8 Tips Mengecat Furniture Dapur Sederhana dan Perawatannya yang Mudah

Dapur adalah ruangan yang paling sering digunakan. Seringnya penggunaan membuat furniture dapur harus diberikan perawatan yang ekstra sekaligus lapisan cat yang tepat. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil finishing yang tepat pada furniture dapur maka perhatikan cara mengecat yang benar

Salah satu furniture dapur sederhana yang sering digunakan adalah kabinet. Apakah kabinet pada dapur Anda sudah sering digunakan dan memulai memiliki penampilan yang tidak indah kembali? Nah inilah saatnya untuk melakukan pengecatan ulang sekaligus memberikan perawatan yang rutin.

Jika Anda ingin memperbaiki kabinet dan tampilan dapur Anda tanpa mengeluarkan uang yang banyak maka mengenal bagaimana cara mengecat ulang dengan benar sangat diperlukan. Cara paling tepat adalah menggunakan cat water based acrylic yang merupakan jenis cat paling baru dan mudah untuk diaplikasikan.

Cat water based paling mudah diaplikasikan dengan kuas, cara ini mempermudah Anda yang masih pemula dalam hal finishing. Selain itu Anda tidak perlu menutup semua area dapur karena partikel cat yang terbang akibat proses finishing menggunakan spray gun.

Paling penting adalah cat water based tidak menimbulkan bau yang menyengat. Sehingga dapur Anda tetap terjaga kebersihan dan keamanannya dari polusi udara. Dapur Anda tidak akan berubah bau menjadi seperti pabrik bahan kimia.

Kualitas yang diberikan pun tidak mengecewakan. Beberapa produk pernis water based dan cat duco water based memberikan hasil maksimal dengan finishing menggunakan kuas. Dan jika Anda masih ragu menggunakan cat warna sebaiknya pilihlah pernis kayu water based.

Jika Anda ingin mengecat kabinet dapur yang sudah tertempel di dinding maka berikut ini beberapa tips mengecat furniture dapur sederhana yang bisa Anda lakukan.

  • Lindungi countertops

Di bawah kabinet dapur pasti terdapat countertop yang digunakan untuk mengolah makanan. Anda tidak akan melepaskan kabinet sepenuhnya jadi Anda hanya perlu menutupi countertops dengan kertas koran. Cara ini sangat efektif untuk menjaga countertops tidak terkena bahan cat dan pernis.

  • Lepaskan pintu kabinet dan laci
Tips Mengecat Furniture Dapur Sederhana Dan Perawatannya

Anda akan mengecat seluruh bagian kabinet ketika pintu laci bahkan pengait yang terbuat dari logam tidak dilepaskan maka akan sulit menjangkau bagian dalam kabinet. Cat juga tidak akan merata, apabila terkena pengait bahkan knop pintu akan membuat tampilan menjadi buruk. Persiapan ini memang membutuhkan persiapan yang tepat sehingga Anda harus melepaskan bagian-bagian tersebut dan bisa memasangnya kembali apabila seluruh bagian sudah dilapisi cat dan kering.

  • Beri tanda pada pintu

Kabinet tidak hanya memiliki satu pintu begitu juga dengan laci yang dimiliki. Sebaiknya berikan tanda dan tulisan yang menandai nomor pintu. Cara ini akan memudahkan Anda untuk merakitnya kembali setelah proses pengecatan selesai. Jangan lupa berikan nomor juga pada kabinet yang terpasang sama seperti pintu dan juga laci. Anda tidak akan salah saat memasangnya kembali. Jangan lupa untuk bagian logam kumpulkan dan simpan. Jika terdapat paku dan baut juga simpan karena akan digunakan untuk pemasangan nantinya.

  • Jangan terlalu lama mengamplas

Pengamplasan diperlukan untuk menghilangkan lapisan kotoran pada kabinet. Seluruh kayu baik yang menempel di dinding dan dilepaskan seperti pintu harus di amplas. Namun ingat jangan terlalu lama mengamplas, Anda  bisa mengamplas dengan kertas alumunium oxide. Lakukan pengamplasan dengan manual dan menggunakan hand sander, pilih cara yang menurut Anda Paling mudah. Berhenti jika permukaan furniture bersih, kotoran terangkat dan sudah halus. Gunakan kertas amplas nomor 150 hingga 220.

  • Jangan lupa gunakan cat dasar kayu

Furniture dan kabinet dapur lama walaupun sederhana pasti sudah memiliki beberapa cacat. Ketika lapisan cat lama hilang maka cacat pada kayu akan terlihat. Di sini Anda bisa memutuskan untuk memilih hasil finishing open pore dan close pore. Kabinet dapur sangat disarankan untuk menggunakan finishing close pore agar cacat kayu tertutup dan pori kayu terisi dengan baik. Gunakan wood filler dan wood putty yang merupakan dempul kayu sesuai dengan hasil warna yang Anda inginkan. Lakukan proses ini apabila furniture memiliki banyak cacat. Jika tidak Anda bisa menggunakan primer coat atau sanding sealer.

  • Pengamplasan antar lapisan coating

Pengamplasan tidak hanya dilakukan pada saat persiapan furniture saja. Seluruh proses finishing yakni proses pengecatan antar lapisan membutuhkan pengamplasan. Teknik pengamplasan yang dilakukan antar lapisan cat adalah secara ambang, pengamplasan dilakukan dengan kertas amplas halus seperti nomor 320 hingga 400. Mengamplas lapisan coating dimaksudkan untuk mendapatkan permukaan cat yang kasar sehingga cat di atasnya dapat merekat dan kedua menghilangkan debu yang menempel atau cacat finishing.

  • Teknik mengecat dengan kuas dan roller
Tips Mengecat Furniture Dapur Sederhana Dan Perawatannya

Anda bisa memilih alat untuk mengecat yang paling sesuai dengan kemampuan. Sekali lagi disarankan untuk menggunakan kuas. Apapun alat yang digunakan, teknik untuk menguas adalah sama yakni satu arah yakni searah serat kayu. Akan lebih mudah apabila Anda mengecat dengan arh horizontal daripada arah verikal. Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak akan mengecewakan.

  • Gunakan kuas yang berkualitas

Hasil finishing furniture dapur sederhana yang memuaskan adalah menggunakan alat yang baru. Jika Anda menggunakan kuas pastikan menggunakan kuas baru dan hanya batu satu kali pakai. Pastikan bulu kuas tidak rontok bahkan keras. Bulu yang keras akan menimbulkan brush mark sebagus apapun jenis atau produk cat yang digunakan. Jadi berhati-hatilah menggunakan kuas bekas.

Mengenal Perawatan Kabinet Dapur Sederhana

Kini Anda sudah mendapatkan kabinet yang telah dilapisi cat baru. Anda tinggal memasang seluruh pintu dan perangkat keras yang tadinya menempel pada kabinet. Pastikan Anda memasang seperti semula agar tidak terjadi kerusakan. Masalah kerusakan ini tidak hanya terjadi karena kelalaian penggunaan dan juga pemasangan.

Furniture dapur sederhana yang sudah dipasang kemudian digunakan dalam beberapa bulan kemudian bisa saja rusak karena panas, lembab bahkan minyak dari penggorengan di dapur. Lapisan coating mudah rusak dan Anda akhirnya harus mengecat ulang kabinet dapur kembali.

Sungguh usaha yang sangat membutuhkan waktu dan biaya yang tidak murah. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya dilakukan perawatan secara rutin. Apakah perawatan yang dibutuhkan oleh kabinet dapur? Anda harus rajin membersihkannya dari debu yang menempel.

Selain itu, kabinet bisa Anda poles secara berkala setiap satu bulan sekali. Bahan poles yang digunakan pun sangat mudah ditemukan yakni linseed oil. Produk poles kayu ini sangat membantu untuk memberikan tampilan baru dan mengkilap pada furniture, dan juga memberikan perlindungan yang lebih kuat pada lapisan cat.

Cara aplikasi sangat mudah, cukup menggunakan kain kering dan bersih, ambil linseed oil yang berbentuk pasta kemudian oleskan sambil ditekan. Dilakukan pengusapan hingga permukaan kayu terlapisi linseed oil secara merata. Cara ini hanya dilakukan satu bulan sekali jadi sama sekali tidak akan memakan biaya yang banyak dan waktu.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH