Cara Finishing Kayu Untuk Mebel Menggunakan Pernis

Finishing merupakan bagian akhir dalam proses furniture kayu. Ada berbagai cara finishing kayu mebel yang dapat anda lakukan begitu pula dengan bahannya. Salah satu bahan finishing kayu untuk mebel adalah pernis.

Melakukan finishing dengan pernis merupakan hal yang cukup mudah yang dapat anda lakukan sendiri dan hal ini tidaklah sulit. Lalu bagaimana caranya untuk finishing kayu untuk mebel menggunakan pernis? Berikut ini cara finishing kayu untuk mebel menggunakan pernis dengan mudah.

Cara Finishing Kayu Untuk Mebel Menggunakan Pernis Aplikasi Kuas

  1. Persiapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan juga bahan yang akan anda butuhkan. Siapkan mebel atau furniture yang ingin anda pernis, kuas, masker, wadah dan juga kain lap.

  1. Tentukan lokasi untuk mengecat

Untuk melakukan proses finishing dengan pernis, maka anda harus menentukan tempat yang tepat agar hasilnya lebih cantik dan juga rata. Pilih area yang cukup terang dan juga luas sehingga hasil pengecatan akan lebih halus. Anda dapat melakukan proses ini di dalam maupun di luar ruangan. Apabila anda melakukan proses pengecatan di dalam ruangan, maka jaga pintu dan jendela ruangan anda tetap dalam keadaan terbuka agar bau yang ditimbulkan dari pernis tidak terlalu kuat.

  1. Perhatikan suhu ketika anda mengecat

Untuk hasil pengecatan yang lebih baik, maka sebaiknya anda melakukan proses pengecatan ketika udara panas atau dengan sinar matahari yang cukup. Ketika cuaca sedang panas, maka pernis akan cepat mudah kering.

  1. Amplas mebel sampai halus

Sebelum anda memulai untuk proses pengecatan, maka amplas terlebih dahulu mebel atau furniture yang ingin anda lapisi dengan vernis kayu. Pengamplasan ini ditujukan agar furniture atau mebel anda menjadi lebih halus dan rata sehingga akan lebih memudahkan anda ketika anda melakukan proses finishing. Selain itu, apabila ada bagian kayu yang tidak rata, maka anda dapat mengulangi proses pengamplasan sampai furniture anda benar-benar rata dan juga halus.

  1. Pakai masker anda

Pernis memilik bau yang cukup tajam, oleh karena itu untuk menghindari bau yang tajam agar tidak mengganggu pernapasan anda. Untuk terhindar dari bau menyengat yang mengganggu pernapasan dan mengganggu tetangga kiri kanan, Anda bisa menggunakan cat kayu pernis water based yang tidak berbau.

  1. Lapisi area lantai

Apabila anda melakukan proses finishing di dalam ruangan, maka lebih baik anda memberikan pelapis pada bagian lantai anda agar tidak ada pernis yang menetes. Gunakan kertas bekas atau plastik dengan ukuran yang luas sesuai dengan besar dari furniture yang anda akan pernis.

  1. Proses pengecatan dengan pernis
Cara Finishing Kayu Untuk Mebel Menggunakan Pernis

Langkah terakhir adalah proses pengecatan kayu dengan menggunakan pernis. Ambil wadah untuk meletakkan pernis anda. Pilih wadah yang tepat agar ketika anda ingin mengambil pernis dengan kuas akan lebih mudah. Aplikasikan cat kayu pernis menggunakan kuas pada area yang anda inginkan. Kuas dengan cara horizontal atau secara vertikal dengan hati-hati. Pastikan tidak ada bagian furniture yang terlewatkan. Untuk hasil yang lebih maksimal, maka ulangi langkah diatas. Biarkan cat atau pernis anda benar-benar kering. Tempatkan furniture anda pada ruangan yang anda inginkan.

Demikian cara mudah untuk melakukan finishing dengan menggunakan pernis. Kayu atau mebel yang ingin anda pernis sebaiknya benar-benar sudah anda siapkan dan juga dalam keadaan yang bersih dan halus agar proses finishing benar-benar sempurna. Cari inspirasi menarik yang lainnya untuk ide yang menarik dan kreatif yang lainnya. Simak tips lainnya dan selamat mencoba.

Artikel "Based Knowledge"

About Us

Proses finishing membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishingnya melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2019 WaterBaseCoating.com - All Right Reserved.