Cara Memilih Furniture Kayu Minimalis untuk Teras Rumah yang Tepat

Sudahkah teras rumah memiliki perabotan yang menarik dan juga nyaman? Baik itu teras depan rumah atau teras belakang rumah Anda bisa melengkapinya dengan mebel. Ada dua mebel yang wajib ada yakni kursi dan meja akan memudahkan Anda untuk bersantai di teras rumah. Apa gaya yang cocok untuk furnitur teras ini? Anda bisa memilih gaya minimalis yang mudah dan low budget.

Gaya minimalis sangat terkenal dan banyak digunakan oleh orang modern. Alasannya adalah karena furniture dengan gaya ini mudah didapatkan dan memperlihatkan ruangan tidak sempit. Adanya furniture dalam sebuah ruangan akan membuat ruangan tentu tampak sempit. Namun karena model dan warnanya hal tersebut tidak terjadi.

Ruang teras atau balkon adalah salah satu bagian rumah yang tidak memiliki besaran yang luas. Namun dapat digunakan sewaktu-waktu untuk beristirahat. Jika Anda menempatkan furniture berukuran besar dan juga memberikan kesan sempit maka teras akan menjadi tidak nyaman.

Meletakan furniture dalam gaya minimalis dalam sebuah ruangan harus memperhatikan garis lursu. Inilah yang membuat ruangan terlihat lebih luas. Memperhatikan aspek garis lurus adalah sangat penting, adanya garis lurus akan memperlihatkan ruangan menjadi lebih luas.

Kesederhanaan dalam furnitur teras akan membawa Anda pada teras yang nyaman. Nah berikut ini cara memilih furniture kayu minimalis untuk teras.

  • Visualisasi
Cara Memilih Furniture Kayu Minimalis Untuk Teras Rumah

Bayangkan furniture apakah yang akan Anda letakan dalam teras. Bagaimana Anda meletakannya atau bagaimana warnanya? Apakah Anda akan memilih warna yang lebih terang sehingga menonjol atau justru Anda hanya akan memilih furniture dengan warna kayu agar lebih dekat dengan alam? Memvisualisasikan adalah cara utama Anda mendapatkan hasil yang menarik dari penataan teras.

Bayangkan berapa furniture yang akan diletakan, di sebelah mana dan juga warnanya. Ini akan memudahkan Anda mendapatkan furnitre yang sesuai dengan bayangan. Apakah bahan atau material finishing yang dipilih? Jika ingin menonjolkan kesan natural maka Anda perlu memilih furniture yang terbuat dari serat alam.

Indonesia adalah negara yang menghasilkan banyak serat alam. Jadi jika Anda ingin mencari furntiure dari bahan tersebut maka Anda akan mendapatkannya dengan harga yang bervariasi dan sangat mudah.

  • Tentukan berapa banyak furniture

Seperti yang telah Anda visualisasikan. Berapa jumlah furniture yang akan digunakan menentukan berapa banyak uang yang akan dikeluarkan. Harusnya dalam teras Anda perlu meja dan kursi saja. Namun Anda bisa menambahkan beberapa jenis furniture yang lainnya seperti tempat payung.

Pastikan jumlah furniture yang digunakan tidak melebihi ruangan teras apalagi sampai diletakan di area luar teras seperti taman. Ini akan sangat berbahaya karena furniture teras tidak didesain sama dengan garden furniture.

Mengetahui konsep ini tentu memudahkan Anda menentukan berapa jumlah furniture yang akan diletakan. Jika perlu ukur teras Anda dan pastikan untuk meletakan beberapa kursi membutuhkan ukuran kursi teras berapa cm. Dengan adanya ukuran maka kepastian dari jumlah furiture akan lebih aman.

  • Bentuk furniture

Bagaimana dengan modalnya? Gaya minimalis menyediakan banyak sekali furniture yang bisa dipilih. Anda bisa memilih dengan bahan kayu, anyaman rotan, atau memilih kursi yang terbuat dari bambu. Kayu adalah yang paling banyak dipilih karena varian harganya lebih bervariasi. Selain itu kayu juga memiliki banyak pilihan natural.

Kayu akan bertahan lebih lama dibandingkan dengan furniture yang terbuat dari anyaman rotan atau anyaman bambu. Pastikan bentuknya tidak memiliki banyak ornamen karena itu adalah salahs atu syarat utama dari furniture yang memiliki gaya minimalis.

Ukuran dari furniture juga tidak boleh terlalu besar atau terlalu kecil. Jika terlalu besar akan membuat ruangan menjadi lebih sempit dan jika terlalu kecil maka akan sulit untuk digunakan. gunakan ukuran teras untuk menentukan berapa jumlah furniture yang dibutuhkan.

  • Tambahan cushion

Anda tentu ingin bersantai sehingga adanya tambahan cuhsion perlu dipertimbangkan. Karena Anda akan menggunakannya pada luar ruangan pastkan cuhsion terlapisi dengan bahan yang tidak menyerap air seperti kain. Anda bisa memilih cushion yang menggunakan bahan pelapis dari vinyl. Selain itu warna dari cuhsion juga harus senada dengan warna kursi.

Gaya minimalis memiliki batasan warna, jika untuk cushion Anda bisa memilih warna hitam atau warna cokelat. Warna yang gelap lebih baik dipilih untuk memberikan kesan elegan sekaligus memberikan kebersihan. Cushion teras akan lebih mudah kotor karena bertempat di tempat terbuka. Anda memerlukan warna yang lebh gelap agar tidak mudah kotor.

Perawatan Furniture Teras dari Serat Alam

Furniture teras yang telah dipilih tentu memiliki keindahan tersendiri. Akhirnya Anda pun akan masuk pada tahapan perawatan. Perawatan yang perlu dilakuka akan lebih banyak daripada furntiture dalam ruangan.

Cara Memilih Furniture Kayu Minimalis Untuk Teras Rumah

Letak furntiure yang akan serng terkena panas atau tingkat kelembaban yang lebih tinggi membuat furniture akan lebih mudah rusak. Jika Anda tidak ingin tingkat kerusakan semakin parah sangat disarankan untuk menggunakan bahan pelapis atau cat yang tahan terhadap panas dan hujan.

Sebaiknya pilihlah cat yang dapat digunakan untuk outdoor. Maka cat tersebut akan memiliki kelebihan dengan perlindungan yang sangat baik. Kebanyakan cat tersebut akan memberikan ketahanan goresan sehingga Anda tidakperlu khawatir untuk penampilan furniture teras yang cepat rusak.

Cat yang kuat tersebut biasanya terbuat dari bahan polyurthane baik itu cat solvent atau cat water based. Selalu pilih cat dengan bahan tersebut. Jika Anda tidak ingin mendapatkan furniture yang mengeluarkan bau menyengat sebaiknya gunakan cat water based yang bebas dari polusi bau tersebut.

Cat water based adalah perawatan kayu untuk furniture teras yang banyak digunakan modern ini. Bahkan banyak pabrik furniture ekspor yang menggunakan bahan cat water based. Karena saat ini adanya batasan menggunakan cat solvent yang tidak aman untuk kesehatan manusia.

Perawatan furniture teras tidak berhenti pada bagian pengecatan saja namun juga pada perawatan setiap harinya. Debu akan mudah merusak karena membawa pasir halus. Anda perlu melakukan pemolesan pada furniture secara rutin.

Pemolesan furniture ini bisa dilakukan setiap satu bulan sekali. Bahkan Anda tidak perlu takut akan debu yang menempel ketika furniture dipoles maka debu akan sulit menempel. Nah jika Anda membutuhkan bahan poles kayu ini gunakan poles kayu yang berbahan dasar beeswax.

Poles kayu dari beeswax adalah poles kayu yang aman dan juga bisa digunakan pada segala macam furniture. Tidak terbatas pada furniture teras saja Anda bahkan bisa menggunakannya pada mainan kayu anak.  Alasannya adalah beeswax merupakan bahan poles kayu yang aman dan bebas toxic.

Bahkan beberapa merk bahan poles dari beeswax telah mengantongi standar yang aman untuk peralatan makanan dari kayu. Jika Anda ingin mendapatkan perawatan ini maka Anda bisa dengan mudah membelinya melalui toko online.

Artikel "Info News"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH