Memilih Finishing Rustic Black Wash untuk Furniture Tampil Eksotis

Bagi Anda yang sudah terbiasa dengan finishing warna duco atau warna natural Anda bisa memilih jenis finishing rustic black yang eksotis.

Furniture  adalah salah satu kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia saat ini. Sedangkan untuk penampilannya sendiri membutuhkan produk finishing yang berkualitas. Ada dua jenis finishing yan sering digunakan sesuai hasil warna yaitu hasil warna solid dan juga warna natural. Warna solid adalah finishing yang menutup warna asli dari kayu. Ada dua alasan biasanya mengapa orang memilih menggunakan cat kayu solid pertama karena warna kayu dan juga serat kayu banyak yang cacat dan kedua adalah untuk mendapatkan gaya yang modern atau menyesuaikan tema rumah modern. Sedangkan untuk warna natural dipilih karena jenis kayu yang digunakan memiliki warna yang bagus dan juga memiliki serat yang menarik. Jenis kayu ini biasanya adalah kayu jati dan memiliki harga tidak murah tentunya. Jika Anda memilih warna natural maka Anda akan mendapatkan hasil warna kayu asli dan juga terihat hangat. Tetapi terkadang bagi Anda yang suka berkesplorasi pasti menyukai hasil finishing yang berbeda dari warna natural maupun solid tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang berbeda Anda bisa melakukan finishing rustic black wash.

Jenis finishing rustic black wash mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Maka Anda bisa mendapatkannya melalui artikel ini apakah finishing rustic black wash, bagaiamana cara aplikasinya dan juga produk apakah yang bisa dan aman untuk Anda gunakan untuk mewujudkannya. Untuk itu simak artikel ini selanjutnya.

Mengenal Finishing Rustic Black Wash

Sebelum masuk dalam istilah finishing rustic black wash mari pahami terlebih dahulu apakah rustic. Finishing rustic adalah memperlihatkan kayu terleihat lawas atau tua. Untuk mendapatkannya Anda harus menunggu lama dan membiarkan kayu terkena panas dan hujan lalu mengalami perubahan secara alami. Cara tersebut akan memperlihatkan keindahan dari kayu yang terlihat seperti sudah tua. Nilai estetikanya sangat tinggi karena kayu akan memiliki tekstur dan juga memiliki warna yang berbeda dari aslinya. Sayangnya jika Anda mengikuti cara yang alami maka Anda membutuhkan waktu yang sangat lama. Saat ini Anda sudah bisa melakukan finishing tersebut tanpa memakan waktu yang lama. Anda cukup membuat tekstur di awal dengan sikat kawat dari kuningan sebelum mulai melakukan finishing atau pengecatan. Lalu jika sudah terbentuk tekstur seperti kayu yang terkikis oleh cuaca maka Anda bisa melakukan finishing.

Setelah Anda mengetahui finishing rustic lalu apakah rustic black wash itu untuk tampilan rustic ada berbagai macam cara pertama seperti silver, bisa juga terlihat menghitam. Kayu yang terlihat menghitam inilah yang disebut dengan finishing rustic black wash. Warna yang dihasilkan akan sangat berbeda dan warna hitam akan munucl pada tekstur kayu dan akan terlihat seperti retakan. Dengan pemilihan warna ini maka kayu akan terlihat sangat eksotis seperti sudah berumur ratusan tahun.

Produk Berkualitas Untuk Finishing Rustic Black

Apakah Anda sudah mengetahui pengertian dari finishing rustic black wash? Untuk melakukan finishing ini, Anda membutuhkan bahan finishing. Jenis bahan finishing yang bisa Anda gunakan tentunya adalah cat kayu solvent maupun cat water based. Kedua jenis bahan ini memiliki hasil yang tidak jauh berbeda. Tetapi untuk tingkat keamannnya sangat berbeda. Untuk cat kayu solvent tentu akan menimbulkan bau yang menyengat dan mengganggu aktivitas finishing. Ini dipengaruhi oleh banyakanya kandungan formalin dan bahan kimia berbahaya lainnya. Ini yang akan menjadi bom waktu dalam tubuh Anda karena bisa saja di kala tua nanti Anda akan terjangkit penyakit kanker karena terlalu banyak menyerap bahan kimai berbahaya pada cat solvent. Sebaliknya, pada cat kayu water based tidak megandung bahan kimia berbahaya tersebut lebih aman dan tidak akan menjadi bom waktu. Sedangkan untuk masalah budget pun lebih murah karena Anda hanya membutuhkan bahan pelarut air saja.

Salah satu jenis cat kayu water based yang sangat direkomendasikan untuk mewujudkan finishing rustic black wash adalah BioColours dan Biovarnish. Gabungan keduanya akan menciptakan furniture tampak tua alami. Cat kayu BioColours dan Biovarnish ini sudah memenuhi standar regulasi ECHA (European Chemical Agency) dan US EPA (Enviromental Protection Agency). Karena sudah memenuhi standar luar negeri maka cat ini sudah pasti aman dan ramah lingkungan. Bahkan bagi Anda pemilik industri furniture skala ekspor tidak perlu khawatir karena cat finishing BioColours dan Biovarnish pasti aman dan lolos uji.  Masih meragukan cat water based saat ini? Dan masih ingin bertahan dengan cat solvent yang berbahaya?

Cara Menggunkana Cat Kayu Bioolours dan Biovarnish

Mewujudkan finishing rustic black wash bukanlah hal yang sulit terlebih jika Anda sudah dilengkapi dengan cat kayu water based. Untuk memulai finishing Anda bisa mempersiapkan bahan dan alat berikut ini:

  • BioColours Sanding Sealer, Biovarnish Wood Stain warna walnut brown, Biovarnish Clear Doff dan Glaze Black.
  • Sikat kawat kuningan, kertas amplas no. 120, kertas amplas no. 400, kuas atau spray, air.
Finishing Black Wash Pada Kayu Jati

Jika Anda sudah menyiapkan bahan dan juga alat diatas Anda bisa memulai finishing. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan kayu. Siapkan material finishing yang sudah kering dengan MC kayu 12%. Sikatkan sikat kawat ke permukaan kayu hingga didapatkan tekstur secara tidak beraturan. Perlakukan sikat searah serat kayu, setelah itu amplas dengan kertas amplas halus untuk menghilangkan bulu-bulu halus agar terasa dan terlihat lebih halus lagi. Apabila Anda sudah mempersiapkan material kayu yang sudah bertekstur maka Anda bisa melakukan finishing rustic black wash berikut ini:

  1. Mempersiapkan BioColours Sanding Selar untuk menutup pori-pori kayu serta memotong bulu-bulu kayu permukana yang sudah bertekstur tersebut. Campukan Sanding Selaer dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan dengan spray gun ke seluruh permukaan kayu. Lalu tunggu cat mengering sekitar 60 menit tanpa harus dijemur cukup dengan suhu ruangan saja. Jika sudah kering lakukan pengamplasan dengan scotch brite.
  2. Jika lapisan dasar sudah terbentuk selanjutnya gunakan Biovarnish Wood Stain Walnut Brown. Campurkan Biovarnish dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air, kemudian aduk hingga rata. Aplikasikan dengan spray system secara merata dan tunggu kering lagi tanpa dijemur. Lakukan pengamplasan dengan kertas amplas no. 400. Apabila warna yang dihasilkan belum sesuai Anda bisa melakukan pengecatan sekali lagi.
  3. Aplikasikan BioColours Sanding Selar kembali. Pada bagain ini Sanding Selar berfungsi sebagai lapisan intermadiate antara lapisan di bawahnya dan diatasnya agar tercipta lapisan film yang lebih kuat dan tebal. Campurkan Sanding Slear dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air kemudian aduk hingga rata dan aplikasikan dengan spray system. Setelah itu tunggu kering sekitar 60 menit dan amplas kembali dengan kertas amplas no.400.
  4. Aplikasikan Glaze black. Campurkan glaze black dengan air secukupnya jangan terlalu kental. Anda bisa mengaplikasikannya dengan kuas maupun dengan spray. Oleskan dengan kuas glaze lagi hingga masuk ke dalam serat kayu. Jika sudah setengah kering maka Anda bisa menghapus dengan kain basah yangs udah diperas. Biarkan sisa cat warna hitam masih tertinggal di dalam tekstur kayu. Tunggu keirng.
  5. Untuk lapisan terakhir gunakan Biovarnish Clear Coat Doff. Campurkan Clear Coat doff dengan air perbanidngan 2 bahan : 1 air. Aduk hingga rata kemudian aplikasikan menggunan spray system. Tunggu hingga kering sentuh sekitar 20 menit. Untuk kering sempurna dibutuhkan waktu semalaman.

Jika melihat kelima langkah di atas, mewujudkan finishing rustic black wash bukanlah cara yang sulit. Anda bisa melakukannya kapan saja karena tidak tergantung oleh panas matahari untuk menunggu cat cepat kering. Maka hal apakah yang akan lakukan sekarang? Anda bisa langsung membeli cat kayu BioColours dan Bioavarnish ke alamat Jalan Sidikan no. 94 Sorosutan Yogyakarta. Untuk pembelian onlien, Anda bisa langsung menghubungi ke nomor WA 0822 1935 7399 atau 082219357640 bisa juga melalui BBM  D69F376B.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH