Mengenal Jenis Cat Duco Kayu yang Cocok Digunakan pada Plywood

Penggunaan plywood di dunia woodworking telah menjadi makanan sehari-hari. Plywood yang harganya lebih murah dibandingkan dengan kayu solid menjadi pilihan utama. Selain itu pula plywood merupakan kayu olahan yang mudah dibentuk. Lalu bagaimana dengan finishingnya?

Apakah jenis cat duco kayu yang cocok digunakan pada material plywood yang diolah menjadi furnitur? Jika Anda mencari jawabannya Anda berada di tempat yang tepat. Penggunaan plywood sebagai furnitur pun bisa lebih tahan lama asalkan ditempatkan di dalam ruangan. Ya furnitur dari bahan plywood tidak dapat terkena hujan dan juga panas terus menerus sevara langsung.

Alasannya adalah plywood yang diciptkana dari beberapa lapisan kayu dan juga veneer membutuhkan bahan lem. Ketika terkena hujan dan panas bergantian terus menerus maka setiap lapisan dari plywood akan rusak dan bahkan mengelupas.

Menghindari kerusakan yang terjadi pada plywood bahkan ketika digunakan dalam ruangan maka, dibutuhkan bahan cat duco yang akan memberikan lapisan perlindungan dari luar ruangan. Untuk itu Anda harus memperhatikan setiap bahan cat yang akan digunakan.

Apa itu Cat Duco dan Bagaimana Memilihnya?

Memahami terlebih dahulu apa itu cat duco akan membuat Anda lebih mudah dalam memilih produk yang tepat untuk finishing furnitur plywood. Cat duco adalah cat berbasis resin yang menghasilkan warna solid dan akan menutup warna kayu. Cat duco ada yang dapat digunakan pada mobil dan berbentuk khusus.

Warna cat duco adalah warna-warna solid seperti merah, kuning, hijau, biru dan turunanannya. Lapisan sering mengambil nama dari pengikat atau resin, dari mana mereka dibuat. Epoxies, alkyds dan urethanes adalah contoh dari resin yang memberi lapisan nama mereka. Tetapi ini bukan satu-satunya bagian yang membentuk lapisan. Selain aditif, yang dapat meminjamkan lapisan sifat kinerja tertentu, dan pigmen yang meminjamkan warna, cat duco juga mengandung elemen yang melarutkan semuanya menjadi cairan untuk aplikasi yang mudah.

Bahan pelarut ini biasanya mengambil bentuk air atau pelarut kimia lainnya. Oleh karena itu istilah “berbasis air” dan “berbasis solvent”. Jenis produk yang tepat untuk pekerjaan finishging plywood itu akan tergantung pada keadaan. Secara umum, yang satu tidak lebih baik dari yang lain, tetapi mereka tampil berbeda dalam situasi yang berbeda. Idealnya, kedua opsi akan ada berdampingan di gudang senjata profesional coating.

Cat Duco Berbasis Air

Cat berbasis air membentuk sekitar 80 persen cat rumah tangga yang dijual menurut Paint Quality Institute, sebuah organisasi penasehat dan pengujian cat. Tidak diragukan lagi ini sebagian besar disebabkan oleh salah satu daya tarik utama produk berbasis air, baik itu cat rumah interior atau lapisan pelindung furnitur dengan lebih sedikit bau.

Ketika bekerja di ruang terbatas atau berventilasi buruk, penguapan solvent dapat menjadi tidak nyaman bagi pekerja atau bahkan berisiko berbahaya bagi kesehatan mereka. Untuk alasan ini, banyak proyek seperti yang melibatkan tangki penyimpanan bahan bakar dan mobil tangki kereta api menggunakan lapisan berbasis air. Ini juga mengurangi konsentrasi bahan mudah terbakar yang menumpuk di ruang tertutup. Itu tidak berarti, bagaimanapun, bahwa penggunaan pelapis berbasis air meniadakan kebutuhan untuk langkah-langkah keamanan ruang terbatas yang disetujui OSHA.

Jenis Cat Duco Kayu Yang Cocok Digunakan Pada Plywood

Kepatuhan lingkungan adalah alasan umum lainnya untuk memilih menggunakan lapisan berbasis air. Banyak pelarut menguap menjadi apa yang dikenal sebagai senyawa organik yang mudah menguap, atau VOC. Pemerintah nasional dan lokal sering mengatur VOC dengan membatasi berapa banyak bisnis yang diizinkan untuk dipancarkan dalam rentang waktu tertentu. EPA menetapkan aturan nasional untuk VOC, tetapi beberapa negara telah memperketat pembatasan lebih jauh lagi, yang mengharuskan upaya bersama untuk membatasi emisi mereka.

Pelapis berbasis air tidak selalu mengandung pelarut nol. Banyak juga kandungan apa yang disebut co-pelarut, solvent hadir dalam konsentrasi yang lebih rendah dan dimaksudkan untuk membantu mendorong sisa air keluar dari lapisan saat mengering. Tapi karena pelapis berbahan dasar air tidak memiliki, atau pelarut yang jauh lebih sedikit, ini adalah cara yang bagus untuk menurunkan output VOC bisnis. Untuk beberapa perusahaan, ini dapat berarti membelanjakan lebih sedikit untuk nasihat kepatuhan lingkungan. Atau jauhkan mereka dari membayar denda yang signifikan karena melebihi kuota VOC.

Cat Duco Berbasis Solvent

Cat berbasis solvent  terdiri dari bahan logam berat  yang dimaksudkan untuk menguap melalui reaksi kimia dengan oksigen. Biasanya, udara bergerak yang mengelilingi pelapis berbasis solvent akan membantu mempercepat reaksi, mengurangi waktu pengeringan.

Pelapisan ini memiliki satu keunggulan utama atas lapisan berbasis air. Mereka kurang rentan terhadap kondisi lingkungan seperti suhu dan kelembaban selama fase pengawetan. Kelembaban sebenarnya dapat mencegah air dalam lapisan berbasis air dari penguapan, membuatnya tidak praktis di beberapa iklim.

Pelapis berbasis air juga menghadirkan tantangan ke tahap persiapan permukaan dari proyek pelapisan. Air, sementara pengganti yang menjanjikan untuk solvent dalam beberapa situasi, juga merupakan komponen kunci dari proses korosi, seluruh alasan untuk industri pelapis industri di tempat pertama. Jika air membuat kontak dengan plywood sebelum pelapisan diterapkan, titik pengkaratan mungkin mulai terjadi. Untuk memastikan bahwa ini tidak terjadi, pelapis berbasis air harus diformulasikan sehingga semua air ditarik keluar melalui lapisan permukaan sebelum korosi dapat terjadi. Ini bukan pertimbangan dengan pelapis berbasis solvent.

Cara Aplikasi Cat Duco Water Based Pada Plywood

Setelah mengetahui jensi cat duco beradasarkan dengan bahan pelarutnya maka manakah yang akan Anda pilih untuk finishing? Saat ini disarankan agar Anda menggunakan cat duco yang memiliki basis air karena cat ini lebih aman digunakan oleh siapa saja dan di mana saja.

Proses aplikasi cat duco juga tidak sulit Anda cukup mempersiapkan air dengan PH yang tidak lebih dari 7 dan melarutkan cat duco sesuai dengan takaran yang ditentukan setiap pabrik cat. Pada plywood Anda bisa mengaplikasikan cat duco berbasis air dengan menggunakan spray gun agar hasil yang diberikan lebih halus dan lebih sempurna.

Aplikasi cat duco pada plywood menggunakan cat water based tidak perlu menyesuaikan cuaca yang perlu Anda perhatikan adalah kondisi dalam ruangan yang digunakan. Ruangan dengan ventilasi udara yang baik akan membuat lapisan cat duco lebih cepat kering.

Cat duco berbasis air yang diaplikasikan pada plywood membutuhkan beberapa lapisan yaitu lapisan dasar dari wood putty, lapisan kedua adalah primer coat, lapisan ketiga adalah cat duco dan lapisan terakhir adalah top coat. Keempat lapisan yang diaplikasikan secara bergiliran akan membuat furnitur yang terbuat dari plywood menjadi lebih tahan lama walaupun diletakan dalam ruangan yang lembab.

Maka dari itu sebaiknya Anda memilih produk cat water based karena saat ini sudah sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH