Rahasia Mengecat Kayu agar Mengkilap

Anda yang masih pemula dalam mengecat tidak bisa hanya sekedar mengikuti instruksi pada kemasan kaleng cat. Instruksi tersebut dibuat hanya untuk mengaplikasikan produk, bukan teknik dan tips finishing secara terperinci.

Padahal, umumnya ada beberapa lapisan cat lain yang harus diaplikasikan. Bagi Anda yang mengincar hasil finishing mengkilap harus tahu cara lengkapnya. 

7 Rahasia Cara Mengecat Kayu agar Mengkilap Maksimal 

 

Untuk bisa menghasilkan finishing mengkilap Anda harus menggunakan cat gloss. Benarkah? Jawabannya benar, namun tidak sepenuhnya. Masih ada bahan lain yang perlu diaplikasikan sebelum cat gloss.

Begitu juga dengan teknik pengaplikasian cat, harus dilakukan dengan benar, karena tampilan mengkilap dipengaruhi juga oleh teknik aplikasi cat. Nah pada artikel kali ini, Anda akan tahu apa saja rahasia dari cara mengecat kayu agar mengkilap.

  • Mempersiapkan Permukaan Kayu 

Hasil mengkilap bisa berhasil tergantung dengan persiapan permukaan kayu. Jika Anda tidak melakukan persiapan, tingkat kilap bisa menurun meskipun sudah menggunakan cat high gloss.

Persiapan dimulai dengan pengampelasan, orbit sander adalah alat yang pas jika Anda ingin mengecat table top.  Setelah menggunakan orbit sander, Anda perlu mengampelas lagi secara manual untuk menghilangkan bekas ampelas. 

Pada saat pengampelasan manual, Anda perlu memanfaatkan balok kayu. Pengampelasannya sebaiknya menggunakan kertas ampelas alumunium oxide dengan grit 220. 

  • Inspeksi Permukaan Kayu 

Pengampelasan masih bisa menimbulkan efek yang kurang flat. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan inspeksi. Caranya adalah dengan menggunakan vakum debu. 

Setelah itu, bersihkan permukaannya dengan kain yang diberi thinner. Akan terlihat bekas pengampelasan yang masih kasar. Jika tidak terlalu terlihat Anda bisa memberikan lampu di atas permukaan kayu. 

Baca Juga:  Cat Kayu yang Bagus untuk Round Window Tampil Baru Berwarna Natural

Apabila ada bagian yang masih belum halus, ulangi pengampelasan secara manual. Jika permukaan kayu sudah halus, bisa dilanjutkan dengan langkah berikutnya 

  • Menutup Pori Kayu dengan Dempul 

Pendempulan adalah langkah wajib jika Anda ingin finishing yang flat. Anda perlu mengaplikasikan dempul seperti Bioduco Wood Putty yang sekaligus sedikit menutup warna kayu. 

Wood putty inilah yang akan bekerja sebagai dasaran cat duco warna putih nantinya. Cara aplikasinya adalah tinggal ratakan Bioduco Wood Putty ke seluruh permukaan kayu. Campurkan dengan sedikit air agar mudah diratakan.

Setelah itu, Anda bisa menunggu wood putty kering dan mengampelas permukaannya. Pengampelasan harus halus, dengan menggunakan ampelas alumunium oxide dengan nomor grit 240. 

  • Bersihkan Debu dan Lakukan Inspeksi Sekali Lagi 

Masih termasuk tahapan persiapan, Anda perlu melakukan inspeksi sekali lagi. Sebelumnya bersihkan debu sisa pengampelasan terlebih dahulu, setelah itu Anda bisa mengaplikasikan cat. 

Inspeksi dilakukan juga menggunakan cahaya lampu yang diarahkan langsung ke permukaan kayu. Dempul seharusnya akan membuat permukaanya jauh lebih lembut dan juga rata. 

Anda yang sudah memperoleh hasil flat dan bebas debu bisa langsung melanjutkan ke proses pengecatan selanjutnya. 

  • Mengaplikasikan Primer Kayu 

Cara mengecat kayu agar mengkilap warna putih tidak akan sempurna jika Anda langsung menggunakan cat duco. Sebelumnya perlu untuk mengaplikasikan primer kayu yang berwarna putih atau abu-abu bertujuan menutup warna kayu. 

Dempul saja tidak cukup untuk menutup warna kayu dan seratnya. Khusus aplikasi primer ini, Anda perlu melakukannya beberapa kali ketika warna kayu cukup gelap. Anda bisa menggunakan Bioduco primer coat warna putih. 

Tahapan penggunaannya dimulai dengan melarutkan dengan air kemudian semprotkan ke permukaan kayu. Setiap hendak mengaplikasikan lapisan kedua, Anda harus menunggu kering dan melakukan ampelas ambang. Pilih ampelas nomor 400 yang gritnya halus. 

  • Mengaplikasikan Cat Kayu Warna Putih 
Baca Juga:  Karakteristik Kayu Kamper hingga Finishing yang Cocok Digunakan

Hasil warna putih yang mengkilap tergantung dengan cat yang dipilih. Warna putih sendiri ada banyak tingkatan, ada warna putih susu, putih bersih sampai putih mutiara. 

Warna putih bersih akan membuat kesan kilap tinggi jauh lebih terlihat. Bioduco solid color dengan pilihan warna putih bisa Anda gunakan pada tahapan ini. Cara menggunakannya pun tidak jauh berbeda dengan primer. 

Campurkan Bioduco dengan air, kemudian langsung semprotkan ke permukaan kayu. Cermati teknik penyemprotannya agar hasilnya benar-benar flat. Khusus untuk cat duco putih, Anda bisa apply sampai dua kali. 

  • Mengaplikasikan Top Coat Gloss

Bagian yang paling penting ini ditentukan oleh produk apa yang Anda gunakan. Disarankan menggunakan Bioduco Top Coat dengan pilihan gloss. Tampilan kilapnya sendiri sampai 85% yang membuatnya bisa berkilau optimal. 

Selama semua persiapan di atas sudah benar maka aplikasi top coat gloss bukanlah hal sulit. Pada dasarnya cara aplikasi sama seperti cat duco dan primer coat. Anda perlu melarutkannya dengan air dengan perbandingan 2 bahan : 1 air. 

Semprotkan dengan alat ber-nozzle 1 dan atur jarak dengan permukaan kayu sejauh 15 cm. Saat mengayunkan alat semprot Anda harus cukup cepat agar tidak terjadi penumpukan di satu area. 

Penyemprotan paling mudah jika mebel digantung terlebih dahulu dengan melepaskan semua bagian-bagiannya. Apabila sudah merata tinggal dikeringkan dan didiamkan semalaman. 

Hasil dari keseluruhan proses ini adalah agar hasil mengkilap kayu bisa Anda lihat esok hari. Pada saat itu, coating mebel sudah mengering dan hasil mengkilap sempurna akan terlihat. 

FAQ Cara Mengecat Kayu Agar Tampil Mengkilap

Seringkali ketika mengikuti ketujuh langkah tersebut di atas masih saja ada hasil yang kurang sempurna. Menangani masalah tersebut, berikut ini beberapa pertanyaan dan jawaban seputar cara cat kayu untuk hasil warna putih mengkilap.

Baca Juga:  Cat Kayu Mengkilap untuk Finishing Plafon Kayu Tampak Warna Natural

Bisakah Mengecat Mengkilap di atas Kayu yang Sudah Pernah Dicat? 

Anda bisa mengecat di atas lapisan cat lama dengan dua syarat. Pertama persiapan harus dilakukan dengan benar agar permukaannya rata. Kedua jenis cat yang digunakan harus sama baik itu cat minyak atau water based. 

Bolehkah Mengaplikasikan Dua Lapisan Top Coat

Anda bisa menggunakan dua lapisan top coat, namun tidak akan mempengaruhi tingkat kilap. Jika hasilnya sheen level 85% maka akan sama. Cara aplikasi lapisan kedua pun harus menunggu kering lapisan cat pertama, mengampelasnya, lalu kemudian melakukan aplikasi cat. 

Bisakah Mengecat dengan Kuas? 

Bisa, namun tidak disarankan karena kuas akan menimbulkan bekas yang dapat mengurangi tingkat kilap. Anda sangat disarankan untuk menggunakan spray gun agar hasil aplikasi cat bisa optimal. Oleh karena itu, siapkan alat dan pelajari cara menggunakannya. 

Semua cara mengecat kayu agar mengkilap ini lebih banyak pada bagian persiapan. Anda harus mengikuti tahapan persiapan dengan benar, termasuk pemilihan bahan finishing. 

Bioduco jadi pilihan paling tepat karena punya hasil mengkilap tinggi, ditambah bahan pelarutnya air. Selama proses aplikasi cat, tidak akan muncul aroma menyengat. Selain warna putih, Anda bisa memilih banyak warna solid yang tersedia di Bioduco. 

 

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH