Alat Pembakar Kayu Palet untuk Furnitur Recycle Tampil Eksotis

Jika Anda adalah seorang DIY maka menggunakan kayu bekas adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Manfaat utama Anda menggunakan kayu bekas adalah tentu untuk menghemat biaya sehingga Anda tidak perlu membeli kayu yang batu sedangkan untuk manfaat yang lainnya adalah Anda akan menjaga dan melestarikan lingkungan.

Bagaimana tidak dengan menggunakan kayu bekas maka Anda tidak akan mendukung penebangan pohon di hutan karena meningkatnya permintaan potongan kayu yang baru. Jika Anda menggunakan kayu bekas untuk membuat furnitur hasilnya juga tidak kalah menarik dibandingkan dengan furnitur yang baru.

Hanya saja Anda perlu memilih jenis kayu yang akan digunakan dan juga bagaimana desain furnitur yang akan Anda gunakan. Bahkan siapa sangka jika furnitur yang Anda ciptakan memiliki nilai tinggi bahkan Anda bisa menjualnya.

Jika Anda ingin melakukan hal ini maka Anda bisa memulai dengan memilih jenis kayu. Ada banyak kayu bekas yang berasal dari limbah industri namun kebanyakan limbah yang dibuang adalah kayu palet. Jangan khawatir karena Anda akan tetap dapat mengolah kayu palet menjadi furnitur yang menarik.

Alat Pembakar Kayu Palet Untuk Furnitur Recycle

Apabila Anda akan menggunakan kayu palet maka pilih kayu palet dan gunakan obat pengawet kayu terlebih dahulu untuk menjaga keawetan dari kayu palet setelah Anda mengolahnya menjadi sebuah furnitur. Pertama Anda bisa menggunakan jenis produk Biocide antiserangga dan juga Biocide anti jamur. Kedua bahan tersebut perlu Anda lakukan sebelum pengolahan bahkan sebelum pengecatan.

Penggunaannnya cukup mudah yaitu dicampur dengan air kemudian dikuaskan dan Anda bisa menunggu lapisan menjadi kering dan baru bisa mengolahnya. Cara ini juga dapat membantu Anda jika akan menyimpan kayu palet dan akan menggunakannya di beberapa bulan mendatang. Bahan akan menjaga keamanan dari kayu palet dari kontaminasi rayap dan jamur.

Ciri Kayu Palet Yang Dapat Diolah Kembali

Bahan pengawet kayu seperti BioCide memang dapat mengawetkan kayu palet lebh tahan terhadap jamur dan juga rayap. Namun terlebih dahulu Anda perlu mencari jenis kayu palet yang masih layak digunakan. Anda tidak bisa sembarangan menggunakan kayu palet karena harus menyesuaikan dengan proyek dan kebutuhan Anda.

Kecuali Anda hanya akan mengambil semua kayu palet dan baru akan memutuskan akan menciptakan proyek furnitur atau homedeco. Namun itupun Anda harus memilih jenis kayu palet yang masih layak untuk diolah kembali sebelum membusuk.

Berikut ini ciri-ciri kayu palet yang masih layak untuk Anda gunakan:

  1. Tidak banyak mata kayu

Jika Anda akan memilih palet kayu dari kayu jati belanda pastikan tidak memiliki terlalu banyak mata kayu. Adanya mata kayu hanya mempersulit Anda ketika proses pemotongan. Adanya mata kayu hanya mempermudah untuk kayu palet berubah menjadi retak dan juga patah.

  1. Pilih yang tidak memiliki banyak retak dan paku
Alat Pembakar Kayu Palet Untuk Furnitur Recycle

Adanya retakan maka menandakan kayu tidak kuat dan pernah rusak. Adanya bekas paku atau banyak paku memperlihatkan lubang kayu. Anda akan sulit dan menambah banyak pekerjaan untuk memperbaikinya dengan dempul. Tapi Anda juga akan mendapatkan material yang tidak tahan lama.

  1. Pilih ukuran dari palet

Anda akan menggunakannya sebuah proyek, pastikan ukuran dari kayu palet sudah tepat dan Anda bisa menggunakannya dengan leluasa. Lebih baik memilih ukuran palet yang besar karena Anda bisa membentuknya dengan mudah daripada kekurangan bahan kayu.

  1. Berapa lama kayu palet sudah dibiarkan

Anda perlu tahu berapa lama kayu palet sudah berada di luar ruangan atau di dalam ruangan. Ini akan mempengaruhi ketahanan dari kayu palet setelah Anda bentuk menjadi sebuah furnitur. Ketika Anda menggunakan kayu palet yang sudah terlalu lama di luar ruangan bahkan penyimpanan yang tidak baik maka kayu akan memiliki kandungan air yang terlalu banyak.

Adanya kandungan air menandakan sudah rapuh dan Anda tidak tahu kapan kayu akan rusak. Bahkan jika Anda melakukan proses pengeringan belum tentu kayu akan dapat kering dengan sempurna dan tidak melengkung. Pastikan hal ini pasti karena akan sangat penting.

  1. Permukaan yang bebas lem

Adanya lem hanya akan menghambat Anda untuk mendapatkan hasil finishing yang halus dan juga rata. Belum lagi jika Anda ingin memberikan hasil finishing warna solid. Adanya bahan lem harus dihilangkan atau Anda sebaiknya memilih kayu palet yang tidak terlalu banyak lapisan lem.

Alat Pembakar dan Cara Yang Digunakan Untuk Finishing Kayu Palet

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil finsihing pada kayu palet yang telah Anda bentuk. Namun bagi Anda yang kurang menyukai finishing menggunakan cat maka pilihlah finishing bakar yang saat ini sedang banyak disukai dan diminati. Bahan finishing yang dibutuhkan hanyalah alat dan minyak untuk lapisan akhirnya.

Alat yang digunakan untuk finishing bakar adalah torch yang akan mengeluarkan api dan Anda akan lebih mudah untuk membakar permukaan kayu dengan aman. Torch dilengkapi dengan gas sehingga api memiliki tekanan yang tepat untuk membakar permukaan kayu palet dan Anda akan mendapatkan serat kayu palet yang terlihat.

Atau Anda bisa membakar kayu palet hingga mendapatkan warna charcoal. Proses pembakaran dapat dimulai dengan memberikan permukaan kayu palet pengamplasan. Jika permukaan sudah siap maka Anda bsia mulai membakar permukaan kayu dengan torch.

Alat Pembakar Kayu Palet Untuk Furnitur Recycle

Proses pembakaran berlangsung Anda harus menjaga jarak anatara torch dengan kayu jika ingin mendapatkan hasil serat kayu yang terbakar. Lakukan pembakaran secara bertahap dan berjalan dari satu bagian ke bagian lainnya secara beraturan. Setelah itu Anda bisa menggunakan sikat kawat.

Penggunaan sikat kawat untuk menghilangkan debu pembakaran dan menciptakan beberapa goresan pada permukaan kayu. Adanya debua akan menghambat dan menyumbat pori kayu. Maka hapus dan hilangkan semua debu pembakaran. Anda bisa menggunakan blower untuk menghilangkannya.

Setelah permukaan terbebas dari debu pembakaran gunakan minyak dan kuas untuk memberikan lapisan akhir pada permukaan kayu palet. Namun minyak hanya akan memberikan lapisan mengkilap. Untuk menggantikan minyak Anda bisa menggunakan top coat.

Gunakan Top coat BioColours matte untuk menghasilkan tampilan yang lebih natural. Anda bisa mencampurkan top coat dengan air sebelum mengaplikasikan. Aplikasikan dengan spray gun hingga rata dan tunggu kering.

Waktu kering yang dibutuhkan agar top coat mengering adalah 24 jam setelah itu Anda akan mendapatkan hasil finishing kayu palet terbakar yang tahan lama karena penggunaan lapisan top coat. Perlindungan yang diberikan adalah dari air sehingga tampilannya akan transparan dalam waktu yang lama.

Jika Anda ingin menggunakan cara ini maka sebaiknya lakukan dalam ruangan yang luas atau ruangan yang terbuka. Siapkan juga pemadam api jika terjadi kecelakaan kerja. Pastikan Anda bekerja jauh dari anak-anak dan menggunakan alat perlindungan yang tepat.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH