Mengenal Melamin Kayu untuk Furnitur Dibandingkan dengan Plywood

Melamin adalah istilah yang mengacu pada jenis plywood yang diproduksi. Lembaran kertas secara mekanis disuntikkan dengan sejenis resin yang dapat mengikat ke permukaan papan partikel tanpa menggunakan perekat. Melamin digunakan untuk membuat semua jenis furnitur mulai dari lemari dapur hingga furnitur dan rak di perumahan dan komersial. Meskipun melamin mungkin bukan pilihan pertama dari setiap pembangun, melamin menawarkan beberapa keunggulan yang berbeda.

Furnitur melamin dibangun dari substrat kayu buatan, seperti MDF (medium density fiberboard) atau kayu lapis, yang telah dilapisi laminasi melamin. Resin melamin memberikan bahan yang berkualitas lebih rendah dari bahan yang sangat tahan lama dan menarik! Inilah yang membuat mebel melamin, seperti lemari, meja kantor, dan counter display, sangat populer! Sementara 100% potongan furnitur kayu asli memiliki manfaatnya, dalam banyak kasus menggunakan furnitur melamin berlapis adalah pilihan yang paling efektif, ringan, dan nyaman.

Mengenal Melamin Kayu Untuk Furnitur

Apakah Anda akan memutuskan menggunakan melamin kayu atau akan tetap bertahan menggunakan kayu solid. Jika Anda ingin menggunakan melamin kayu maka akan ada banyak keuntungannya. Ketahui apa saja keuntungan penggunaan melamin kayu pada furnitur.

  • Tahan lama

Kabinet melamin telah menjadi pilihan populer di lemari dapur karena sebagian karena daya tahannya. Melamin biasanya dibuat dengan mengikat lembaran kertas resin-direndam ke partikel. Meskipun kekuatan papan partikel dapat bervariasi tergantung pada tingkatannya, resin yang mengeras di lembaran melamin menciptakan lapisan luar yang tidak dapat ditembus yang tahan chipping, goresan dan penyok.

Kabinet melamin dapat berdiri untuk penggunaan berat di area dapur manapun, dan permukaan melamin menyeka bersih. Lemari melamin juga dapat berdiri untuk memanaskan dan tidak akan memudar atau retak seiring waktu, sehingga mereka terus terlihat baik dari tahun ke tahun.

  • Pilihan

Melamin juga merupakan pilihan populer karena menawarkan begitu banyak pilihan untuk pemilik rumah, perancang dan pembangun. Lembaran melamin secara tradisional terbuat dari kertas, yang berarti bahwa setiap warna atau desain yang dapat dikandung di atas kertas dapat diubah menjadi lemari dapur yang bergaya.

Kebanyakan lemari melamin tersedia dalam warna putih dasar, tetapi mereka juga dapat dibuat dalam warna pelangi. Beberapa lemari melamin dibuat agar terlihat seperti lemari kayu asli, lengkap dengan pola serat kayu asli dan nada kayu kaya yang tampak alami. Beberapa dealer melamin menawarkan sebanyak 100 atau lebih warna dan gaya yang berbeda dari lemari yang telah dirakit sebelumnya atau bahan bangunan yang dapat diubah menjadi lemari.

  • Biaya

Penghematan biaya melamin menawarkan manfaat yang signifikan dibandingkan bahan kabinet lainnya seperti kayu. Lemari melamin dapat menawarkan penghematan hingga 50 persen lebih sedikit daripada biaya lemari kayu tradisional. Bagi mereka yang lebih menyukai tampilan kayu asli, melamin masih dapat menawarkan alternatif penghematan biaya tanpa mengorbankan kayu asli. Melamin hanya dapat digunakan di bagian dalam konstruksi kabinet, dan veneer kayu asli dapat diaplikasikan pada eksterior. Kombinasi ini menawarkan tampilan dan nuansa produk kayu alami tanpa mengorbankan penggilingan kayu padat dan konstruksi kabinet.

Perbandingan Laminasi Melamin dan Plywood

Salah satu saingan dari produk laminasi melamin adalah plywood. Sama-sama digunakan sebagai berbagai macam jenis furnitur namun keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Konstruksi kabinet plywood menghadapi persaingan dari konstruksi melamin di dunia lemari dapur.

Mengenal Melamin Kayu Untuk Furnitur

Beberapa lemari terbuat dari kayu solid, tetapi sering menggunakan salah satu dari produk-produk ini untuk menciptakan kotak kabinet. Kedua jenis konstruksi menggunakan kayu yang telah dikompresi untuk membentuk papan padat, tetapi masing-masing jenis memiliki kelebihan yang membuatnya menjadi favorit pembuat lemari.

Fakta Dasar Tentang Melamin vs Konstruksi Kabinet Plywood

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diingat tentang produksi, kekuatan, berat dan kepadatan, biaya, dan dampak lingkungan dari setiap produk melamin dan plywood:

  • Plywood terbuat dari lembaran kayu berlapis, dengan pola serat tegak lurus dengan lembaran di bawahnya untuk membuatnya tahan terhadap pemecahan. Sebaliknya, melamin adalah papan partikel atau kayu ditekan, ditutupi dengan lapisan plasticized. Bahan dapat retak atau pecah di bawah tekanan tetapi tidak terpecah. Ini membuat produk yang cocok untuk konstruksi kabinet.
  • Baik plywood dan melamin memiliki beberapa konsentrasi formaldehyde, bahan kimia alami yang terbentuk dari hidrogen, oksigen, dan karbon. Lem yang digunakan dalam konstruksi dapat meningkatkan konsentrasi formaldehida, yang memancarkan VOC (senyawa organik yang mudah menguap) ke udara. Plywood dan melamin dapat dibuat dari kayu yang ditanam secara berkelanjutan dan direkatkan dengan produk yang tahan kelembaban, sesuai dengan standar AS, Eropa, atau Jepang, untuk membuatnya sama amannya.
  • Melamin adalah resin yang sama yang digunakan countertops dilaminasi lainnya. Ini menawarkan finishing yang halus, mudah dibersihkan yang siap digunakan tanpa banyak limbah konstruksi atau perlu dicat atau diwarnai. Sebaliknya, plywood dapat memiliki lubang mata kayu, cacat, dan permukaan kasar yang memerlukan finishing. Karena plywood memiliki pori-pori, akan ada pemborosan dalam membangun lemari karena pori-pori harus berjalan ke arah yang sama.
  • Konstruksi kabinet plywood bisa lebih mudah daripada membuatnya dari papan yang melamin. Lebih mudah untuk memotong dan karena bahannya kurang padat, lebih mudah untuk merakit lemari dengan sekrup dan paku. Kabinet terbuat dari plywood juga lebih ringan, aset untuk lemari atas. Memotong melamin mudah dilakukan dengan gergaji dengan unit penilaian dan router CNC untuk mencegah chipping. Penting untuk mendukung materi saat memotongnya dan memasang sekrup secara tepat.
  • Melamin tidak hanya menawarkan warna solid yang indah dan halus, tetapi juga dapat mereplikasi warna kayu. Banyak orang lebih suka melamin untuk hasil akhir yang padat karena tidak ada butiran yang terlihat, dan bahkan lebih menyukai pola kayu yang seragam. Lainnya menginginkan keindahan alam kayu yang Anda dapatkan dengan konstruksi kabinet plywood.

Pilih Furnitur dari Melamin atau Plywood?

Dalam memutuskan antara melamin atau bahan kabinet plywood, masing-masing memiliki manfaatnya. Melamin efektif biaya, cantik, dan mudah dibersihkan. Kayu lapis lebih mudah untuk digunakan, plus memiliki pori kayu alami.

Selama Anda menyelesaikan lemari dengan pintu berkualitas baik, melamin atau konstruksi kabinet kayu lapis dapat menghasilkan Anda hasil yang indah yang akan bertahan selama bertahun-tahun selama Anda membeli dari pemasok yang berpengalaman.

Untuk pembelian beberapa furnitur dengan material ini Anda bisa melakukannya di beberapa tempat seperti toko furnitur baru, membeli melalui online, pembelian di toko barang bekas. Jika Anda memutuskan untuk membeli di toko barang bekas pastikan kualitas dari furnitur baik itu melamin maupun dari plywood masih baik.

Furnitur bekas dari melamin dan plywood cenderung mudah untuk diteliti pada bagian dalam apakah masih memiliki kualitas terbaik. Pastikan tidak ada jamur yang tumbuh karena jamur menandakan umur furnitur tidak akan bertahan lama.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH