian permukaan kayu cukup dalam.

Lalu sudahkah Anda siap untuk melakukan refinishing kabinet Anda? Dalam artikel ini Anda akan dipandu untuk menciptakan finishing white wash. Finishing ini akan memperlihatkan tampilan kabinet dapur sperti tua, namun Anda tidak perlu melakukan hal sulit dan menunggu kabinet benar-benar terlihat seperti tua.

Dengan menggunakan bahan finishing Anda akan mendapatkan tampilan kabinet tua dengan mudah.

Persiapan Mengecat Kabinet Dapur

Jika Anda akan melakukan pengecatan ulang maka persiapan harus dilakukan. Selain menyiapkan bahan Anda perlu melakukan persiapan pada media yang akan difinishing. Lepaskan beeberapa bagian kabinet dapur.

Menciptakan Kabinet Dengan Finishing White Wash

Lepaskan bagian pinud kabinet, jika menggunakan kaca pastikan kaca aman dan tidak pecah. Jangan sampai mur dan baut hilang, kumpulkan dan simpan di tempat yang aman. Pastikan Anda ingat bagaimana cara untuk mengembalikan bagian-bagian tersebut. Pastikan juga bagian knop atau bahan besi (logam) telah Anda lepaskan.

Jika sudah Anda bisa mulai menggunakan bahan kimia khusus untuk menghilangkan lapisan cat yang lama. Gunakan bahan kimia yang aman dan ikuti petunjuk dari kemasan, pastikan Anda menggunakan masker dan sarung tangan karet yang tebal.

Pastikan semua bagian cat lama terlah mengelupas dan hilang. Anda akan melihat bagaimana tekstur dan juga serat kayu. Pastikan semua masih terlihat baik dan tidak ada cacat kayu.

Lakukan pengamplasan menggunakan kertas amplas nomor 180. Gunakan hand sander untuk mempercepat proses pengamplasan dan pekerjaan menjadi cepat selesai. Hilangkan debu amplas dengan kain lap yang sudah dibasahi.

Debu akan terangkat karena lap yang telah dibasahi dan pori-pori kayu tidak akan tertutup dari debu atau kotoran. Membuat cat lebh mudah meresap dan menempel dengan baik sehingga tidak akan muncul kegagalan dalam finishing.

Kini Anda sudah mendapatkan permukaan kabinet yang bersih dan juga siap untuk difinishing. Namun Anda perlu menutup beberapa bagian yang tidak ingin terkena cat misalnya seperti pada bagian kaca atau pada bagian yang memiliki logam.

Tutup semua bagian tersebut menggunakan lakban kertas. Pastikan tidak ada bagian lakban yang menggelembung karena cat dapat merembes ke dalamnya.

Memulai Pengecatan Kabinet White Wash

Anda akan memulai pengecatan maka siapkan bahan yang akan digunakan adalah cat. Anda bisa menggunakan cat kayu water based Biovarnish. Gunakan tiga empat macam bahan finishing yaitu Biovarnish Wood stain, Biovarnish Sanding Sealer, Glaze dan Biovarnish clear coat.

Menciptakan Kabinet Dengan Finishing White Wash

Anda bisa memilih wood stain sesuai warna dasar kayu yang diinginkan. Tentu saja pemilihan warna dasar ini sesuai dengan warna kayu yang Anda miliki. Untuk top coat pastikan Anda menggunakan top coat death matte untuk hasil yang sangat natural.

Berikut ini langkah aplikasi finishing kabinet menggunakan spray gun dengan cat kayu water based Biovarnish.

  1. Campurkan Biovarnish wood stain warna pilihan Anda dengan air. Larutkan dengan perbandingan 4 bahan: 1 air. Aduk rata hingga Anda mendapatkan larutan yang tepat. Semprotkan ke seluruh permukaan kayu hingga rata dan diamkan hingga kering benar.
  2. Anda tidak perlu menjemur cukup diamkan dalam ruangan dengan sirkulasi udara yang baik kemudian lakukan pengamplasan secara ambang dengan kertas amplas nomor 400. Hilangkan debu sisa pengamplasan hingga bersih.
  3. Aplikasikan Biovarnish Sanding Sealer yang telah dilarutkan dalam air dengan perbandingan 4 bahan : 1 air kemudian semprotkan ke seluruh permukaan kayu. Pastikan sudah terlapisi hingga benar-benar rata. Tunggu sanding selaer mengering dan amplas kembali dengan cara yang sama.
  4. Aplikasikan Glaze white yang sudah dicampur dengan air hingga mendapatkan kekentalan sesuai yang diinginkan. Jika Anda ingin warna putih terlihat jelas maka gunakan perbandingan 5 bahan : 1 air. Jika tidak maka Anda bisa menambahkan lebih banyak air.
  5. Semprotkan glaze ke seluruh permukaan kemudian tunggu kering sebentar sekitar 15 menit. Gunakan lap basah untuk menghapus kelebihan cat pada permukaan kayu dan hanya tertinggal cat pada bagian serat kayu saja.
  6. Terakhir Anda bisa mengaplikasikan Biovarnish Clear Coat yang telah dilarutkan dengan air menggunakan perbandingan 4 bahan : 1 air. Anda akan mendapatkan hasil finishing seolah-olah kayu tidak dicat jika menggunakan clear coat ini.
  7. Semprotkan clear coat ke seluruh permukaan kayu hingga merata. Untuk mendapatkan kekeringan sempurna diamkan seluruh bagian kabinet selama 24 jam. Jika sudah mengering benar lepaskan semua bagian yang tertutup lakban. Anda bisa mulai merakit semua bagian kabinet dengan mudah.

Kembalikan kabinet seperti semula dan Anda akan mendapatkan penampilan kabinet baru. Anda tidak perlu khawatir soal bau yang biasanya keluar walaupun cat sudah mengering. Dengan menggunakan cat Biovarnish Anda telah menjaga keamnan lingkungan dari pencemaran toxic di udara.

Anda akan mendapatkan permukaan kayu yang baru dan berbeda dari sebelumnya.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH