Cara Menentukan Furniture yang Tepat untuk Ruang Tamu Jadi Nyaman

Ruang tamu adalah salah satu bagian ruang di rumah yang digunakan untuk menyambut tamu. Selain itu, ruang tersebut dapat berfungsi ganda, yaitu sebagai ruang keluarga. Dengan demikian, sebagai pemilik rumah harus memastikan bahwa interior ruangan ini dirancang dengan baik dan dapat memberi kenyamanan bagi semua orang, tidak hanya untuk tamu, namun juga bagi keluarga pemilik rumah. Dalam merancang interior ruang tamu, furniture mempunyai peran yang sangat penting karena selain sebagai daya tarik visual ruang, ia juga mempunyai peran utama. Bayangkan sebuah ruang tamu tanpa perabotan. Kemana Anda duduk dan menjamu tamu? Di mana Anda akan bersantai sambil menonton televisi?

Cara Menentukan Furniture Yang Tepat Untuk Ruang Tamu Anda

Dalam memilih sebuah furniture ruang tamu, pastikan kualitasnya lebih diperhatikan disamping keindahan bentuknya. Lihat juga bahwa Anda akan mengaturnya sesuai dengan bagaimana Anda akan menggunakannya dan bagaimana arsitektur rumah Anda selesai. Selain itu, masih ada hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih furniture ruang tamu. Baca di tips di bawah ini:

  1. Memilih bentuk dan ukuran furniture

    Sebelum memikirkan hal lainnya, Anda dapat memulainya dari hal yang paling dasar, yaitu dalam memilih bentuk dan ukuran furniture dengan mempertimbangkan situasi ruangan yang ada. Anda bisa mengawalinya dengan menentukan tata letak furnituree utama seperti sofa, kursi berlengan, meja tengah dan meja samping. Kemudian Anda dapat melihat di sekeliling ruang tersebut, sehingga akan tahu ukuran furniture yang tepat sesuai dengan yang Anda perlukan untuk fungsi tertentu.

  1. Mengukur dan membuat denah
Cara Menentukan Furniture Yang Tepat Untuk Ruang Tamu Anda

Sangat penting untuk mengetahui ukuran ruang tamu dan membuat denahnya. Ini untuk mempermudah rencana Anda sendiri dan gambaran bagaimana Anda akan menempatkan perabotan di dalamnya. Anda bisa membuat sketsa ruangan tersebut di selembar kertas dan jangan lupa rencanakan juga akses lalu lintas yang nyaman dan lumayan lega ruangan agar tidak mengganggu penghuni lainnya ketika sedang berada di dalam ruang tamu. Ini akan memberi Anda gambaran bagus tentang ruangan tersebut.

  1. Pikirkan fungsinya

    Tentunya Anda berpikir bahwa ruang tamu tak hanya bisa digunakan sebagai tempat menyambut tamu bukan? Untuk itu pikirkan juga apa aktivitas yang akan Anda lakukan di ruang tamu tersebut? Hal ini berdampak besar pada apa yang akan Anda tempatkan di ruang keluarga seperti lemari modular untuk tempat penyimpanan atau tempat di mana Anda dapat menempatkan minuman jika Anda memiliki tamu.

  1. Pertimbangkan arsitektur yang ada.

    Hal ini sangat penting bahwa Anda melihat elemen arsitektur yang ada di rumah Anda. Yang termasuk pada bagian ini adalah pintu, jendela, ventilasi udara dan lain-lain. Dengan demikian, Anda bisa merencanakan dengan baik saat mempertimbangkannya karena jika Anda gagal mendesainnya, perabotan Anda mungkin tidak terlihat bagus di tempat tersebut. Desain interior juga penting bagi Anda untuk memastikan furniture yang Anda dapatkan sesuai dengan tampilan.

  1. Buat rencana
Cara Menentukan Furniture Yang Tepat Untuk Ruang Tamu Anda

Kami telah mengatakan bahwa Anda perlu membuat sebuah rencana untuk merancang dekorasi ruang tamu Anda. Ini bisa menjadi desain formal atau pribadi dengan hanya menggambarnya di atas selembar kertas. Untuk mendapatkan tampilan ruang tamu yang lebih memuaskan, Anda lebih baik meminta bantuan desainer interior 3D untuk menggambarkan ruang tersebut lengkap dengan perabotan yang akan Anda aplikasikan. Selain itu, si perancang interior juga bisa membantu Anda dengan idenya untuk memutuskan apa yang harus dilakukan untuk memperoleh hasil yang sesuai. Kemudian, setelah mendapatkan desain dan rencananya, pastikan Anda tetap mengikuti rencana tersebut.

  1. Pilih furnituree yang berkualitas tinggi

    Pasti Anda tidak ingin mempunyai perabotan yang hanya sanggup bertahan beberapa bulan saja bukan? Jika hendak berbelanja furniture jangan hanya melihat pada jenis dan bentuknya saja. Ketahui juga bagaimana kualitas dari furniture yang Anda pilih tersebut. Perlu diingat bahwa furniture merupakan investasi dan digunakan sampai beberapa tahun ke depan.

Untuk itu, pastikan bahwa Anda tidak hanya melihat desainnya tapi juga memeriksa berapa lama perabotan tersebut tetap bisa bertahan dalam kondisi baik meski pemakaiannya hingga bertahun-tahun lamanya. Itulah sebabnya, bahan utama yang digunakan harus menjadi satu hal yang Anda periksa. Akan tetapi furniture berkualitas tinggi harganya tentu jauh lebih mahal juga.

  1. Harmoniskan furniture

Dalam memilih furniture ruang tamu, jangan hanya melihat bagian ruang tamu saja. Anda juga perlu memastikan bahwa itu sesuai atau dilengkapi dengan perabotan di area lain di rumah, terutama jika Anda memiliki tata letak terbuka di mana semua perabotan dapat dilihat. Harus ada tampilan yang koheren pada furniture Anda. Jadi, Anda lebih baik mengelilingi dan melihat secara detail kondisi ruangan Anda seperti apa sebelum memutuskan untuk membeli furniture.

  1. Kenali temanya

    Sebelum memilih furniture, kenali dahulu konsep atau tema apa yang Anda gunakan dalam mendekorasi ruang tamu. Kemudian pilihlah furniture yang sesuai dengan gaya interior ruang tersebut. Jika Anda memutuskan untuk mendapatkan tampilan eklektik, maka Anda bisa memadukan beberapa furniture menjadi satu, misalnya pengkolaborasian antara perabotan bergaya modern dengan klasik. Namun, jika Anda ingin mendapatkan tampilan modern saja, maka gunakan furniture yang memang bergaya modern minimalis saja.

  1. Beri sentuhan / aksen dengan perabotan kecil

Selain menempatkan furniture dasar yang memang sangat dibutuhkan untuk ruang tamu, ada baiknya jika Anda menambahkan beberapa perabotan kecil sebagai aksen seperti sandaran kursi terpisah. Sandaran ini bisa menambahkan daya tarik tersendiri ke dalam ruangan. Selain itu, juga bisa dipergunakan sebagai alas duduk tambahan terutama bila Anda kedatangan tamu yang jumlahnya melebihi kapasitas kursi tamu. Anda juga bisa menambahkan dengan aksesoris lain di dalamnya seperti bantal.

  1. Jangan berlebihan dalam menempatkan furniture

Seperti biasa, sebaiknya Anda menghindari untuk menempatkan terlalu banyak jenis perabotan pada desain interior ruang tamu. Walaupun furniture yang Anda miliki mewah dan bernilai tinggi, hal semacam ini akan membuat ruangan tidak tampak bagus bahkan terlihat sangat ramai dan kurang nyaman ketika disinggahi maupun dipandang mata. Untuk itu, tempatkanlah hanya beberapa perabotan yang mempunyai fungsi sesuai dengan konsep ruangan tersebut.

Pada dasarnya, memilih furniture untuk ruang tamu merupakan sesuatu yang sangat menantang. Karena Anda pasti akan merasa kagum saat melihat ruang tamu Anda tersebut mempunyai desain yang indah dan nyaman sesuai dengan apa yang Anda impikan. Yang pasti, Anda tidak mau terjadi kesalahan dalam menentukan furnituree yang tepat untuk ruang tamu bukan? Makanya, pastikan bahwa Anda akan mengikuti tips di atas sehingga Anda bisa meraih perabot ruang tamu yang terlihat pas dan terasa nyaman. Saat Anda mendapatkan perabotan Anda, pertahankan bentuknya yang sempurna sepanjang waktu sehingga bisa berfungsi untuk waktu yang lebih lama.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH