Trik Menciptakan Interior Apartemen Earthy Tone Memanfaatkan Kayu Jati Belanda

Earth tone adalah desain interior yang memanfaatkan jenis material alam seperti tanah, warna hijau dari daun atau warna biru langat. Kayu jati belanda bisa menjadi salah satu elemen untuk menciptakan desain earth tone ini. 

Desain ini paling pas untuk diterapkan pada apartemen untuk menciptakan kesan hangat sekaligus luas. Anda bisa mendesain interior apartemen dengan memanfaatkan jati belanda yang notabene kayu paling mudah difinishing. 

7 Trik Memanfaatkan Kayu Jati Belanda untuk Ciptakan Earthy Tone 

Kunci utama untuk mendapatkan desain earth tone yang benar adalah dengan memperhatikan penambahan tekstur dan kontras. Banyak sekali desainer yang mengacu pada hal ini untuk menciptakan interior hangat yang nyaman. 

Interior earth tone yang menggunakan kayu jati belanda bukan berarti mengarah ke interior tradisional. Justri kini earthy tone lebih banyak digunakan untuk desain interior modern. Jika Anda ingin menerapkannya pada apartemen, beberapa trik ini akan sangat membantu. 

1. Gunakan Rak Gantung

Keterbatasan dari ruang apartemen membuat desainer harus pandai dalam memanfaatkan ruangan. Supaya pemilik apartemen bisa meletakan beragam barang maka rak gantung bisa jadi solusi yang tepat. 

Rak gantung ini bisa menghemat ruang namun fungsinya untuk menjadi tempat penyimpanan barang tetap terpenuhi. Anda bisa meletakan beragam pernak pernik unik. Rak gantung juga paling tepat jika digunakan pada ruang menonton tv. 

Agar ruangan apartemen Anda tidak terlihat sempit, Anda bisa menggunakan kayu jati belanda untuk membuat desain yang minimalis. Gunakan rak gantung yang tidak terhubung satu sama lain. Yang Anda butuhkan hanya papan kayu saja. 

2. Meja Makan dengan Finishing Rustic 

Ruang makan apartemen biasanya dibuat lebih ringkas dan menyatu bersama dapur. Jika tidak ingin memiliki ruang terlihat sempit, pilih meja makan portable yang bisa dilipat. 

Demi memperkuat kesan earthy tone, Anda tinggal memilih meja makan yang difinishing rustic. Meja makan dengan finishing ini akan membuat kesan lebih hangat, apalagi  kayu jati belanda sangat mudah untuk di finishing rustic. 

Apabila tidak menemukan meja makan portable dengan finishiging ini, Anda bisa melakukannya sendiri. Kesan rustic ini akan mempercantik ruang apartemen, apalagi dengan menambahkan tempat duduk berwarna abu-abu gelap. 

3. Tempat Tidur Warna Kayu Walnut

Jangan lupakan area ruang tidur, Anda bisa menggunakan kayu jati belanda pada bagian tempat tidur. Buatlah tempat tidur dengan desain minimalis atau kontemporer dengan warna walnut. Warna jati belanda yang cenderung putih memudahkan Anda untuk menambahkan warna lainnya. 

Warna walnut yang cenderung eksotik ini mampu memberikan tampilan yang hangat dalam ruangan. Kombinasikan warna ini dengan dinding warna charcoal dan coklat pada bagian karpet. 

Kombinasi dari ketiga warna ini akan memberikan ruangan terlihat rustic dan sangat nyaman. Tambahkan warna krem untuk membuat tampilan ruangan lebih terang. 

4. Kabinet Dapur dengan Warna Mahoni 

Kembali ke area dapur, Anda membutuhkan kabinet untuk tempat penyimpanan peralatan memasak. Material dan warna kabinet di dapur bisa mempengaruhi tampilan apartemen secara keseluruhan. 

Supaya kesan earthy tone lebih terasa, Anda bisa memberikan warna mahoni pada kabinet. Kayu jati belanda paling mudah untuk di finishing warna ini karena kepekatan dari warna mahoni yang diberikan. 

Gunakan warna yang senada dengan warna mahoni untuk semua jenis kabinet yang diletakan di bawah atau kabinet gantung . Anda tidak perlu memberikan kesan rustic karena cukup diperoleh dari meja makan saja. Buat finishing yang rata dan halus khusus kabinet agar mudah dibersihkan. 

5. Dekorasi Rak Model Tangga di Ruang Tidur 

Anda juga bisa memanfaatkan kayu jati belanda untuk membuat rak dengan model tangga. Rak model ini cukup booming dengan kesan yang cukup artistik untuk diletakan di kamar. Anda juga bisa memindahkannya dengan sangat mudah. 

Soal warna rak, Anda bisa memilih yang senada dengan tempat tidur. Tempatkan beberapa pernak pernik di rak ini dan atur agar tidak terlalu berlebihan. Pada satu kamar cukup dengan memberikan rak sebagai dekorasi. 

6. Kursi dengan Desain Retro 

Apakah Anda sering beristirahat di depan televisi? Selain menggunakan sofa Anda bisa membeli satu kursi yang nyaman dengan sandaran. Gunakan kursi dengan desain retro paling nyaman untuk bersantai dari kayu jati belanda. Ada dua alternatif warna yang bisa dipilih yaitu hitam matte atau warna walnut atau yang lebih gelap lagi. 

Kursi khusus ini harus dibuat semenonjol mungkin. Untuk itu, akan lebih baik menggunakan warna yang gelap. Yang terpenting adalah warna yang digunakan bisa memberikan kesan kontras dalam ruangan. 

7. Meja Sofa Minimalis Warna Walnut 

YAng tidak boleh ketinggalan juga adalah penggunaan meja untuk sofa. Anda membutuhkan meja sofa untuk meletakan makanan dan minuman ketika sedang menonton tv atau istirahat di sofa. 

Pemilihan meja juga jadi pertimbangan yang begitu besar. Anda bisa memilih meja dengan ukuran pendek dan panjang. Meja dengan desain minimalis berwarna kayu walnut lebih cocok digunakan. 

Apalagi jika menggunakan kayu jati belanda, meja akan mudah dipindahkan karena bobot kayu yang sangat ringan. Penggunaan warna walnut akan membuatnya senada dengan meja makan serta kabinet dapur. 

Tips Pemilihan Warna Tepat Kayu Jati Belanda untuk Nuasa Earthy Tone

Jati belanda dipilih karena warna kayunya sangat fleksibel untuk diubah menjadi warna kayu lainnya. Selain itu kayu ini yang paling mudah diperoleh, kualitas cukup mumpuni dan mudah digunakan. 

Hanya saja karena pemilihan warna kayu harus tepat berikut ini kami rekomendasikan beberapa tips agar tidak salah pilih warna yang pas dengan nuansa earthy tone. 

1. Memilih Warna Kayu Eksotis 

Cara pertama adalah dengan menggunakan warna-warna eksotis. Banyak sekali kayu dengan warna eksotis yang bisa dipilih seperti warna jati, walnut dan juga sonokeling. Warna eksotis cenderung coklat ke arah gelap seperti warna tanah. 

2. Memilih Stain yang Transparan 

Supaya warna eksotis tadi terlihat jelas sebaiknya Anda memilih jenis stain yang transparan. Salah satunya adalah Biovarnish Wood Stain. Anda bisa mendapatkan tampilan serat kayu yang asli begitu juga warna yang tajam.

Wood stain dari Biovarnish ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Dengan cara aplikasi yang tepat, warna yang diinginkan akan dengan mudah didapatkan.

3. Pilih Warna dengan Efek Harmoni 

Anda yang bingung memilih warna kayu bisa mencari warna dengan efek harmoni. Warna dengan efek ini akan memberikan kesan yang lebih membuat nyaman di mata. 

Anda bisa memadukan warna walnut dan jati yang senada atau warna walnut dengan charcoal di bagian interior lainnya. 

Sudah tidak bingung lagi bukan bagaimana cara agar Anda mendapatkan kesan earthy tone pada apartemen. Anda hanya tinggal menerapkan beberapa tips di atas, dan jangan lupa untuk gunakan Biovarnish Wood Stain agar warna yang diperoleh lebih tajam. 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH