Mengenal Keunggulan Cat Kayu Bahan Dasar Air dari Cat Solvent

Cat tidak pernah terlepas dari kehidupan manusia. Cat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang akhirnya membuat manusia lupa bahwa cat terbuat dari bahan kimia. Cat terbuat dari bahan kimia yang disebut bahan organik. Awalnya cat terbuat dari bahan alami yaitu resin hewan dan damar.

Perkembangan zaman menuntut untuk memproduksi cat dalam jumlah besar karena kebutuhannya yang semakin meningkat. Oleh karena itu bahan kimia kini banyak digunakan untuk pembuatannya. Padahal cat yang terbuat dari bahan organik ini sangat berbahaya.

Bahaya yang diberikan tidak dirasakan langsung dan akan diserap oleh tubuh. Efeknya bisa dirasakan beberapa tahun kemudian. Bagaimana bahan organik diserap oleh tubuh? Penguapan cat terjadi selama beberapa bulan dan inilah cara zat organik masuk ke dalam tubuh manusia.

Selain melalui udara, cat juga bisa mengkontaminasi tubuh melalui sentuhan. Tahan atau anggota tubuh lainnya pasti akan menyentuh furniture. Ketika cat yang mengandung bahan organik tersentuh dan tangan digunakan untuk menyentuh makanan maka cat akan masuk ke dalam tubuh.

Proses penyaluran zat organik tersebut paling sering terjadi pada mainan anak-anak. Anak kecil yang suka dengan memakan mainan tentu saja akan membuat racun masuk ke dalam tubuh anak. Apabila tidak ingin terjadi masalah tersebut maka pilihlah cat kayu yang rendah kandungan bahan organik seperti cat kayu bahan dasar air.

Cat kayu yang memiliki bahan dasar air lebih kerap disebut dengan cat kayu water based. Cat ini mengandung zat organik yang dibatasi dan sangat aman digunakan oleh manusia. Seperti apakah cat water based ini dan apakah perbedaannya dengan cat solvent atau cat konvensional lain yang sering digunakan? Simak lengkapnya dalam artikel ini.

Perbedaan Cat Kayu Bahan Dasar Air and Solvent

Cat konvensional adalah jenis cat yang banyak digunakan oleh masyarakat. Cat ini lebih dahulu diproduksi maka lebih terkenal dibandingkan cat kayu water based. Apa itu cat solvent? Cat solvent merupakan cat yang memiliki bahan pembuat and pelarut solvent. Solvent adalah bahan kimia organik seperti timbal, merkuri, formalin dan lainnya.

Bahan-bahan tersebut adalah bahan pembuat cat and sering disebut dengan VOC dan volatile organic compound. Bahan pelarut yang digunakan bisa bermacam-macam dan rata-rata menggunakan thinner. Cat yang menggunakan bahan pelarut ini memiliki ciri utama yaitu mengeluarkan bau yang sangat keras dan mengganggu.

Mengenal Keunggulan Cat Kayu Bahan Dasar Air

Berbeda dengan cat water based, walaupun sama-sama mengandung bahan solvent, dan cat water based tidak memiliki kandungan dalam jumlah yang tinggi. Saat ini semua produk cat water based mengandung VOC dalam jumlah yang dibatasi sesuai regulasi yang diacu.

Misalnya saja di Eropa, banyak sekali produk cat water based yang berasal dari Inggris menggunakan acuan regulasi ECHA )European Chemical Agency). Di sana diatur bahwa penggunaan bahan organic dibatasi hingga maksimal 100 gram per liternya. Aturan regulasi tersebut setiap tahunnya berubah dan bahan organic yang digunakan akan semakin diperkecil.

Maka akan semakin banyak bahan cat water based yang juga akan berubah mengikuti standar-standar tersebut. Di Indonesia bak produsen lokal atau nasional cat water based sudah memulai mengikuti regulasi-regulasi tersebut.

Apa saja perbedaan antara cat water based dan cat solvent yang hingga kini keduanya banyak digunakan? Berikut ini beberapa perbedaan yang bisa diperhatikan dan dipertimbangkan.

  • Masa kering

Proses pengeringan antara kedua cat berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh bahan pelarut yang digunakan. Cat solvent menggunakan thinner yaitu dimana bahan tersebut membutuhkan panas matahari untuk bisa menguap. Tanpa adanya panas matahari maka penguapan tidak sempurna dan cat tidak lekas mengering. Alih-alih mengering malah timbul efek memutih pada permukaan material yang dicat.

Cat water based menggunakan bahan pelarut air, bahan ini akan mengering dengan mudah. Tanpa panas matahari dan beberapa produk justru tidak boleh dijemur untuk proses pengeringannya. Cat water based hanya butuh dikeringkan dengan diangin-anginkan saja. Dalam waktu beberapa jam cat akan mengering dengan sempurna.

  • Transparansi cat

Pada cat lapisan akhir atau dikenal dengan ‘clear’ cat akan memberikan hasil warna yang transparan. Sangat diperlukan cat yang memberikan transparansi tinggi dan tahan lama. Cat solvent memiliki transparansi yang tinggi dan tidak memberikan hasil yang tahan lama. Lama kelamaan cat akan berubah menguning dan tidak menimbulkan efek transparansi kembali. Hal ini disebabkan karena cat solvent mengandung bahan formalin tinggi yang akan memberikan efek menguning.

Cat water based tidak sama, cat justru akan memberikan efek transparan yang tahan lama. Warna cat kayu tidak akan berubah warna menguning karena kandungan formalin yang rendah. Apabila Anda ingin mendapatkan cat kayu yang transparan tahan lama maka gunakanlah cat kayu water based.

  • Lebih murah

Harga selalu menjadi patokan utama seorang produsen furniture. Cat yang digunakan haruslah murah untuk menekan biaya produksi. Mereka akan menekan biaya hingga mendapatkan baya paling murah. Cat solvent menggunakan bahan pelarut thinner maka Anda harus membeli bahan pelarut ini dengan harga kisaran 30 ribu per kalengnya lalu kalikan jumlah kebutuhan.

Cat water based hanya membutuhkan bahan pelarut air, Anda tidak perlu membeli air dengan harga 30 ribu per liternya. Inilah mengapa cat water based bisa memiliki harga lebih murah untuk para produsen furniture.

Macam-Macam Keunggulan Cat Water Based

Dilihat dari perbandingan antara cat water based dan cat solvent di atas merupakan keunggulan dari cat water based. Jika dibandingkan keduanya maka cat water based akan lebih baik dan sebaiknya digunakan.

Mengenal Keunggulan Cat Kayu Bahan Dasar Air

Keunggulan cat water based tidak berhenti disitu saja, ada beberapa keunggulan lainnya yang akan membuat cat water based sebaiknya dipilih. Berikut ini beberapa keunggulan cat water based.

    1. Tidak menimbulkan jamur, cat water based terbuat dari bahan air dan kebanyakan memiliki kandungan bahan anti jamur. Bahan dasar air sendiri tidak akan menimbulkan jamur. Jadi Anda bisa menggunakannya pada furniture luar ruangan. Berbeda dengan cat solvent yang terbuat dari bahan minyak dan akan membuat jamur berkembang dengan cepat.
    1. Dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Anda bisa menggunakan cat water based pada berbagai macam material yang membutuhkan perlindungan cat. Memulai dari kayu, dinding, besi bahkan hingga genteng. Cat sudah diproduksi menyesuaikan kebutuhan masing-masing material tersebut.
    1. Tidak beresiko terbakar, cat tidak akan menimbulkan kebakaran karena bahan dasar air. Cat aman disimpan dan tidak memudahkannya menjadi pemicu api. Berbeda dengan cat solvent yang merupakan minyak memicu terjadinya kebakaran. Cat solvent perlu hati-hati dalam penyimpanannya.
  1. Keamanan lingkungan adalah keunggulan dan alasan mengapa cat water based diciptakan. Ketika Anda menggunakan cat water based ini digunakan tidak menimbulkan bau yang mengganggu karena mengandung bahan organik yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Artikel "Finishing Idea"

Youtube Channel

About Us

Proses finishing menggunakan cat Besi dan Plitur atau Pernis kayu membutuhkan cara yang tepat dan juga insiprasi yang bervariasi. Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi sekaligus mengetahui cara finishing yang tepat dan produk berkualitas melalui waterbasecoating.com

©2015 - 2021 WaterbaseCoating.com - by DH