Baca Ini Sebelum Menggunakan Cat Kayu untuk Pintu Rumah agar Sempurna

Pintu rumah sudah mulai kusam dan terjadi kerusakan dimana-mana? Sudah saatnya untuk melakukan renovasi. Anda tidak perlu mengubah bagian rumah lainnya, dengan tampilan pintu utama pada rumah maka impresi akan berubah.

Pintu utama pada rumah merepresentasikan Anda serta keluarga yang tingga. Sangat penting ketika warna pada pintu akan berbicara mengenai gaya Anda. Mengecat pintu rumah adalah hal yang dapat dengan cepat dicapai.

Anda tidak perlu takut untuk mencoba dan memilih warna yang tepat bahkan berani. Jika Anda tidak puas dengan hasilnya, cukup mengganti warna dengan yang lain bisa dilakukan. Pada saat mengecat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pemilihan warna kayu akan berpengaruh pada seluruh gaya rumah. Memilih warna artinya Anda akan memadukan warna dengan dinding rumah. Selain itu jenis cat yang tepat juga harus dipilih.

Cat kayu yang tepat untuk pintu memiliki ciri tersendiri dan berbeda dengan cat yang digunakan untuk finishing furniture dalam ruangan. Memilih jenis cat yang tepat akan membuat tampilan pintu lebih tahan lama.

Terakhir adalah bagaimana Anda melakukan pengecatan. Proses mengecat tidak boleh dilakukan asal-asalan baik itu pintu baru atau pintu yang lama. Memperhatikan satu langkah dengan lainnya sangat penting agar cat dapat meresap dengan sempurna.

Pada artikel ini berbagai informasi mulai dari memilih warna cat untuk pintu yang tepat hingga cara finishing pintu kayu akan Anda peroleh. Cermati sebelum Anda benar-benar memulai proyek pengecatan pintu.

Cara Memilih Warna yang Tepat untuk Pintu Rumah

Berbagai aspek bisa dipertimbangkan ketika Anda memilih warna cat baru untuk pintu. Anda bisa saja memasukan selera dan gaya rumah yang telah diterapkan selama ini. Bahkan jika Anda malas untuk memilih warna cat gunakan warna cat yang lama juga tidak masalah.

Namun bagi Anda yang ingin memiliki tampilan baru pada pintu utama maka banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Ada cara mudah untuk mendapatkan warna cat yang tepat yaitu sebagai berikut ini:

  • Mengambil foto

Cobalah untuk mengambil foto depan rumah Anda dengan kamera. Kini sangat mudah untuk mengambil foto hanya dengan kamera handphone. Cetaklah foto tersebut dan perbesar gambar yang telah diambil m menggunakan komputer 4 kali lipat dari ukuran asli.

Baca Ini Sebelum Menggunakan Cat Kayu Untuk Pintu Rumah

Anda bisa mencetak beberapa gambar. Potong bagian pintu di gambar kemudian tempelkan contoh warna cat yang telah Anda dapatkan. Cobalah bandingkan beberapa warna pada foto tersebut.

  • Memilih warna kontras

Pilihlah warna yang lebih gelap untuk pintu depan apabila dining Anda menggunakan batu bata dengan warna terang. Anda juga bisa memilih pintu warna terang apabila sisa rumah Anda gelap.

Berikan kontras pada pintu dan dinding apabila Anda ingin menjadikan pintu sebagai pusat perhatian utama. Jika Anda memilih warna yang netral maka rumah tidak akan terlihat menarik.

  • Pilih sesuai gaya

Tentukan gaya rumah sesuai dengan selera Anda. Apakah Anda lebih menyukai warna tradisional dan Anda justru menyukai warna yang tidak terduga. Misalnya saja Anda menyukai warna abu-abu yang menekankan kecanggihan sedangkan warna pintu emas yang akan memberikan sentuhan mewah.

  • Pertimbangkan warna merah

Merah sangat jarang dipilih sebagai warna pintu utama. Banyak orang yang menganggap bahwa warna merah adalah warna keberuntungan. Anda bisa memberikan warna pintu rumah merah ketika bagian rumah yang lainnya berwarna putih dengan hiasan hitam yang akan memberikan kesan klasik.

Tidak hanya kesan klasik saja, warna merah pada pintu juga memberikan tampilan menarik pada rumah yang memiliki warna abu-abu.

Apakah Jenis Cat untuk Pintu Kayu yang Tepat?

Setelah memilih warna kini beralih pada jenis cat manakah yang akan digunakan. Pastinya ketika memilih jenis cat pintu kayu Anda perlu mempertimbangkan ketahanan yang diberikan. Apakah cat yang digunakan mampu memberikan perlindungan atas panas, hujan dan perubahan cuaca yang ekstrim.

Cat yang dipilih bisa juga sama seperti cat yang digunakan untuk furniture outdoor. Walaupun tidak terkena hujan secara langsung, panas matahari akan memudarkan warna cat dengan cepat. terlebih lagi jika Anda memiliki rumah yang menghadap pada matahari terbit atau tenggelam.

Ada dua jenis cat yang bisa Anda pilih berdasarkan dengan bahan pelarutnya. Berikut ini dua jenis cat yang biasanya menjadi pilihan.

  • Solvent based paint

Cat yang terbuat dari bahan dasar campuran resin dan solvent. Thinner adalah bahan pelarut yang digunakan. Anda perlu waspada dengan api karena cat ini sangat mudah terbakar.

Ketika diaplikasikan cat solvent akan memberikan tampilan yang cukup halus, dapat bertahan lama dan mudah diaplikasikan. Larutan cat akan meresap dengan baik dan mengeras ke permukaan pintu kayu.

Jika ingin membersihkan lapisan cat solvent dan menggantinya dengan yang baru dapat menggunakan bahan seperti terpentin, aseton dan thinner.

  • Water based paint

Cat berbahan dasar air menggunakan bahan dasar resin, pelarut khusus dan juga air. Jika menggunakan bahan ini Anda tidak perlu membeli thinner karena hanya air pelarutnya. Jadi Anda juga tidak perlu waspada terjadi kebakaran.

Proses aplikasinya tidak memakan waktu yang lama, Anda cukup menunggu satu hingga enam cat cat akan mengering dengan baik. Cat juga tidak mengeluarkan bau menyengat seperti solvent karena pelarut thinner.

hasil finishingnya juga tahan lama dan akan mengeras pada permukaan kayu. Tidak mudah peeling karena perubahan cuaca. Jika lapisan cat kotor Anda bisa membersihkannya dengan campuran sabun dan air.

Tips Mengecat Pintu Kayu Rumah

Sudahkah Anda siap untuk mengecat? Jenis cat dan warnanya telah Anda pilih. Kini saatnya untuk melakukan proses pengecatan. Pada saat mengecat demi kelancaran, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Peletakan pintu

Apabila Anda akan melepas pintu dan mengecatnya maka baringkan pintu. Dengan membaringkan pintu maka akan mengurangi cat yang menetes ketika diaplikasikan dan pengeringan.

Baca Ini Sebelum Menggunakan Cat Kayu Untuk Pintu Rumah

Namun apabila Anda tidak melepas pintu, cobalah untuk meletakan kain di bawah pintu agar tidak bergerak. Pastikan pintu tetap tenang dan tidak bergerak selama aplikasi berlangsung.

  • Memperbaiki kerusakan

Setelah Anda menghilangkan lapisan cat pintu yang lama maka beberapa cacat atau lubang akan terlihat. Isilah lubang tersebut menggunakan wood putty dengan bahan sesuai cat yang digunakan. Lubang tidak boleh dibiarkan karena akan merusak tampilan dan mempermudah rayap untuk masuk.

  • Aplikasikan primer

Sebelum Anda memulai untuk mewarnai pintu pastikan primer coat diaplikasikan. Primer akan menutupi warna kayu sekaligus menajamkan warna cat yang dipilih. Primer adalah cat dasar kayu yang sangat penting untuk menghindari naiknya minyak kayu.

  • Pengamplasan antara lapisan coating

Sangat penting untuk mengamplas halus antar lapisan coating. Fungsinya adalah menciptakan goresan yang mempermudah lapisan cat di atasnya untuk menempel dengan kuat. Pastikan setelah Anda mengamplas membersihkan debu bekas amplasan untuk hasil finishing yang halus.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH