Cara Rutin Memelihara Meja Sofa Tamu agar Tidak Berbau Apek dan Awet

Bagaimana Anda sudah melakukan perawatan pada meja sofa di rumah tam? apakahA dans duah mengikuti standar yang tepat atau jstru Anda tidak melakukannya sama sekali. Ada berbagai macam masalah yang timbul jika Anda tidak melakukan pembersihan sceara rutin seperti bau dan juga bekas noda yang tidak hilang pada meja tamu yang terbuat kayu.

Ruang tamu yang kotor bahkan berbau akan membuat tamu Anda tentu saja tidang nyaman berada di rumah Anda. Melewatkan perawatan satu atau dua hari tidak masalah namun jangan sampai Adna tidak melakukan perawatan sama sekali karena hasilnya akan sangat merugikan. Bahkan mengarah pada pencitraan rumah yang kotor.

Adalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana melakuakan perawatan yang tepat pada meja sofa tamu di rumah Anda dengan perawatan harian maupun perawatan terhadap noda tertentu yang cukup sulit untuk dihilangkan.

Cara Memelihara Meja Tamu

Jika dirawat dengan baik meja tamu kayu solid Anda dapat memberi Anda kenyamanan dan keindahan seumur hidup. Berikut adalah beberapa kiat perawatan yang akan meningkatkan tampilan meja tamu kayu solid Anda.

Memelihara Meja Sofa Tamu Agar Tidak Berbau

Kayu dalam furnitur terus terpengaruh kelembaban dengan udara, mengembang dan menyusut sebagai respons terhadap perubahan kelembaban relatif. Respons alami kayu solid terhadap udara yang sangat kering adalah kehilangan kelembaban dan sedikit mengecil. Di sisi lain, jika Anda tidak memiliki pendingin ruangan atau dehumidifier, kelembaban relatif rumah Anda mungkin terlalu tinggi.

Bagian furnitur kayu Anda dapat menyerap kelembaban berlebih dari udara dan mengembang. Sekali lagi, ini akan melakukan perbaikan sendiri saat kelembaban relatif rumah Anda menurun. Maka perawatan yang tepat perlu dilakukan pada meja tamu agar tampilan yang menarik akan selalu dimiliki.

Pembersihan Rutin Pada Meja Tamu

Bersihkan meja tamu hati-hati dengan kain lembut, mengikuti pola serat kayu. Gunakan T-shirt lama, popok bayi atau kain katun tipis yang telah dicuci untuk menghapus ukuran. Pertimbangkan membersihkan meja tamu dengan sabun non-alkalin ringan dan air. Gunakan busa dalam spons basah atau kain, tetapi pastikan untuk melakukan pra-uji solusi pada bagian yang tidak terlihat untuk memastikannya tidak merusak lapisan cat. Keringkan segera dengan kain lembut dan gosok dengan ringan, mengikuti serat kayu.

Membersihkan Meja Tamu dari Noda Tertentu

Berikut adalah beberapa masalah umum dan cara bagi Anda untuk memperbaikinya. Dengan semua solusi ini, cobalah area kecil terlebih dahulu untuk memastikan bahwa obat yang digunakan tidak merusak lapisan cat.

Bekas air berbentuk cincin, bekas air yang mengering seringkali berbentuk cincin pada lapisan cat di permukaan meja tamu. Tutup noda dengan kain kering yang bersih, tekan dengan setrika hangat, dan ulangi. Atau cobalah menggosok dengan pasta gigi putih. Lalu bersihkan.

Bekas putih, gosok dengan kain yang dicelupkan ke dalam campuran abu rokok dan jus lemon atau minyak salad. Atau gosok dengan kain yang dicelupkan ke dalam cairan yang lebih ringan, diikuti dengan campuran minyak terakhir lap kering.

Bekas rokok, luka bakar kecil dapat diperbaiki dengan menggosok dengan wood stain, pastikan Anda mengamplas bagian yang terkena bekas rokok kemudian aplikasikan dengan kuas kecil dengan wood stain yang berwarna sama agar tidak terlalu terlihat.

Bekas terbakar, gosokkan dengan lembut di sepanjang serat kayu menggunakan amplas yang sangat halus, bisa menggunakan amplas yang berukuran 4000, atau kain yang dibasahi dengan thinner.

Bekas cat, jika bekas cat masih basah, bersihkan cat dengan cat berbahan dasar air dan minyak dengan thinner. Jika kering, oleskan dengan minyak biji rami yang telah dipanaskan, tunggu sampai cat melembut, lalu angkat dengan hati-hati dengan pisau dempul atau lap dengan kain yang dibasahi dengan minyak biji rami rebus. Residu dapat dihilangkan dengan menggosok sepanjang serat dengan pasta minyak biji rami direbus dan rottenstone. Lap kering.

Kertas yang menempel, basahi kertas secara menyeluruh dengan olive oil, tunggu lima menit dan gosok sepanjang butir denganamplas halus  lalu lap kering.

Bekas tetesan lilin atau permen karet, lembutkan permukaan tersebut dengan dengan es batu dibungkus kain itu. Cungkil dengan kuku jari. Gosok area dengan amplas halus yang dicelupkan ke dalam thinner. Lap kering.

Langkah-Langkah Pemeliharan Sofa Tamu

Memelihara Meja Sofa Tamu Agar Tidak Berbau

Antara hewan peliharaan, anak-anak, makanan, dalam penggunaan sehari-hari, atau disimpan dalam jangka panjang, kain pelapis sofa tamu dapat menyerap bau yang tidak menyenangkan. Jaga kursi dan sofa Anda berbau segar dan bersih untuk menghindari ketidaknyamanan bagi Anda dan keluarga Anda dan rasa malu ketika tamu tiba. Untuk sebagian besar bau, langkah membersihkan rumah cukup untuk menyegarkan perabotan Anda, tetapi jika masalah Anda lebih serius, pertimbangkan untuk menyewa jasa pembersihan kain pembersih sofa  profesional. Bau yang diserap dari asap rokok sangat sulit dihilangkan.

  1. Periksa label produsen untuk instruksi pembersihan

Membersihkan tumpahan dan noda dari kain dapat menghilangkan penyebab bau. Beberapa label menggunakan kode untuk menunjukkan jenis bahan pembersih apa yang aman digunakan untuk jenis kain tersebut. “W” menunjukkan produk pembersih berbahan dasar air seperti sampo kain pelapis atau detergen ringan. Bersihkan sofa tamu, gunakan produk yang disarankan secukupnya untuk menghindari membasahi kain berlebihan yang dapat menyebabkan bintik-bintik bekas air. “S” menunjukkan pelarut seperti produk pembersih kering atau alkohol gosok. “WS” berarti Anda dapat menggunakan produk pembersih berbasis air atau pelarut. “X” memberitahu Anda untuk tidak menggunakan produk pembersih apa pun pada kain sofa tamu.

  1. Vakum furnitur Anda dengan seksama

Balikkan bantal dan vakum di bawahnya. Ini menghilangkan bulu hewan peliharaan, remah-remah makanan dan kotoran lain yang bisa menciptakan bau yang tidak menyenangkan. Vakum sofa dan kursi Anda sekitar satu kali seminggu agar tetap segar.

  1. Keluarkan furnitur Anda dari luar atau buka jendelanya

Jika perabotan Anda telah disimpan dan berbau sedikit pengap atau telah terpapar asap rokok dalam jangka pendek, maka Anda harus mengambil langkah tepat untuk menghilangkan bau tersebut. Caranya adalah dengan menciptakan sirkulasi udara dalam ruangan. Taburkan baking soda di atas sofa tamu Anda dan biarkan selama setidaknya 30 menit atau semalam untuk bau berat. Lalu bersihkan, bau akan menghilang diserap oleh baking soda.

  1. Rapikan sedikit furnitur Anda dengan cuka putih dalam botol semprot dan biarkan mengering

Anda akan mencium cuka saat menyemprotnya, tetapi akan mengering tanpa bau. Hindari menggunakan penyegar udara atau kain standar. Mereka hanya menutupi bau, yang biasanya menghasilkan kombinasi aroma penyegar udara dan bau tidak sedap yang asli.

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar tidak salah dalam melakukan perawatan pada sofa tamu.

  • Gunakan produk pembersih berbasis thinner hanya di area yang berventilasi baik.
  • Selalu uji produk pembersih di area tersembunyi furnitur Anda untuk memastikan tidak akan merusak kain sofa sebelum melanjutkan.

Artikel "Life Style"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH