Cara Mengecat Kabinet Dapur Minimalis Berwarna Putih dengan Mudah

Penting untuk memperhatikan furniture dapur tetap berpenampilan kuat dan menarik. Dapur adalah wilayah yang dekat dengan kelembaban. Jika Anda ingin mendapatkan furniture dapur yang tahan lama dan terlihat bersih maka dimulai dari pengecatan.

Gaya yang diterapkan pada dapur akan memiliki pengaruh yang sangat besar. Dapur yang memiliki gaya shabby chic mungkin akan terlihat ramai karena penggunaan renda dan motif finishing.

Berbeda dengan gaya minimalis, yang memiliki tampilan bersih dan rapi. Warna putih yang dipilih untuk gaya minimalis inilah yang akan membuat dapur terlihat terang. Ditambah dengan pencahayaan yang cukup baik dari lampu atau matahari pada siang hari.

Kebinet dapur adalah salah satu furniture yang wajib dimiliki sebuah dapur. Fungsinya untuk penyimpanan peralatan masak tidak boleh dilupakan. Tentunya pengecatan kabinet untuk dapur yang bergaya minimalis harus diperhatikan.

Mengecat kabinet dapur sendiri akan membantu Anda untuk mendapatkan hasil finishing yang sempurna. Anda bisa memilih bahan finishing terbaik dan melakukan proses pengecatan sesuai kebutuhan.

Bagaimana cara memilih cat dan proses pengecatan berlangsung? Mari kita mulai dari pemilihan jenis cat. Cat kayu yang digunakan harus tepat, ada beberapa cara yang bisa diperhatikan yaitu sebagai berikut ini:

  • Memilih cat yang digunakan untuk material kabinet yang tepat. Apakah material kabinet yang Anda pilih? Kayu solid, kayu buatan atau besi. Anda bisa memilih jenis cat ini sesuai yang tertera pada kemasan. Temukan apakah terdapat instruksi khusus untuk proses aplikasinya.
  • Membeli cat dengan kualitas tinggi. Cat yang digunakan untuk kabinet harus memiliki kualitas terbaik. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan merata. Maka cat yang berkualitas tinggi wajib digunakan.
  • Pastikan jenis cat yang digunakan adalah cat acrylic. Cat ini adalah cat yang kuat dan tahan lama serta mudah untuk dibersihkan. Cat berbahan acrylic yang bisa Anda gunakan adalah cat berbasis air.
  • Pilih cat yang memberikan hasil finishing warna gloss. Tampilan gloss memiliki sheen level yang tinggi. Keuntungannya adalah tampilan tersebut akan lebih tahan gores dan juga mudah untuk dibersihkan.

Ciri-ciri cat tersebut harus Anda dapatkan untuk menghasilkan finishing kabinet yang tepat. Apakah Anda ingin mendapatkan hasil yang sempurna? Nah hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah persiapan kabinet.

Persiapan untuk Mengecat

Bagi banyak orang, mengecat kabinet membutuhkan waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya. Jadi penting untuk merencanakan finishing dengan baik. Selalu gunakan alat pelindung tubuh seperti masker dan sarung tangan karet.

Beberapa jenis cat yang tidak berbahan dasar air sangat berbahaya untuk dihirup ketika mereka menguap. Beberapa diantaranya juga dapat menimbulkan kulit iritasi jadi sangat penting untuk melengkapi diri dengan alat pengaman.

Berikut ini beberapa langkah persiapan yang harus diperhatikan.

  • Bersihkan kabinet

Kosongkan kabinet dapur karena Anda akan mengamplasnya sehingga benda yang disimpan bisa berdebu. Lepaskan pintu kabinet, laci dan juga perangkat keras. Buatlah tanda untuk mempermudah pemasangan kembali.

  • Membersihkan permukaan

Bersihkan semua permukaan kabinet dengan kain dan hilangkan kotoran yang menempel dengan pisau palet. Isilah lubang yang terdapat pada kabinet karena kerusakan. Hindari mendempul lubang yang akan digunakan untuk memasang hardware.

  • Menutup bagian khusus

Anda perlu menutup beberapa bagian khusus yang tidak ingin dicat. Misalnya saja countertop atau area lainnya. Tempelkan isolasi kertas dengan kuat pada area yang akan Anda tutup. Untuk area yang luas seperti countertop gunakan kertas koran dan rekatkan isolasi pada bagian pinggir.

  • Pastikan tidak ada debu

Terakhir sebelum mengaplikasikan cat bersihkan semua debu diseluruh bagian dengan vakum cleaner. Semua permukaan kabinet harus benar-benar bebas dari debu.

Mengaplikasikan Primer pada Kabinet

Persiapan tidak berhenti dalam cara-cara membersihkan saja. Sebelum mengaplikasikan cat kayu warna putih, kabinet dapur harus dilapisi dengan cat dasar. Cat yang digunakan sebagai cat dasar kayu adalah primer coat.

Cara Mengecat Kabinet Dapur Minimalis Berwarna Putih Seperti Profesional

Pilih jenis primer coat yang sama dengan cat yang akan Anda gunakan. Jika Anda memilih cat water based maka gunakan primer coat berbasis air. Proses aplikasi primer coat dengan mudah bisa diikuti berikut ini:

  1. Memulai mengecat dari bingkai kabinet dan kerjakandari bagian dalam ke luar. Apabila Anda mulai mengecat dari dalam lemari maka mulailah dari belakang dan kerjakan ke depan. Gunakan kuas untuk masuk ke sudut area yang lebih detail. Penting untuk mengaplikasikan cat dalam satu kali sapuan agar tidak menumpuk di atas cat yang masih basah.
  2. Gunakan roller mini untuk mengecat bagian bidang yang luas. Primer tidak harus terlihat rapi dan halus. Fungsinya hanyalah untuk menutup warna dan serat kayu. Namun pastikan Anda mengecat dalam satu bidang di satu waktu.
  3. Mulailah untuk mengecat laci dan pintu. Mulailah untuk mengecat bagian yang terperinci seperti sudut. Setelah itu lanjutkan pada bidang yang luas menggunakan roller mini. Tunggu primer mengering.
  4. Ketika Anda menggunakan primer water based tidak perlu menjemur untuk mempercepat pengeringan. Setelah kering lanjutkan dengan pengamplasan ambang. Sebelum beralih pada cat warna pastikan cat primer telah menutup warna kayu dengan sempurna.

Proses Pengecatan yang Mudah

Mengecat kabinet bisa menjadi tugas yang mudah setelah selesai proses priming. Pengecatan bisa menggunakan berbagai macam alat mulai dari kuas dan roller atau alat semprot. Para profesional biasanya menggunakan alat semprot.

Cara Mengecat Kabinet Dapur Minimalis Berwarna Putih Seperti Profesional

Bagi pemula kuas bisa menjadi alat yang praktis dan berlatih untuk mendapatkan hasil seperti profesional. Ada tiga langkah yang bisa Anda ikuti sebagai berikut ini:

  1. Mulai dengan mengecat frame kabinet menggunakan kuas yang berkualitas tinggi. Untuk area yang lebih kecil gunakan kuas sedangkan untuk area yang lebih luas gunakan roller mini. Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan primer coat.
  2. Pada pintu kabinet mulailah mengecat dari bagian dalam kemudian bagian muka. Biarkan kering untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan merata. Pastikan semua lapisan menjadi lebih halus dibandingkan primer.
  3. Anda bisa mengaplikasikan cat warna putih hingga dua atau tiga lapisan. Terakhir adalah mengaplikasikan top coat warna gloss. Tunggu lapisan terakhir mengering selama semalaman.

Langkah terakhir bisa Anda lakukan esok hari ketika lapisan cat sudah benar-benar kering. Pertama bersihkan perangkat keras dengan air yang sudah dicampur dengan sabun untuk menghilangkan kotoran.

Keringkan perangkat keras hingga benar-benar kering dengan handuk. Gosokan hardware dengan saput kawat untuk menghilangkan kotoran yang berkerak. Bersihkan debu bekas pengamplasan.

Perlahan pasang perangkat keras, mulai dari knob, handle dan bagian lainnya. Pastikan Anda memasang dengan kuat, jika terdapat sekrup yang rusak gunakan yang baru. Pasang kembali pintu dan juga laci kabinet dapur.

Kini kabinet dapur Anda telah selesai dan bisa digunakan kembali seperti semula. Tampilan yang baru telah Anda dapatkan dan akan bertahan lebih lama.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH