Teknik Distressing untuk Mengecat Dua Warna Chalk Paint Sekaligus

Pernah dengar tentang teknik distressing? Sebenarnya apakah teknik distressing dan bagaimana cara menggunakannya? Bagi Anda yang ingin menggunakan teknik ini maka chalk paint adalah jenis cat yang tepat untuk berlatih. Bagaimana caranya?

Pertama kita harus mengenali apa itu teknik distressing dan bagaimana cara untuk bisa melakukannya. Teknik ini adalah teknik untuk membuat kayu tampak usang. Furniture yang usang cocok digunakan untuk berbagai macam gaya seperti vintage, rustic, antik, recycle, dll.

Cat yang digunakan dalam teknik ini sebenarnya bervariasi, bisa cat solid, natural dan juga chalk paint. Hanya saja untuk berlatih sebaiknya Anda bisa menggunakan chalk paint yang lebih mudah untuk digunakan.

Chalk paint lebih mudah diaplikasikan dan juga lebih mudah untuk dibuat berbentuk usang dengan teknik ini. Nah penasaran bagaimana cara finishing dengan teknik distressing ini? Yuk simak kelanjutannya.

Mengapa Harus Menggunakan Dua Warna Chalk Paint?

Alasan mengapa Anda harus mencoba dua warna dari chalk paint? Alasannya untuk mendapatkan tampilan yang lebih artistik. Sebenarnya Anda bisa menggunakan satu warna, dua warna hingga tiga warna. Namun dua warna adalah pilihan yang tepat untuk bisa menggunakan teknik distressing lebih efektif.

Nah untuk mengaplikasikan cat chalk paint dua warna ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa hal yang harus terus diperhatikan.

  • Pemilihan warna

Memilih warna adalah langkah awal Anda bisa mengecat dengan dua warna. Sebagai warna dasar, sebaiknya Anda menggunakan warna yang lebih terang dibandingkan warna yang di atasnya. Warna terang akan mempermudahkan warna kayu terlihat dan warna tua di atasnya lebih tajam.

Ketika mengamplas dan membuat tampilan usang, maka warna terang akan lebih mudah terlihat. Misalnya saja Anda memadukan warna pertama hijau muda dan warna kedua biru gelap. Bisa juga warna kuning dan juga warna hijau tua. Perpaduan warna apapun dalam chalk paint akan apik karena tampilan pastel yang kuat.

  • Cara mengaplikasikan masing-masing warna

Chalk paint adalah jenis warna yang lebih mudah untuk di amplas dan cepat hilang. Namun bukan berarti daya rekatnya kurang. Memudahkan Anda untuk mengamplas, sebaiknya aplikasikan chalk paint tipis saja pada lapisan kedua.

Lapisan cat kedua biasanya berwarna gelap, oleh karena itu satu lapisan saja sudah cukup. Sedangkan untuk lapisan cat pertama Anda bisa mengoleskannya dua kali. Alasannya agar nanti warna terang di bawah tidak mati tertutup warna gelap di atasnya.

  • Tidak perlu memperhatikan kehalusan

Apapun jenis warna yang digunakan Anda tidak perlu menuntut untuk teknik penguasan cat yang sangat halus. Tampilan usang yang dituju seperti gaya vintage, justru membutuhkan tekstur seperti brush mark. Hal ini menandakan bahwa cat sudah digunakan sejak lama.

Asalkan pada saat menguas Anda bisa menciptakan brush mark yang teratur. Misalnya pada bidang datar yang panjang, tetap menggunakan satu sapuan yang panjang. Pada bagian sudut juga perhatikan membuat brush mark yang tepat.

Merk Chalk Paint di Indonesia yang Sebaiknya Digunakan

Apakah produk chalk paint yang sebaiknya digunakan? Selama ini di Indonesia masih belum diproduksi chalk paint, karena cat ini tergolong masih baru. Banyak pengrajin kayu akhirnya menggunakan chalk paint dari luar negeri. Oleh karena itu harga furniture yang dijual pun bernilai sangat tinggi.

Nah bagaimana solusinya? Sebaiknya Anda menggunakan cat kayu Bioduco chalk paint. Cat ini adalah jenis cat yang aman dan juga ramah lingkungan. Cat dengan 20 pilihan warna pastel ini akan memudahkan Anda untuk memadupadankannya. Tak hanya itu, seluruh proses aplikasinya hanya membutuhkan kuas dan juga air.

Baik chalk paint merk luar negeri dan dalam negeri, semuanya adalah water based. Artinya cat aman dan ramah lingkungan tidak menyebarkan toxic di udara ketika proses pengeringan yang berlangsung terus menerus.

Jadi cat Bioduco chalk paint warna apakah yang ingin Anda gunakan? Cukup dengan menggunakan cat ini Anda bisa berlatih teknik distressing kapan saja di rumah.

Mengecat Furniture dengan Teknik Distressing

Cara paling mudah memulainya adalah dengan mengecat furniture langsung. Baik itu kursi atau meja, carilah furniture yang simpel atau justru memiliki banyak ornamen seperti ukiran bunga. Anda bisa langsung mengetahui nantinya bagian mana saja yang harus di distress dan tidak.

Distressing Kayu

Persiapan, pada tahapan ini Anda harus mempersiapkan dua warna dari Bioduco chalk paint. Sebagai lapisan akhirnya dibutuhkan Bioduco top coat matte, dan bahan pelarut air. Kemudian untuk alat, siapkan tiga wadah untuk mengaduk cat, kuas bulu nilon yang masih baru dan terakhir amplas nomor 180 dan 320. Manfaatkan amplas aluminium oxide.

Material kayu baik itu kursi atau meja sebaiknya diamplas terlebih dahulu. Fungsinya untuk membuka pori-pori dan membersihkan semua kotoran atau debu. Amplaslah dengan kertas amplas nomor 220. Kemudian bersihkan debu bekas pengamplasan.

Semua persiapan selesai, saatnya untuk menciptakan dua warna pada furniture kayu.

Tahapan Mengecat dengan Bioduco Chalk Paint

Kini Anda akan memulai mengecat dengan chalk paint. Pertama campurkan cat lapisan dasar dengan air ke dalam wadah yang telah disiapkan. Lanjutkan dengan pengadukan hingga merata, kemudian kuaskan merata ke seluruh permukaan furniture. Ikuti arah serat untuk lebih mudahnya.

Kemudian tunggu lapisan pertama kering, baru aplikasikan kembali. Anda tidak perlu mengamplas karena chalk paint bisa mengering dengan baik. Lapisan cat di atasnya juga bisa mengering dengan lebih mudah.

Setelah lapisan pertama kering, lanjutkan dengan lapisan kedua. Seperti yang telah dikatakan bahwa pada lapisan kedua ini Anda harus membuatnya sangat tipis. Tunggu hingga kering kemudian lanjutkan dengan teknik distressing.

Tahapan Mengamplas dengan Teknik Distressing

Saat yang menyenangkan, yaitu Anda bisa membuat tampilan kursi yang tadinya penuh warna menjadi tampak usang. Pertama gunakan amplas nomor 180, gunakan amplas ini untuk menggosok bagian siku, sudut dan juga ukiran yang menonjol.

Amplas perlahan, jika perlu lakukan satu kali gesekan kemudian lihat apakah ada efek yang muncul. Jika belum tambahkan tekanan untuk mengamplas hingga akhirnya Anda bisa dilihat sedikit warna kayu dan warna lapisan cat yang pertama.

Lakukan ke daerah-daerah yang biasanya tampak lebih pudar lebih dahulu ketika furniture tersebut sering digunakan. Terakhir, amplas secara menyeluruh dengan amplas nomor 320. Pengamplasan hanya secara ambang, karena tujuannya adalah untuk membuat bagian usang tampak lebih halus.

Mengecat dengan Top Coat

Terakhir adalah melapisi seluruh permukaan furniture dengan top coat. Cukup campurkan Bioduco top coat dengan air, kemudian kuaskan ke seluruh permukaan kayu. Gunakan kuas searah dengan serat kayu dan usahakan tidak menimbulkan brush mark.

Aplikasi top coat hanya untuk memperkuat perlindungan agar chalk paint tidak rusak beserta kayu. Setelah selesai, Anda bisa mendiamkan furniture selama 24 jam.

Artikel "Finishing Idea"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.