Cara Finishing Kayu Jati Belanda Hanya Menggunakan Kuas Ternyata Mudah

Kita sering membeli furniture dari kayu seperti kursi, almari, meja dan lain sebagainya. Biasanya kita membeli karena bentuk dan motif yang kita sukai. Tanpa kita tahu kekurangan dan kelebihan maupun cat untuk finishing furniture tersebut.

Cara Finishing Kayu Jati Belanda Hanya Menggunakan Kuas

Padahal sebaiknya kita juga mengetahui keunggulan serta kelemahan dari produk yang kita beli. Mulai dari jenis kayu yang digunakan untuk furniture, bentuk furniture yang sesuai dengan tempat untuk diletakkan benda tersebut, dan tentunya cara finishing furniture.

Untuk jenis kayu yang banyak dipakai adalah jenis kayu solid seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu jati belanda, dan masih banyak lagi. Untuk finishing sebaiknya kita memperhatikan warna dan jenis finishingnya. Untuk jenis finishing dibedakan menjadi 2 macam. Yaitu finishing cat solid dan finishing cat transparan.

Finishing sendiri berarti memberi sentuhan untuk menutup serat berupa warna solid ataupun warna transparant untuk memberikan kesan menarik untuk furniture tersebut. Warna dan hasil akhir tergantung dari cara menguaskan atau menyemprotkan cat tersebut.

Metode pengecatan ada 2 macam, yaitu:

  1. Metode spray.

Untuk industri besar biasanya menggunakan metode spray untuk mempercepat dan memudahkan pengecatan. Tetapi metode ini membutuhkan cat yang lebih banyak karena ketika menyemprotkan cat banyak cat yang terbuang. Hasilnya tentu sangat bagus karena partikel kecilnya bisa mengisi pori-pori kayu.

  1. Metode kuas.
Cara Finishing Kayu Jati Belanda Hanya Menggunakan Kuas

Nah cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan kuas spons. Selain tidak membuat cat banyak terbuang, hasilnya juga tidak kalah bagus dengan penggunaan spray. Namun harus diperhatikan jika menggunakan metode kuas ini. Ketika melakukan pengecatan sebaiknya dikuaskan searah serat kayu agar hasil yang didapatkan rata searah serat kayu.

Cat yang biasa digunakan pada furniture biasanya yang berbahan dasar solvent atau minyak. Bahan dasar cat dengan campuran solvent ini memang kurang bagus selain dari segi harga yang mahal karena menggunakan campuran solvent (minyak), kandungan solvent yang mengandung logam berbahaya juga bagi kesehatan dan lingkungan.

Maka dari itu, sebaiknya kita memilih cat menggunakan cat berbahan dasar air atau water based untuk furniture kita. Selain lebih aman dan ramah lingkungan, harganya juga terjangkau karena menggunakan campuran air, hasil akhirnya juga tidak kalah dengan menggunakan campuran solvent.

Nah untuk cat water based ini sudah banyak kita jumpai untuk furniture. Salah satu cat water based dengan kualitas baik adalah merk Biovarnish. Biovarnish ini adalah cat water based dengan hasil finishing natural transparant.

Penggunaannya bisa menggunakan metode spray maupun kuas. Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk proses finishing kayu jati menggunakan kuas spons. Bahan yang perlu Anda siapkan :

  1. Kayu jati belanda yang akan difinishing
  2. Cat water based merk Biovarnish yang terdiri dari Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Wood Stain dan Biovarnish Clear Coat
  3. Kuas spons
  4. Pisau palet atau kain bal
  5. Pengencer berupa air
  6. Wadah dan pengaduk

Langkah-langkahnya :

  1. Pastikan kayu jati belanda Anda sudah kering dan bebas debu. Pastikan MC tidak lebih dari 12%. Jika permukaan kayu belum merata, bisa diamplas dahulu agar cat bisa menempel secara baik.
  2. Aplikasikan Biovarnish Wood Filler Jati yang dicampur sedikit air untuk mentup pori-pori menggunakan pisau pallet atau kain bal. Keringkan selama 20menit, lalu amplas merata menggunakan amplas 320 sampai terlihat permukaan kayunya.
  3. Kuaskan Biovarnish Wood Stain Gardena Teak yang dicampur air dengan perbandingan 4 bahan : 1 air dan diaduk sampai rata. Kuaskan menggunakan kuas spons secara merata searah serat kayu. Diamkan 60 menit lalu amplas ambang menggunakan amplas 400.
  4. Lapisan terakhir menggunakan Biovarnish Clear Coat Gloss. Campurkan bahan dengan air campurannya 4 bahan : 1 air. Kuaskan menggunakan kuas spons tipis dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah itu bisa Anda keringkan semalam dan lihatlah hasil yang sangat memuaskan.

Teknik mengecat menggunakan spons adalah dengan menguaskan cat searah serat kayu. Agar hasilnya tidak menimbulkan serat yang tidak searah dan agar hasilnya menarik saat dipandang. Demikian tips cara finishing memakai kuas spons dari kami. Selamat mencoba.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH